Jadi, Bagaimanakah Rasanya Putus Cinta?

15.50.00

Putus cinta, hal yang nggak akan pernah terpikir ketika kita baru memulai sebuah hubungan dengan seseorang. Ketika kita ditakdirkan untuk memulai sebuah hubungan dengan seseorang, berarti hati kita sudah menentukan. Hubungan kasih sayang antara dua anak Adam dan Hawa terjadi karena hati mereka berasal dari kutub yang berbeda maka muncul ketertarikan di antara mereka berdua. Semua ini adalah masalah hati, ketika hati sudah menetapkan pilihan, duniapun seakan mendukung. Namun segala hal manis yang muncul di permulaan nggak selamanya bisa bertahan hingga maut memisahkan. Yang menikah bisa bercerai, terlebih yang baru menjalani proses penjajakan belum tentu akan berakhir di pelaminan. Banyak hal yang bisa menyebabkan terjadinya perpisahan. Bisa karena kutub mereka lama kelamaaan kehilangan medan magnetnya, atau hanya karena gaya tarik menarik pada hati mereka terlalu kuat sehingga akhirnya kelelahan. Kembali lagi, bahwa urusan usia, rezeki dan jodoh adalah kuasa Tuhan. Hal inilah yang membuktikan bahwa hati manusia bisa saja memilih, tapi tetap Tuhan yang memiliki wewenang untuk mengeksekusi. Jadi bagaimanakah rasanya putus cinta?

Rasakan Saja
Untukmu yang baru saja mengalami perpisahan dengan seseorang yang sudah lama berada dalam hati dan hidupmu, bagaimana rasanya? Mungkin playlist lagu di handphone kamu isinya nggak jauh dari Bruno Mars – When I Was Your Man, The Script – The Man Who Can’t Be Moved atau That Should Be Me punya Justin Bieber. Memang di masa-masa awal broken heart akibat relationship yang crash adalah saatnya untuk kamu merasakan kesedihan yang hadir di hatimu. Coba rasakan, di saat kamu ada di posisi ini, dadamu pasti rasanya sesak, pasti. Jangan pernah menolak atau mendorong perasaan itu dari hati dan tubuhmu. It’s just so natural. Nggak ada salahnya kita sedih karena hal yang nggak pernah kita inginkan untk terjadi pada hidup kita. So, just feel it with all your heart, inside your tiny room with your broken heart playlist song, on this rainy day.

Biarkan Hatimu Tenang
Setelah kamu merasakan seberapa besar rasa sakit yang ada di hatimu, merasakan betapa sulitnya melepaskan, kemudian berilah hatimu ruang. Rasa sedih itu memiliki kewajiban untuk berubah menjadi rasa tenang yang netral, karena perasaan senang mungkin masih terlalu jauh untuk diraih. Ketenangan adalah goal yang harus kamu raih saat ini. Hal ini bisa kamu dapatkan dengan berbagai cara. Misalnya dengan mendengarkan musik yang jauh lebih menenangkan ketimbang playlist galau kamu sebelumnya. Atau dengan menonton film yang bisa membuatmu berpikir bahwa mengalami putus cinta bukanlah akhir dari hidup yang masih panjang ini. Terkadang ketenangan akan lebih mudah didapatkan dengan kamu sendiri tanpa ditemani siapapun. Kesendirianmu adalah waktu terbaik menemukan rasa tenang yang nggak bisa orang lain berikan.

Kesibukan Adalah Obat Terbaik
Ketika kamu sudah melaksanakan kewajiban untuk menenangkan diri dan hatimu dari kata galau atau apapun namanya, it’s time to let your self busy. Yup, ketika kamu fokus dengan hal-hal lain yang sama sekali nggak berkaitan dengan putus cintamu, it makes you easier to forget everything. Hal positif lain yang bisa kamu dapatkan adalah produktivitas dalam hal yang jauh lebih penting dan bermanfaat bagi hidupmu, misalnya dengan fokus bekerja, belajar atau berkegiatan di berbagai organisasi sosial. Percayalah, kesibukanmu adalah obat terbaik dari putus cinta yang pernah mengusik.

New Place, New Life
Banyak orang yang menilai bahwa broken heart adalah sesuatu yang mudah untuk dilewati dan dihilangkan dari dalam hati. Padahal it’s not as simple as that. Jangan pernah takut dan malu ketika banyak orang yang menilaimu berlebihan, lebay, penuh drama or whatever. Because, they have no idea about what happen to you. Mereka menyepelekan putus cinta karena mereka mungkin belum pernah merasakannya, pasti. Setelah kamu melakukan kesibukan yang kamu sukai, hal yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi after effect of broken heart adalah go to new places and start your new life. Bukan berarti kamu harus pindah kerja atau pindah rumah lho. At least going somewhere new is some kind of remedy. Explore tempat baru yang belum pernah kamu kunjungi pasti akan menyenangkan. Sendirian? Why not? Sekarang ini udah banyak kok backpacker yang pergi traveling sendiri dengan segala kemudahan yang ada. Setelah kamu sempatkan untuk memberikan udara segar untuk dirimu sendiri maka new life pun akan mengikuti. Are you ready to start a new chapter of your life?

Broken heart is somehow worth it, because it gives you precious impressions about love and life. It builds the better you.” - yinsch

You Might Also Like

2 komentar

  1. Thank you very much for sharing information that will be much helpful for making coursework my effective.

    BalasHapus

Like us on Facebook