Fashion Jepang Yang Unik dan Mendunia, Berani Coba?

11.12.00


Jepang merupakan negara yang memiliki banyak ke-khas-an, tidak hanya dari segi budaya, makanan,anime hingga tempat-tempat indahnya yang terkenal, tapi terkenal juga dengan fashion-fashionnya yang unik. Konon, gaya busana di Jepang ini tidak hanya meledak di Negerinya tapi juga berkembang hampir di seluruh Negara, termasuk Indonesia. Dan bahkan dijuluki mode fashion dunia.

Jepang memang terkenal sangat berani dan ekspresif dalam hal fashion.

Yuk sekarang kita lihat gaya busana heboh Jepang yang unik! Simak dibawah ini yaaaa!



Ganguro dan Gyaru Style


Ganguro adalah salah satu gaya busana Jepang yang terbentuk dari pemberontakan anak muda Jepang. Tren fashion Ganguro sudah ada sejak tahun 2000an dengan ciri khas rambut yang diwarnai blonde atau warna-warna terang lainnya. Pecinta Ganguro ingin mendobrak gaya anak baik-baik dengan kulit putih dan rapi. Oleh karena itu, Ganguro punya gaya pakaian yang heboh dan kulit yang sengaja diberi warna tan (kecoklatan) seperti negro. Selain itu, wanita yang menganut aliran ini juga memakai make up super tebal dengan warna yang agak pucat. Pusat dari tren fashion Ganguro adalah di distrik Shibuya dan Ikebukuro.

Nah biasanya Ganguro juga akan berdampingan dengan Gyaru style, yaitu gaya busana super glamour dan cantik ala Jepang dengan rambut yang ditata sasak tinggi dengan berbagai pernak-pernik fashion mulai dari baju hingga kuku. Bedanya dengan Ganguro yang memiliki  ciri khas kulit dihitamkan, wanita yang menganut aliran tren fashion Gyaru tidak harus memiliki kulit hitam.



Cosplay


Cosplay atau costume play merupakan sebuah budaya modern unik di Jepang.  Tidak bisa dipungkiri kalau Jepang sangat terkenal dengan animenya. Nah, anime-anime ini lah yang menjadi inspirasi dan dasar munculnya ide gaya busana cosplay, orang akan bergaya sesuai dengan anime kesukaannya. Tidak hanya dari pakaian tapi juga aksesoris bahkan rambut, semua akan menyerupai anime. Cosplay ini sudah ada sejak tahun 1970 lho, Onesaan pecinta fashion Jepang sudah tahu pastinya. Bahkan di Indonesia banyak juga komunitas pecinta aliran tren fashion ini.

Jadi, kalau kalian berkunjung ke Jepang dan menemukan sailormoon, Kamen Rider atau anime lainnya, jangan kaget yaaa...



Harajuku


Harajuku style merupakan gaya yang begitu terkenal di Jepang bahkan didunia. Harajuku street style atau gaya busana jalanan memang terkenal dengan tabrak lari yang lebih berani dan kadang sulit untuk diaplikasikan di negara selain Jepang. Harajuku sebenarnya adalah nama kawasan yang ada didistrik Shibuya.

Biasanya ciri gaya ini adalah busana warna-warni yang dipadukan dengan sepatu boneka. Rambut ombre yang dipadu dengan baju aneka warna seperti rok dan jeans menjadi satu. Gaya busana Harajuku cenderung cuek dan eksperimental.



Visual Kei


Salah satu gaya ekstrim lainnya di Jepang adalah Visual Kei. Gaya ini berkembang karena band rock Jepang atau biasa disebut J-Rock  yang mencoba gaya penyanyi barat dengan rambut sasakan tinggi serta riasan yang tebal. Anggota band rock ini mengenakan kostum dramatis untuk memperoleh perhatian, bisa dibilang gaya busana punk ala Jepang. Uniknya, gaya visual kei bisa mengubah wajah pria-pria Jepang jadi cantik dan digilai para wanita. Dengan potongan rambut, kostum, dan dandanan yang unik.



Gothic dan Lolita


Berdampingan dengan gaya Visual kei adalah gaya gotchic dan lolita. Sebenarnya gaya ini tidak hanya berawal dari Jepang saja. Namun peminat gaya ini di Jepang sangatlah banyak. Unsur kegelapan dari gaya gothic dan lolita yang manis ala anak perempuan Eropa yang menjadi inspirasi untuk membuat pakaian yang memadukan kedua gaya tersebut. Gaya busana ini biasanya lekat dengan rok renda, pita-pita, sepatu platform tinggi, blazer serta rambut yang dikeriting seperti Victorian Doll yang manis.

Nah Lolita sendiri dibagi menjadi dua  yaitu Classic Lolita dan Sweet Lolita. Classic lolita mengutamakan polesan make up yang lebih dewasa sedangkan Sweet lolita lebih seperti anak-anak. Gaya Gothic dan Lolita banyak disukai karena membawa kesan elegan, manis hingga unsur kegelapan.



Shibuya Style


Sebagai surga belanja. Shibuya mungkin adalah tempat dimana kamu bisa menemukan gaya busana yang lebih normal. Di Shibuya banyak orang yang mengenakan boot, coat dan berbagai pakaian bermerk. Hanya saja masih dalam khas fashion Jepang yang tidak lepas dari gaya busana glamour dan doyan tabrak lari.



Yap, itu dia gaya busana Jepang yang mendunia. Gimana Oneesan, berniat mencoba gaya diatas? Yuk coba aplikasikan koleksi fashion dari GatsuOne untuk outfit ala-ala Jepang kamu!

You Might Also Like

1 komentar

Like us on Facebook