5 Hal yang Sering Dilupakan Karyawan Baru

11.10.00


Sebagai karyawan baru, pastinya akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan. Apalagi kalau kamu adalah seorang fresh graduate yang belum pernah merasakan pengalaman kerja sebelumnya, biasanya masih canggung untuk melakukan hal ini itu. Bahkan untuk sekadar ngobrol dengan rekan sebelah meja aja takut dimarahi si bos.

Untuk kamu yang baru saja lulus dan baru diterima kerja di sebuah perusahaan, kerja itu bukan suatu hal yang harus kamu lakukan dengan serius banget kok. Be responsible is a must! Tapi kamu bukanlah robot yang harus duduk kaku dan terus melototin komputer sampai jam pulang.

Masuk dalam dunia kerja, berarti kita harus sudah siap menerima perintah dari bos untuk menyelesaikan tugas-tugas kantor. Suasana kerja yang sangat membosankan dan penuh dengan tekanan pasti membuat kita merasakan stres hingga tingkat ke tujuh di langit-langit yang permai. Siapa sih, yang bisa tahan kalau bos selalu minta pekerjaan kita yang seabrek itu harus diselesaikan dalam waktu singkat? Suasana akan semakin tambah pusing ketika kita tengah mengerjakan tugas lain. Belum lagi kamu belum berpengalaman dalam mengerjakan semua tugas itu.

Memang sudah menjadi tanggungjawab kita untuk menyelesaikan semua tugas yang diberikan sebagai karyawan yang profesional. Kita juga ingin dipuji sebagai karyawan yang bisa menunjukkan dedikasi tinggi pada bos kan? Tapi kepala rasanya mau pecah menghadapi semua pekerjaan ini!
Terlalu sibuk bekerja kadang membuat kita lupa untuk melakukan hal-hal penting untuk bisa merefresh otak dan tubuh.  It so simple to do but really important, Oneesan!

Yuk cek dulu apakah kamu suka melupakan 5 hal sederhana ini!

Napas!
Ya iya lah, nggak usah disaranin juga kita udah pasti bernapas dengan sendirinya. Tentunya kita sebagai manusia yang masih hidup butuh oksigen untuk dihirup, kan? Tapi ini penting lho, Oneesan! Kamu harus sadar bahwa dirimu adalah manusia yang masih hidup dan butuh bernapas. Kadang saking sibuknya kerja, kita sampai lupa bersyukur bahwa kita masih diberi napas oleh Sang Pencipta kita. Walaupun ini sangat simple, tapi sangat bekerja untuk meningkatkan rileksifitas otak dan tubuh kita.

Well, ingatlah bahwa bernapas adalah kegiatan yang penting. Berikan waktu setidaknya 10 sampai 15 detik saja untuk memejamkan mata dan bernapas yang rileks. Caranya ambil sikap duduk yang tegap dan rileks, letakkan tanganmu di atas paha atau di atas meja dengan posisi terbuka, pejamkan mata, dan jauhkan semua pikiranmu dari dunia ini. Ambil napas yang dalam dari hidung dan buang perlahan melalui mulut. Pokoknya focus on nothing but your breath! Di akhir waktumu yang singkat itu, kamu akan terkejut betapa rileksnya kamu setelah membuka mata.


Sharing with others
Ambil waktumu kurang lebih 5 menit untuk menyapa dan menanyakan kabar dia yang melintas di depanmu atau dia yang duduk satu ruangan bersama kamu. Kadang saking sibuknya menghadapi tumpukan kertas dan menghadapi komputer, kita sampai lupa untuk nengok orang-orang yang ada di sekitar kita.

Carilah orang yang paling enak kamu ajak bicara tentang hobi, drama terbaru, atau drama India yang bikin kamu nangis semalam. Pokoknya buat obrolan yang bisa bikin kamu bisa tertawa.


Minum air
Hal ini yang paling sering disepelekan sama kita kalau lagi sibuk banget dengan tumpukan kerjaan yang tak kunjung usai. Mungkin sudah ada jutaan orang di dunia ini yang mengingatkan kamu untuk sering minum air, mengapa? Karena air adalah sumber kehidupan kita. Nggak percaya? Air putih bisa menghilangkan dehidrasi juga mengembalikan kesegaran tubuh dan otakmu yang udah kusut akibat kerjaan yang berat setiap harinya.

Supaya nggak lupa untuk minum air putih, kamu bisa bawa botol air dan meletakkannya di depan meja atau di samping komputermu supaya kamu nggak lupa minum.


Melihat keadaan luar
Tutup sementara tumpukan kertas dan komputermu dan berbaliklah untuk melihat keadaan luar dari balik jendelamu. Kamu juga bisa jalan ke luar ruangan, mencari spot yang hening, dan mengambil waktu beberapa menit untuk menjauh dari rekan-rekan kerjamu.

Dengan melihat keadaan di sektar ruang kerjamu, inspirasi dan ide-ide baru akan datang untuk membantumu menyelesaikan pekerjaan, seperti saat kamu bingung bagaimana membalas email, atau saat kamu bingung bagaimana mengerjakan hal-hal yang sulit dalam pekerjaanmu.


Ambil waktu makan
Mendapatkan tugas kantor yang banyak kadang bisa sampai menyita waktu makan siang kita. Kalau ini terjadi padamu, kamu harus menyiapkan bekal tersendiri selain makan siang. Kamu bisa simpan snack atau biskuit di laci. Walaupun tidak mengenyangkan, setidaknya perutmu bisa terisi dengan sedikit makanan ringan. Yang penting jangan bekerja sambil makan ya, Oneesan! Just take your time to have a meal. Kerja sambil makan tidak akan membuat pekerjaanmu jadi cepat selesai. Bisa jadi malah snack kamu jadi berantakan karena kamu nggak fokus makannya.

Nah, untuk kamu para fresh graduate yang belum atau baru saja dapat kerja, jangan lupakan 5 hal di atas ya! Semua pekerjaan akan terasa mudah kalau kamu enjoy melakukannya. Cheers!
 


Belum punya outfit yang keren untuk ke kantor? Lihat koleksi GatsuOne yuk! Kamu bisa dapatkan voucher belanja saat kamu download aplikasinya lho! Atau kunjungi www.gatsuone.com untuk mendapatkan produk Japan fashion essential dengan penawaran menarik lainnya. Cha ne!

You Might Also Like

1 komentar

Like us on Facebook