Kimchi Korea dan Kimchi Jepang, Sama Nggak Sih?

12.09.00

Ketika kamu membuka Google hari ini, akan muncul halaman utama yang menampilkan doodle Kimchi. Apa itu Kimchi?? Kimchi adalah makanan tradisional khas Korea yang terdiri atas sayuran yang difermentasi dan diberi bumbu pedas. Buat para pencinta makanan Korea pasti udah nggak asing lagi dengan makanan yang satu ini.

Terbuat dari sayur yang difermentasi, kimchi menjadi hidangan yang disajikan sebagai menu pendamping. Namun, nggak hanya di Korea aja, kimchi juga ada versi Jepangnya lho! Bahkan ada yang mengatakan Kimchi sebenarnya berasal dari Jepang. Seperti kata Chef Sahasi Hideki, Excetuvie Chef Kintan Buffet, mengatakan bahwa aslinya kimchi adalah berasal dari Jepang. 

Sebagai makanan yang disajikan sebagai ritual persembahan untuk nenek moyang, kimchi merupakan salah satu bukti bahwa pertukaran budaya antara Jepang dan Korea terjadi sangat kental. Hanya saja saat ini memang Kimchi Korea lah yang populer dikenal masyarakat.

Kimchi yang paling banyak dikenal masyarakat adalah kimchi yang terbuat dari sawi putih, lobak, lalu dicampurkan dengan bawang putih, cabe merah, daun bawang, cumi-cumi, atau makanan laut lainnya. Bumbunya adalah jahe, garam, dan gula. Rasanya yang segar dan menyehatkan ini pas banget untuk menjadi makanan pendamping saat kamu sedang makan makanan Korea.

Selain rasanya segar, kimchi ternyata juga dikenal sebagai makanan diet dan dapat mencegah pertumbuhan sel-sel kanker! Menurut majalah Health Magazine, kimchi disebut sebagai salah satu dari lima makanan tersehat di dunia. Bahkan bakteri hidup yang ada di dalam kimchi jauh lebih banyak ketimbang yogurt.

Lalu, bagaimana dengan kimchi Jepang?
Kimchi Jepang biasa dikenal dengan nama kimuchi. Yang membedakan kimchi Jepang dan kimchi Korea adalah bahan-bahan yang digunakan. Menurut Ha Sun-Jung, seorang ahli masakan mengungkapkan bahan-bahan yang digunakan di dalam kimchi Korea dan Kimuchi Jepang berbeda. Di situlah yang bisa membedakan rasa di antara keduanya. Meskipun bahan-bahan yang digunakan seperti kubis Cina, lobak, cabai, dan saus ikan asin sama, tetap akan menghasilkan rasa yang berbeda.

Sayuran Korea tidak memiliki kandungan air yang terlalu banyak, berbeda dengan sayuran Jepang. Cabainya pun tidak sepedas cabai Jepang. Namun di antara semua perbedaan itu, hal yang paling membedakan keduanya adalah saus ikan asin yang digunakan. Dalam pembuatan kimchi Korea, proses fermentasi terjadi dengan menambahkan protein, kalsium, vitamin, dan asam amino. Namun dalam Kimuchi (Kimchi Jepang) tidak terjadi proses fermentasi yang demikian. Jadi, jelas bahwa kimchi dan kimuchi memiliki rasa dan kualitas yang berbeda meski secara tampilan hampir sama.


Itulah perbedaan antara kimchi Korea dan kimchi Jepang (kimuchi). Sebenarnya nggak ada perbedaan yang terlalu jauh di antara keduanya, yang membedakan adalah asal bahannya sehingga menghasilkan proses fermentasi yang berbeda. Jadi, kimchi Korea atau kimchi Jepang nih yang menjadi kesukaanmu, Oneesan? Selamat hari Kimchi! :)

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook