6 Kebiasaan Positif inilah yang Membuat Negara Jepang Bisa Maju

14.56.00


Jepang menjadi negara yang terkenal dengan kegigihannya untuk menjadi negara maju. Terbukti dari beberapa sektor seperti di bidang industri, teknologi, fashion, maupun kulinernya terus berkembang dan booming di negara-negara besar lain, termasuk juga di Indonesia.

Meski sering ditimpa bencana karena letak geografisnya yang nggak menguntungkan, nyatanya Jepang sanggup untuk terus bertahan bahkan bisa menjadi salah satu negara maju di dunia. Bukan cuma sistem pemerintahannya aja yang bagus, tapi juga gaya hidup masyarakatnya yang positif juga menjadi faktor utama majunya bangsa ini. Mungkin kalau 6 gaya hidup orang Jepang ini bisa kita tiru, bangsa kita juga akan menjadi negara yang maju, oneesan.

Soal pekerjaan, orang Jepang jagonya kerja lembur tanpa mengeluh

Udah bukan rahasia lagi kalau para pekerja di Jepang membudayakan gila kerja. Buat mereka, untuk meraih kesuksesan harus dibuat dengan kerja keras. Salah satunya adalah soal waktu. Mereka nggak pernah ngaret dan nggak buru-buru saat pulang kerja. Bahkan jika terlambat 5 menit aja harus menyertakan alasan yang resmi. Pulang lebih awal juga merupakan hal yang memalukan buat mereka. Karena hal itu membuat mereka jadi dllihat nggak terlalu dibutuhkan oleh perusahaan. Jadi, para pekerja di Jepang akan selalu sukarela bekerja dengan loyalitas bahkan untuk lembur bekerja.

Mengutamakan sikap ramah dan sopan santun

Nggak cuma bangsa kita aja yang dikenal dengan keramahan orang-orangnya. Ternyata hal ini juga dipraktikan oleh kebanyakan orang Jepang lho. Kebiasaan untuk selalu menyapa dan mengucapkan salam pada orang lain menjadi hal yang sangat indah di sana. Bahkan mereka nggak segan-segan untuk menyapa orang asing yang belum mereka kenal. Dalam hal sopan santun, mereka juga tergolong orang yang sangat hati-hati berbicara. Mereka sangat ingin menjaga perasaan orang yang sedang mereka ajak bicara.

Baca-baca saat di jalan, udah menjadi hal umum

Sebagian besar masyarakat Jepang selalu menghabiskan waktu di jalan dengan membaca apa saja yang bisa mengusir kebosanan. Kalau kamu main-main ke Jepang, kamu bisa melihat banyak orang membaca buku pelajaran, komik, majalah, koran, atau baca apapun dari gadget-nya. Mereka akan lebih memilih untuk diam dan membaca daripada mengobrol pada orang asing yang ada di sebelahnya.

Bukan hasil yang mereka cari, melainkan proses

Mungkin ini menjadi salah satu alasan mengapa orang Jepang sangat loyal dalam bekerja bahkan untuk lembur. Salah satu karakter positif yang dimiliki orang Jepang adalah nggak hanya berorientasi pada hasil, tetapi lebih pada prosesnya. Jadi sebagus apapun hasil pekerjaan kamu, belum tentu kamu bisa dianggap sebagai orang yang sukses. Apalagi kalau kamu mengerjakannya dengan cara yang nggak jujur. Hal ini terlihat akan dari semangat mereka menyongsong setiap pekerjaan dan tantangan. Karena mereka yakin bahwa dengan semangat dan proses kerja keras akan memberikan hasil yang terbaik.

Maju dalam modernisasi tapi nggak meninggalkan tradisi

Meski telah menjadi negara yang maju, bukan berarti mereka meninggalkan tradisi yang sudah menjadi jati diri mereka. Dengan teguh mereka akan memegang warisan dari nenek moyang mereka. Jadi jangan heran mengapa orang Jepang seolah enggan menggunakan bahasa Inggris, karena mereka tetap ingin melestarikan bahasa mereka sendiri.

Kedisiplinan mereka dalam menaati aturan masih jauh dari kebiasaan kita

Bukan sebuah pemandangan yang aneh lagi kalau ada antrian dimana-mana tapi tetap teratur dan rapi. Mereka nggak akan menerobos antrean apapun yang terjadi. Kalau misalnya mau beli baju di toko yang lagi ramai banget, mereka bersedia menunggu antrean masuk toko yang dijaga oleh pelayannya. Begitu juga ketika mereka ingin makan di restoran ramai. Mereka nggak segan-segan menunggu dan baris dengan rapi dalam satu antrean. Hal ini memang menjadi salah satu kedisiplinan orang Jepang yang patut dicontoh untuk bangsa kita nih. Nggak hanya soal antrean aja, mereka juga lebih senang pakai jalan memutar yang lebih jauh dari pada harus memotong jalan. Saat ditanya kenapa mereka bisa sangat sabar mengantre, jawabannya pasti sederhana, karena itu adalah aturannya.

ELLEN – BLUE MOTIF
Kalau masalah belanja, kini lebih enak belanja online di GatsuOne! Karena segala kebutuhan fashion dengan esensi Jepang lengkap di sini.

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook