Tips Supaya Pakaian Kamu Nggak Mudah Rusak dan Terlihat Baru

14.14.00

Merawat pakaian supaya selalu tampak baru memang gampang-gampang susah. Ternyata gak hanya dari segi pencuciannya aja yang salah. Tapi tanpa kita sadari, banyak juga faktor-faktor lain yang  membuat baju kesayangan kita rusak. Bete dong kalau ternyata pakaian yang mau kita pakai terlihat lusuh dan bahkan rusak. Alhasil kita harus mengeluarkan budget lagi untuk membeli pakaian baru.

Nah simak penyebabnya dibawah ini yuk!


Jangan mencopot label pakaian
Saat kita membeli pakaian kebanyakan orang  akan menggunting label pakaian yang ada dibagian leher karena merasa nggak nyaman saat mengenakannya. Tapi justru hal itulah yang membuat pakaian kita jadi rusak. Tahu kenapa? Menggunting labelnya sama aja kita merusak jahitan pakaian tersebut. Kalau kita gak hati-hati, bisa-bisa pakaian kita jadi ikut rusak deh.


Perhatikan proses pencucian
Mencuci adalah proses awal dalam perawatakn pakaian kamu. Berbeda jenis kain, berbeda juga cara mencucinya. Jangan sesekali mencuci pakaian dengan air panas ya. Ini tentunya bisa membuat pakaian kesayangan kamu jadi melar. Jadi sangat amat disarankan mengindari air panas saat mencuci pakaian. Pilih detergen yang aman. Diakhir pencucian, gunakan pelembut pakaian supaya pakaian kamu harum dan lembut.


Mencampur warna putih dengan warna lain
Ini point penting,Oneesan! Jangan sampai kesalahan fatal ini kamu lakukan ya. Sering kali saat kita merendam pakaian, kita mencampur pakaian dengan segala macam warna dalam satu bak. Padahal pakaian berwarna bisa aja luntur dan merusak pakaian lain. Lebih baik kamu pisahkan pakaian putih dengan yang berwarna, tingkat kekotorannya dan juga jenis bahannya. Karena ada beberapa jenis pakaian yang nggak boleh dicuci dengan menggunakan mesin cuci.

Perhatikan cara menjemur
Menjemur pakaian sebaiknya menggunakan hanger, supaya bentuknya tetap bagus. Kecuali pakaian dari bahan kaos, menggunakan hanger bisa menyebabkan melar dibagian leher. Jemur pakaian dalam keadaan terbalik, bagian dalam yang diluar. Sehingga mencegah pakaian jadi cepat pudar saat terkena sinar matahari.

Saat menyetrika
Pakaian yang disetrika harus benar-benar dalam kondisi kering, supaya nggak bau apek. Cairan pelicin pakaian juga bisa dipergunakan selama nggak merusak bahan pakaian. Atur suhu setrika supaya pakaian kamu nggak mudah rusak, malah ada beberapa bahan pakaian yang seharusnya nggak boleh disetrika karena menyebabkan lengket yang merusak bahan.


Penyimpanan pakaian
Simpanlah pakaian yang sudah rapih dan wangi didalam lemari pakaian tertutup supaya terhindar dari debu dan kotoran. Gunakan pewangi pakaian yang bisa digantung didalam lemari atau gunakan kamper.Selain itu sebaiknya diatur dengan rapi atau digantung dan nggak disimpan dalam lemari yang penuh sesak.

Pemakaian
Pakaian khusus yang mahal sebaiknya jangan terlalu sering digunakan. Pakaian yang biasa kamu kenakan untuk beraktivitas  keluar rumah, sebaiknya jangan dipakai untuk sehari-hari apalagi dibawa tidur. Sesuaikan pemakaian dengan kebutuhan dan tempatnya.


Nah itu dia tips yang bisa kamu terapkan,Oneesan! Supaya baju kamu tetap awet dan terlihat seperti baru.


You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook