Cara Simple Nggak Batal saat Puasa

10.02.00


Puasa is almost coming!! Pasti di sepanjang jalan sekitar rumah kamu udah mulai banyak bertebaran para penjajak lapak timun suri, blewah, pepaya, mangga, pisang, jambu, di bawa dari pasar Minggu. Yup, bulan puasa memang menjadi bulan yang pas banget buat menyantap semua bentuk takjil termasuk juga kolak dan sebangsanya.

Belum mulai puasa, tapi udah terbayang gimana segar dan lezatnya santapan berbuka puasa. Wajar aja sih, karena puasa adalah saatnya ujian menahan diri dari semua godaan. Mulai dari godaan makan, godaan emosi, sampai godaan mantan harus kamu hindari juga. Pokoknya puasa adalah tentang pengendalian diri. Tapi gimana caranya ya biar bisa mengendalikan diri dan nggak batal saat puasa?

Ini tipsnya!

Jangan banyak bicara

Mungkin ini bakalan susah diterapin sama cewek yang demen banget ngomong alias cerewet. Udah kebiasaan sehari-harinya ngomong cas-cis-cus dari ngebahas soal pekerjaan, gosip, bahkan fenomena upil yang nggak penting banget jadi bahan obrolan. Satu sisi, kelebihan kamu yang satu ini bakal jadi aksi amal karena bisa membuat orang di sekeliling kamu tertawa dari banyolan kamu.

Tapi inget loh, di bulan puasa ini kita harus tetap mengendalikan ucapan kita. Dari berjuta-juta kata yang kamu ucapkan bisa jadi terucap kata yang malah bikin kamu batal puasa. Belum lagi, banyak bicara bikin tenggorokan kamu kering. Godaan buat batal bakal lebih banyak menyerang biar kamu minum untuk menghilangkan rasa haus.

Jangan iseng dan pecicilan

Kalo kamu sehari-harinya adalah orang yang hobi banget jailin orang dan sangat pecicilan, mungkin bulan puasa ini adalah saat yang tepat untuk merenung. Read: merenungkan bahwa apa yang kamu lakukan bisa-bisa membangkitkan emosi orang lain. Orang yang lagi anteng-anteng puasa jadi batal karena kamu isengin.

Well, intinya jangan menjadi orang ketiga antara temanmu dan ibadah puasanya. Nggak enak kan jadi orang ketiga? Hihi.. Selain jadi orang ketiga, kamu juga jadi capek sendiri karena terlalu pecicilan. Pokoknya jangan banyak gerak, jangan lompat-lompat, jangan gangguin orang. Terlalu banyak gerak itu akan bikin kamu cepet capek, dari capek jadi haus, trus batal deh. Makanya jangan pecicilan. Duduk manis aja di pojokan. :D<

Dimanapun kamu berada, cari ruangan teradem

Biar cairan dalam tubuh nggak cepat hilang, maka kamu harus lebih banyak berada dalam suhu normal dan cenderung dingin. Misalnya ruangan ber-AC, atau minimal yang adem dan ada udara sejuk sepoy-sepoy. Hal ini dimaksudkan biar kamu nggak terlalu banyak mengeluarkan keringat dan lemes. Selalu terlihat segar dan bertenaga! Eyah..

Stop stalking mantan

Di bulan puasa ini, saatnya untuk berhenti menyakiti diri sendiri! Mikirin dia yang dulu sering kamu ingetin makan dan bangunin sahur. Sekarang kamu harus puasa sendiri. Terus kamu jadi mikirin gimana sekarang keadaan dia setelah pisah sama kamu. And then kamu nggak tahan stalking dia, Hahai!

Udahlah, nggak usah stalking akun sosmed mantan. Awalnya mungkin kamu cuma iseng-iseng ingin tahu bagaimana kehidupan dia pasca putus sama kamu. Tapi bisa-bisa keterusan kepo hingga ke bawah. Tambah penasaran karena ketahuan kalau si mantan sudah punya pacar baru. Akibat keisengan kamu itulah kamu jadi nggak bisa berhenti dan akhirnya sakit hati pas tahu si mantan punya pacar lagi. Nggak hanya sebatas stalking si mantan, kamu jadi stalking ke gebetan atau pacar barunya. Akhirnya kisah detektif ini berakhir dengan sebuah tangisan. Puasa jadi batal.

Pacaran boleh tapi hindari pergi berduaan

Biar nggak mengundang hal yang aneh-aneh saat pacaran, lebih baik atur ulang jadwal ketemuan dan jadwal bertelpon. Kalau misalnya setiap hari kamu ketemu dan telponan sampai 3 kali sehari, khusus di bulan puasa mungkin bisa dikurang-kurangin dulu. Nah, kalau udah jadwalin pertemuannya ajak juga temanmu biar acara nge-date seru dan gokil. Cara ini supaya bisa menghindarkan kamu dari pegang-pegangan tangan yang bisa membatalkan puasa.

Boleh sih pergi berdua, asal perginya jangan ke tempat yang sepi ya. Pilih aja ke tempat-tempat yang ramai alias banyak orang. Tempat-tempat seperti toko buku, tentunya akan lebih bermanfaat buat kalian berdua. Selain bisa menghilangkan rasa kangen, pergi ke toko buku juga bisa menambah wawasan kalian.

Seleksi lagi akun sosmed “menggoda” yang kamu follow

Kini banyak banget bertebaran akun yang menampilkan menu makanan lucu buat dicoba. Nggak cuma lucu aja, foto-foto makanan yang diunggah juga menggoda banget buat dibayangin kelezatannya. So stop! Ini nggak bisa dibiarin. Dengan melihat dan menginginkan makanan itu aja bisa-bisa kamu udah ada niat buat batal puasa. Kalau tantangan foto makanan ini bisa kamu tahan, follow aja. Tapi buat kamu yang gampang tergoda dengan hal beginian, lebih baik unfoll dulu. Pilih akun-akun yang bisa memperkuat iman kamu berpuasa ya. Kayak instagram @gatsuone misalnya.

Pause dulu drama Korea-nya :’)

Ini tantangan terberat buat mimin T.T. Buat kamu yang juga terlanjur cinta sama drama Korea, kayaknya harus di-pause dulu deh. Alasan pertama tentunya supaya kita terhindar dari adegan “panas”. Buat penggemar drama Korea pastinya tau lah ya, ada aja adegan romantis tak terduga yang tau-tau muncul di setiap episodenya. Meskipun satu sisi kamu bisa berkata “astaghfirullah”, tapi di sisi lain kamu sudah dengan sengaja nonton hal yang nggak pantas ditonton. Iya kan?

Kedua, biar nggak baper dari kisah yang melow dan bikin mewek. Drama Korea memang udah juaranya bikin kisah menyentuh dan penuh dengan emosi. Di bulan puasa ini kita nggak cuma harus menahan diri dan makan dan minum aja, tapi juga harus mengendalikan diri dari emosi berlebihan seperti marah, sedih, dan nangis. Karena itu, supaya terhindar dari perasaan baper dan melow alangkah lebih baik kalau drama ini jangan ditonton dulu. Kamu pasti bisa! Fighting! Btw, drama yang lagi bagus sekarang apa ya? ^.^

Itulah beberapa cara ampuh untuk menghindarkan kamu batal di bulan puasa. Semoga bisa kamu terapkan di bulan puasa tahun ini ya. Selamat menjalankan ibadah puasa, Oneesan!

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook