Ditinggal Mantan Nikah? Pasti Ini Yang Kamu Rasakan

15.09.00

Bulan-bulan terakhir dalam penghujung tahun ada satu musim yang sering bikin 'galau'. Kayaknya sih bukan musim buah atau musim hujan, tapi musim “ Ditinggal mantan nikah”
Siapa nih yang pernah ngalamin? Kira-kira bakalan dateng gak kalau-kalau mantan ngundang? Sudah berapa banyak undangan yang Agan dapat?
Sebanyak-banyaknya undangan yang datang akan terasa biasa aja, tapi kalau undangan dari mantan pasti rasanya luar biasa.
Rasanya sih emang nyesek, meski udah gak sama-sama tapi seenggaknya pernah saling sayang.

Tapi seperti kalimat yang pernah ada “Melihat kamu bahagia aja udah cukup kok, akupun juga bahagia” (Now playing : Sempat memilikimu by Yovie n Nuno)

Saat ditinggal mantan nikah, kemungkinan besar ini yang kamu pikirkan :


Antara hening, kaget terus ...pasrah
Ceritanya iseng buka-buka facebook, eh dapet notif undangan acara pernikahan doi sekalian minta restu ke temen-temennya.
“APAAAAA...DIA UDAH MAU NIKAH? SAMA SIAPA? CAKEP GAK? INI BENERAN???? PLEASE, GUE.....”
Nahlo, berbagai pertanyaan pasti menghantui, Jujur aja deh! Seketika langsung kepo sama si calon dari mantan.
Wajar aja sih kalau sedih mendengar mantan nikah duluan, gimanapun juga kamu pernah jadi bagian dalam hidupnya, begitu juga sebaliknya.
Emm..udah gak nyimpen foto mantan kan? Bahaya kalau masih.. yang ada bisa makin galau sambil mandangin foto si mantan. (Nowplaying : Mantan Terindah – Raisa)


Rasa kaget bercampur penasaran, naluri kepo semakin menggebu buat kepoin calon suami/ istri nya tiba-tiba muncul dibenak Kamu
Mulai dari alamat, foto, nama, kampus, asal-usul, pekerjaan, bahkan hingga pertemanan yang sama gak luput dari rasa ingin tahu. Sebenarnya sih bukan kepo, cuma kaget aja, penasaran gimana sih sosok orang yang menjadi pelabuhan terakhir dari mantan, lebih hebat atau lebih cakep gak dari kamu. Niatnya pasti gitu...ngeles secara halus.
Dan ternyata,
Si calon adalah orang yang kamu kenal atau bahkan sempat menjadi teman.


Mereka foto prewedding , dan kamu masih asik foto Selfie? Cieeee
Kebayang rasanya gak sengaja melihat foto-foto mesra prewedding mereka? Ya semacam ada yang geli-geli gitu dihati. Padahal gak sengaja lihat, tapi ujungnya malah asik dikepoin, antara menyesal sama penasaran. Hati perih tapi gak rela kalau gak kepo sampai abis. Ibarat pepatah, Kalau ngelakuin apa-apa gak boleh setengah-setengah kan?

Jika gagal stalking di media sosial, langsung deh kepoin ke temen-temennya si mantan
“Eh, si Andrew mau nikah ya? Sama siapa? Anak mana? Kayaknya udah mau nyebar undangan deh”
“Iya, kenapa? Gak rela ya?”
“Ah bukan gitu, tadi gak sengaja lihat difacebook”
Ya gitu deh kalau kepo nyaris ketahuan. Nanya kayak ngintrogasi orang, kalau dibilang kepo ngelesnya “gak sengaja” padahal tiap hari ngestalk.
Tapi mesti diinget, hindari yang namanya komentar negatif, toh mungkin  itu udah jalannya mereka. Komentar negatif hanya bikin rasa galau semakin besar dan justru bikin kamu dipermalukan. So, be positive!

Galau tak lagi terbendung, Kamu pun ‘nyampah’ gak jelas di semua media sosial
Sesak dan hening menjadi satu. Kalau sudah begini apalagi namanya kalau bukan “Galau”?
Gak ada tempat mengadu, akhirnya Facebook, Path, BBM, Instagram pun jadi sasaran. Semua tumpah dengan quotes-quotes sendu yang mewakili hati.

“berat yah, untuk ngelepasin kamu buat orang lain, apalagi aku masih sayang gini :’)” (yelaaaaaaaaaah...............)

Rasanya nyampah terlalu mainstream, curhat ke temen mungkin lebih baik meskipun siap-siap aja diketawain
Gak semua doyan ngekspos di media sosial. Kalau kamu termasuk salah satu nya, kamu pasti akan lari ke sahabat atau orang-orang terdekat. Kamu dengan antusias menceritakan semuanya tapi jawaban mereka gak jauh-jauh dari “yang sabar yaaa...” atau nggak cuma bisa puk puk-in kamu. Lebih sadis lagi ada yang ketawa.

