Inilah Alasan Kita Harus Kurangi Konsumsi Gula

10.45.00

Sesuatu yang manis memang punya daya tarik tersendiri. Mulai dari dessert yang (tentunya) mengandung gula hingga senyuman yang terukir di wajahmu, hmm manis banget ya hehehe. Cokelat, cake, pastry dan makanan manis lainnya memang sulit banget untuk ditolak masuk ke dalam perut kita. Hampir setiap wanita sepertinya suka banget dengan berbagai macam makanan manis terutama kalau lagi galau, biasanya sih ini salah satu alasan kenapa harus selalu ada stok cokelat di dalam kulkas. Tapi sayang, kalau kamu termasuk orang yang suka banget makan dessert ataupun makanan/minuman manis lainnya sepertinya kamu harus mulai menguranginya ya. Ada beberapa risiko yang bisa muncul bagi yang suka mengonsumsi gula secara berlebihan, seperti memicu kegemukan, penumpukan lemak hingga diabetes. Selain risiko tersebut, ada pula tiga risiko yang bisa muncul, apa aja sih?

Mood Nggak Stabil
Kalau yang selama ini kita tahu kan makanan manis bisa mengembalikan mood yang tadinya sedang down atau jatuh. Hal itu memang ada benarnya juga, tapi ternyata bisa juga terjadi hal sebaliknya karena mood yang membaik hanya akan bertahan salam rentang waktu yang singkat. Justru gula bisa membuat mood swing terjadi pada kamu, yaitu mood berubah atau naik turun dengan cepat. Hal ini bisa dibuktikan secara ilmiah, bahwa ketika kita mengonsumsi makanan manis kadar gula dalam darah akan meningkat secara drastis namun akan turun dengan drastis pula karena mudah terbakar oleh tubuh. Maka, mood pun menjadi kurang stabil.

Mengganggu Sistem Imun
Gula memang dinilai bisa menjaga daya tahan tubuh menjadi lebih kuat, namun berbeda halnya ketika dikonsumsi secara berlebihan. Bahkan terdapat hasil sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa tubuh dengan pH yang rendah yang bisa disebabkan oleh banyaknya mengonsumsi gula, bisa memicu munculnya sel-sel kanker. Nggak ada salahnya dalam mengonsumsi gula, namun kamu harus tahu bahwa kadar gula yang ada dalam tubuh juga nggak boleh berlebihan.

Memicu Penuaan Dini
Ketika kamu mengonsumsi gula maka kadar gula dalam darah akan beraksi dengan protein yang kemudian akan menimbulkan proses glycation yang membentuk molekul bernama advanced glycation end (AGE). Molekul ini ternyata memiliki dampak yang kurang menguntungkan bagi tubuh kita, yaitu bisa mengganggu pembentukan kolagen dan elastin. Padahal kolagen dan elastin ini adalah unsur yang sangat berperan penting dalam menjaga kulit untuk tetap kencang dan kenyal. Maka dari itu, ketika mengonsumsi gula secara belebihan maka dapat memicu penuaan dini. Hati-hati.

Pada dasarnya nggak ada salahnya kamu suka makan atau minum sesuatu yang manis, hanya kadarnya saja yang harus lebih diperhatikan. Jangan sampai gula yang kamu konsumsi melebihi jumlah yang sebenarnya tubuhmu butuhan. Karena segala sesuatu yang berlebihan pasti kurang baik, setuju?

Dalam hal penampilan pun kamu harus tampil pas dan nggak berlebihan. Yuk dapatkan koleksi fashion yang tepat untukmu hanya di www.gatsuone.com. Follow Instagram @gatsuone untuk tahu promo menariknya.

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook