Tipe-tipe Orang Indonesia Ketika Bersalaman

12.24.00

Bagi orang Indonesia, ada hukumnya tak salaman maka tak sopan. Dulu aja pas masih kecil, kita diajarkan untuk salam -atau biasanya disebut salim- orang tua sebelum berangkat sekolah. Bahkan sampai dewasa dan bekerja sekarang pun bersalaman atau berjabat tangan adalah bentuk ekspresi yang paling lumrah dilakukan saat bertemu dan berpisah dengan orang lain. Namun ternyata tiap orang memiliki gaya sendiri dalam bersalaman. Dan beberapa tipe tersebut bisa menjadi sebuah kesan yang menentukan hubungan kamu dengan orang yang kamu ajak salaman. Dikutip dari beberapa sumber, berikut ini beberapa tipe salaman yang biasa dilakukan orang Indonesia. Kalo kamu tipe yang mana?


via GIPHY
Salaman kuat dan cenderung mencengkeram
Salaman jenis ini dilakukan dengan sangat keras dan kedua orang yang melakukannya sama-sama punya maksud mendominasi. Sebuah penelitian oleh para psikolog dari University of Alabama di AS juga menguak fakta yang serupa. Salaman dengan genggaman tangan yang kuat, kontak mata, dan durasi yang cukup lama menunjukkan sifat ekstrovert dan lebih terbuka terhadap pengalaman baru. Orang-orang dengan sifat demikian umumnya memang memiliki kecenderungan lebih besar untuk menjadi sosok yang dominan atau berkuasa. Kalau lawan salamannya nggak siap menerima salaman dari kamu yang kuat ini, pasti rasanya bakal ngilu dan narik sebelah ujung bibirnya ke atas.

Salaman yang lemah
Menurut penelitian salaman yang lemah menggambarkan rasa nggak tertarik pada lawan bicara. Lillian mengatakan bahwa salaman yang lemah adalah sebuah ketidakpeduliaan dan menunjukkan kamu kurang perhatian dengan orang yang dihadapi. Meskipun mungkin kamu merasa sebaliknya, banyak orang yang cukup sensitif dengan salaman yang lemah ini.


via GIPHY
Salaman cuma nempel jari
Admit it! Kalau kamu menyodorkan tangan untuk berjabat tangan dan lawan bicara kamu hanya menggenggam jari-jari kamu, berarti orang itu nggak ingin dekat-dekat dengan kamu. Bersalaman kayak gini sebenarnya dianggap cenderung kurang menghargai orang lain, karena memiliki arti salaman hanya sekedarnya aja. Namun ada arti lain dari salaman yang hanya nempel jari aja lho. Baik yang memberikan salaman ataupun diberi, salaman ini adalah tipe salaman orang yang mau menahan, tetapi tidak mau memberikan dirinya.


via GIPHY
Salaman gaul ala “bro”
Pasti kamu pernah ngelakuin hal ini, ya kan? Apalagi kalo lawan bicara kamu orangnya yongkro abis dan asik. Salaman jenis ini istilah populernya disebut "urban handshake" yang pertama dipopulerkan oleh orang barat. Biasanya orang yang suka melakukan salaman ini cenderung memiliki karakteristik mudah bergaul meski berada pada lingkungan yang asing.


via GIPHY
Salaman tanpa kontak mata
Pernah disalamin orang tapi matanya nggak menatap kamu? Memang ada beberapa tipe orang yang pada dasarnya canggung untuk berkontak mata dengan orang lain terlebih pada orang asing. Bisa jadi ia adalah orang yang nggak biasa berada di situasi sosial dan berdekatan dengan orang lain. Atau mungkin aja ia mengidap fobia sosial. Tapi ada pula beberapa kemungkinan lain sih, misalnya ia memang malas berbicara lama-lama dengan kamu. Atau indikasi paling negatifnya dia menutupi suatu hal yang nggak boleh diketahui orang. Misalnya sedang berbohong, atau mengonsumsi obat terlarang.


via GIPHY
Salaman meninju
Salaman meninju atau the fist bump adalah salaman yang identik dengan pukulan. Fist bump kebanyakan dilakukan sama bro-bro yang udah sohib dari lama atau biasanya partner gitu untuk mengekspresikan high5 dengan variasi lain. Padahal ngaku aja deh salaman kayak gini dilakukan biar tangan kamu nggak kotor kan? Hehe.. Orang yang melakukan ini identik memiliki sifat yang rela berkorban kepada orang lain.


via GIPHY
Salaman dengan dua tangan
Gaya bersalaman seperti ini dilakukan dengan cara menggenggam tangan lawan dengan kedua tangan. Kamu biasa menemukan gaya berjabat tangan seperti ini dalam pertemuan-pertemuan formal dan informal tertentu. Jika kamu bersalaman dengan seseorang dengan gaya bersalaman seperti ini menunjukkan ia pandai menyembunyikan perasaan yang sesungguhnya. Ia bahkan bisa bersikap sangat ramah pada orang yang nggak disukainya. Istilahnya carmuk gitu lah, pasti kamu sering lihat gaya bersalaman ini dilakukan oleh politikus.


via GIPHY
Salaman yang kelamaan
Ngaku aja kalo lawan bicara kamu orangnya cakep pasti pengen lama-lama nempel kan??? Menurut para ahli bahasa tubuh, salaman ini menandakan bahwa kamu orangnya agresif. Durasi salaman yang tepat itu nggak lebih dari dua detik, karena itu bila kamu nggak ingin terlihat terlalu agresif jangan salaman terlalu lama.

Salaman sambil menggelitik
Gaya bersalaman seperti ini dilakukan dengan menjabat erat tangan seseorang tetapi diselingi dengan menggelitik telapak tangannya dengan ujung jari. Biasanya cara ini dilakukan jika berjabat tangan dengan lawan jenis dan memiliki maksud terselubung. Orang yang bersalaman dengan cara ini menunjukkan bahwa dia pribadi yang suka menghalalkan segala cara demi tercapainya keinginan. Gaya ini juga menandakan bahwa dia mudah terpesona oleh hal-hal yang bersifat lahiriah atau fisik.

Salaman cium punggung tangan
Kalau salam yang satu ini memang udah pasti menandakan kamu orangnya suka menganggap lawan bicara adalah orang yang sangat kamu hormati. Khususnya pada orang yang lebih tua. Orang yang bersalaman dengan cara ini pasti banyak didoain sama banyak orang. Calon sukses nih!

Salaman yang ideal dan profesional
Gaya bersalaman seperti ini dilakukan dengan menjabat erat tangan dengan cukup erat, nggak terlalu menekan dan nggak sampai menyakiti. Lama jabat tangan ini sekitar dua detik. Seseorang yang bersalaman dengan gaya ini menunjukkan dia pribadi yang hangat, sopan, profesional, dan positive thinking. Inilah tipe salaman yang paling wajar.

Salaman yang ada amplopnya
Nggak perlu ada deskripsinya, mimin tau pasti salaman tipe ini kan yang paling bisa bikin kamu happy? Hahaha :P

Berbeda lawan bicara pasti berbeda juga cara kita bersalaman. Nah, bagaimana dengan gaya bersalaman kamu, Oneesan? Salaman seperti apa yang sering kamu lakukan? Coba amatilah dirimu dan setelah itu kalau perlu ubahlah dengan gaya yang paling baik, dan lambat laun kamu akan terpengaruh dan akhirnya pembawaan yang lebih baik pun akan datang. Itu baru soal salaman aja, kalo soal gaya berpakaian, gimana? Coba cek di www.gatsuone.com yuk! Di sana ada berbagai koleksi fashion terkini yang bisa kamu sesuaikan dengan gaya kamu. Have a great day!

You Might Also Like

1 komentar

Like us on Facebook