Galau antara datang atau nggak
Undangan akhirnya berada ditangan. Mau dateng tapi gak enak, kalau gak dateng lebih gak enak lagi, apalagi kalau dulunya pernah akrab banget sama keluarganya. Tapi ya menjaga hubungan dengan mantan kekasih biasanya bisa menjalin hubungan baik juga dengan teman-teman yang lain. Menjalin silaturahmi kan termasuk ibadah.

Pakai baju apa ya? Dateng sama siapa ya? Super ribet!
Pasti deh pengennya tampil kece dan kelihatan ‘udah’ bahagia banget, bisa berjam-jam tuh didepan kaca buat tampil maksimal. Tapi tunggu dulu, semua itu gak ada artinya. Bisa jadi penderitaan kalau seandainya datengnya sendirian. Sabar aja ya Gan.... (lagi-lagi cuma bisa bilang sabar)

Takut waktu mengisi buku tamu, saudara-saudara mantan pacar yang lagi jadi penerima tamu dan tahu ‘kisah’ romantis kalian dulu saling berbisik. 
Canggung? Pastinya.
Begitu masuk ke area pernikahan, si penjaga tamu yang udah kenal kamu pasti akan menatap dengan tajam sambil sesekali saling berisik. Meski gak akrab, tapi sekali-dua kali kamu pasti pernah lihat di acara keluarganya (waktu masih pacaran) 
Tapi tenang aja ya, tarik nafas panjang..ini baru cobaan pertama.

Pas dijalan sih masih santai, menjelang masuk area pelaminan? Deg deg
Meja tamu ‘lolos’ eh ujian berikutnya lebih kejam. Sejenak terlintas saat-saat dulu pas pacaran apalagi kalau yang pernah janji kelak bertemu dipelaminan, ketemu sih... tapi sebagai tamu *lol
Stop membayangkan semuanya! Nggak perlu membayangkan pernikahannya, gimana dia nanti bahagia dengan pasangannya, apalagi  mengingat-ingat lagi khayalan pernikahan kamu dengannya yang nggak pernah sempat terwujud.
Kamu harus bertemu dengannya. Tersenyum. Mengucapkan selamat.


Dan kamu harus salaman sama pasangannya yang sudah ‘sah’
“Selamat ya...”
Selain salaman sama si mantan, pastinya harus salaman juga sama pasangannya. Nyeseknya sih kalau-kalau orang itu yang sering kamu cemburuin pas pacaran, bahkan penyebab berakhirnya hubungan kalian. Gimana gak kalut tuh?

 

Kalau dulu hubungan kamu cukup dekat, kamu pasti kenal dengan orang tuanya. Dan waktu salaman sama orang tuanya di pelaminan…

Berapa lama kamu pacaran? Setahun? Dua tahun? Semakin lama kamu pacaran, semakin banyak memori yang pernah singgah. Waktu salam-salaman juga  harus melewati salaman dengan orangtuanya.
“Hei, apa kabar? Kapan nyusul?”
“Kok sendirian aja, mana calonnya?”
Tuh , ditanya sama mantan calon mertua yang gagal jadi mertua.

Ketika kamu datang ke nikahan mantan, pasti kamu akan jadi bahan ‘ciye-ciye-an’ teman-teman yang tahu hubungan kalian

Di pernikahan itu, Kamu juga pasti  akan bertemu dengan teman-teman yang lain (yang juga teman-temannya) dan pastinya mereka hafal dan tahu banget kisah cinta kamu sama si mantan. Siap-siap aja deh kupingnya disumpel, jangan langsung pulang ya, ketahuan banget ngehindarnya nanti.


Kemudian kamu percaya bakalan nyusul dia ke pelaminan bersama orang yang tepat
Memang kadang menyesakkan, tapi gimanapun hidup tetap harus berjalan kan? Siapa tahu Kamu bakal ketemu juga dengan orang yang tepat, atau mungkin bahkan kamu juga sudah asik menjalin hubungan dengan seseorang?

Kamu sadar, kalau ternyata kalian nggak berjodoh
Namanya juga mantan, paling cuma bisa jadi kenangan. Iya Gak? Memang si doi bukan ditakdirkan jadi jodoh kamu. Tuhan punya skenario sendiri buat hidup kamu, cinta dan juga karier. Tuhan penulis skenario terbaik, dan gak akan pernah salah memilih pemeran dalam skenario-Nya.

Gimana? Masih mau datang ke pernikahan mantan?

Kalau gak nyaman ya gak usah dipaksain buat datang. Ucapan selamat yang sederhana tapi tulus pun sudah cukup. hehe

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook