6 Fobia yang Bisa Bikin Kamu Gagal Menikah

11.14.00


Apakah kamu sering merasakan ketakutan pada suatu objek secara berlebihan? Misalnya seperti takut pada jarum suntik, takut ketinggian, takut pada balon, atau mungkin takut pada pacar sendiri?

Fobia merupakan rasa takut yang berlebihan terhadap suatu objek atau situasi tertentu. Ada beragam jenis fobia di dunia ini, dan semua orang pasti menyimpan suatu fobia di dalam dirinya. Fobia bukanlah penyakit yang mematikan, namun ini bisa saja terjadi bila kadar fobia yang dideritanya terlalu over. Misalnya, ketika dalam kondisi terdesak dan panik, seseorang pengidap fobia dengan kadar yang parah akan mencari segala cara untuk melarikan dirinya dari situasi itu tanpa memikirkan bahaya atau resiko yang dapat mengancam nyawanya sendiri.

Terdapat banyak jenis fobia di dunia ini, dan beberapa di antaranya fobia-fobia tersebut menyangkut dengan hubungan percintaan. Dalam kadar normal, fobia-fobia ini tidak menjadi sebuah permasalahan yang serius. Akan tetapi kamu juga harus waspadai apakah fobia yang dideritanya masih dalam taraf normal atau sudah tidak wajar. Kalau kamu melihat banyak gejala aneh pada dirinya, kamu harus hati-hati karena bisa jadi hal ini bisa menggagalkan kamu untuk membina hubungan yang serius.  Jika saat ini kamu sedang menjalin hubungan berpacaran dengan pasanganmu, coba cek dulu apakah dia mengidap salah satu jenis fobia ini.


Anuptaphobia – Fobia Menjomblo

Fobia jenis ini adalah fobia yang menunjukkan bahwa dia memiliki ketakutan pada kejombloan. Artinya, ia takut ketika suatu saat nanti ia menjadi seorang jomblo. Ia lebih memilih untuk mejalin hubungan tanpa masa depan daripada harus menjomblo. Seperti menjalin hubungan yang dipaksakan, akibat yang bisa ditimbulkan adalah hubungan akan terus dipenuhi konflik karena saling egois dan tidak mau mengalah karena ia hanya menginginkan seseorang berada di dekatnya. Seseorang yang mengidap fobia ini akan lebih memilih pasangan yang tidak tepat daripada harus hidup seorang diri.

Gamophobia – Fobia pada Pernikahan

Kebalikan dari anuptaphobia, fobia jenis ini adalah ketakutan pada pernikahan. Orang yang mengidap fobia ini tetap bisa mencintai pasangannya, namun ia akan mengalami ketakutan ketika diajak untuk hidup dalam hubungan yang serius. Malah bisa jadi perasaannya akan berubah menjadi benci. Padahal sebenarnya penderita fobia ini juga ingin untuk menikah, tetapi sayangnya keinginan itu tertutup oleh rasa takutnya yang berlebihan.

Commitmentphobia – Fobia Berkomitmen

Kalau pacarmu susah banget diajak untuk melanjutkan hubungan ke arah yang lebih serius, bisa jadi ia terkena fobia commitmentphobia ini. Seperti namanya, phobia jenis ini membuat seseorang untuk tidak berani mengambil komitmen. Akan tetapi tak jarang juga, ada beberapa orang yang menggunakan alasan ini karena ia masih menginginkan kebebasan dan menggoda yang lain. Para jomblo pun juga sering menggunakan nama fobia ini sebagai alasan untuk ingin hidup bebas dan berpetualang.

Chiraptophobia – Fobia Bersentuhan

Bersyukurlah kalau kamu masih bisa berpegangan tangan atau berpelukan dengan pasanganmu karena ternyata ada beberapa orang yang tidak dapat melakukannya. Mereka disebut dengan penderita Chiraptophobia. Chiraptophobia adalah jenis fobia yang membuat seseorang takut untuk disentuh. Pada kasus yang parah, orang yang terkena fobia ini bahkan tidak bisa menonton film atau melihat orang yang sedang bersentuhan.

Philematophobia – Fobia Berciuman

Lebih parah dari chiraptophobia, philematophobia menyerang seseorang untuk takut melakukan ciuman. Bagi seseorang yang terkena Philematophobia, ciuman adalah sebuah penderitaan baginya. Sebenarnya ia tidak takut dengan bentuk bibir, tapi ia takut akan penularan virus yang akan menyerangnya ketika berciuman.

Jangan salahkan dia ketika ia tidak dapat berciuman denganmu, karena bisa jadi fobia ini disebaban karena ia mengalami trauma di masa lalu. Atau mungkin ia mengalami perlakuan tidak mengenakan pada ciuman pertamanya.

Genophobia – Fobia Berhubungan Sexual

Fobia jenis ini yang paling ditakuti oleh banyak orang. Mengapa? Karena fobia ini menyerang seseorang untuk takut berhubungan seksual. Fobia ini bisa jadi termasuk sakit fisik maupun psikologis. So, bisa jadi ketakutan ini bukan hanya ketakutan pada psikologisnya, tetapi juga karena kelemahan pada fisiknya.  Orang yang terserang fobia ini tentunya bisa mengakibatkan masalah dalam hubungan romantis. Namun pahamilah dia karena jauh di dalam lubuk hatinya, ia adalah seseorang yang sangat kesepian dan malu. Karena penderita genophobia biasanya adalah orang-orang yang mengalami pelecehan saat masih muda.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa setiap orang memiliki gejala fobianya sendiri. Dan bisa jadi kamu pun adalah salah satu yang terserang beberapa fobia di atas. Kalau kamu memiliki pasangan dengan gejala-gejala yang sudah disebutkan tadi, ada baiknya kalau kamu menjadi sumber semangatnya untuk bisa sembuh dari fobia itu. Karena pada dasarnya dalam sebuah hubungan itu tidak ada yang sempurna, karena itulah kamu dipilih untuk bisa melengkapi kekurangannya.


Tidak ada yang tidak dapat kamu lakukan kalau Oneesan mau berusaha mendapatkannya. Tapi kalau kamu mau pilih baju bagus itu nggak susah kok. Buka aja www.gatsuone.com karena ada banyak pilihan outfit yang keren! With GatsuOne がつおね, kamu bisa tampil memukau dalam Japan fashion essentials! Follow juga instagram GatsuOne untuk dapatkan penawaran menarik! Cha Ne!

You Might Also Like

2 komentar

  1. Thank you very much for sharing information that will be much helpful for making coursework my effective.

    BalasHapus

Like us on Facebook