Nasihat Untukmu yang Baru Mulai Mandiri Berkuliah

13.33.00



Saatnya masuk kuliah, tentu akan berbeda rasanya ketika kita masih jadi siswa SMA. Kemandirian dan kedewasaan dalam menjalani hidup akan dimulai di sini. Apalagi untuk kamu yang langsung tinggal berpisah dari orang tua dan keluarga, nge-kost selama berhari-hari bahkan bertahun-tahun bakal menjadi pelajaran hidup yang sangat berharga di masa yang akan datang.

Hidup di awal perkuliahan dan jauh dari orang tua awalnya memang nggak enak untuk kebanyakan orang. Namun yakinlah bahwa semakin mandiri seseorang, ia bisa semakin bahagia lho! So, these are what you should keep in mind!

Stay true to you
Nggak dimana-mana kita memang harus pilih-pilih teman dalam artian teman yang bisa bikin kita nyaman dan mendorong kita menjadi lebih baik. Begitupun halnya di dunia kampus. Di sana kamu akan menemukan teman-teman yang mirip dengan kamu dan berbagi apa yang mereka suka dan nggak sukai. Itu bakal keliatan banget lho, antara teman-teman yang sukanya belajar, yang aktif organisasi, atau juga yang sukanya kelayapan dan bolos kuliah. Nah, berteman dengan siapapun tergantung dengan pilihan kamu sendiri. Namun yang pasti jangan pernah merasa kamu harus mengubah sesuatu dalam diri kamu untuk membuat kamu diterima dalam geng tertentu.

Jangan takut untuk menjajal hal baru
Jangan ngendap di dalam indekost aja, keluarlah dan coba hal-hal baru, bertemu orang baru, dan ikut kegiatan kampus. Kegiatan yang bisa mendukung dan mengasah bakatmu akan membawa kamu pada teman-teman yang sejati. Percaya deh!

Selalu utamakan kelasmu, sekalipun kamu harus melewatkan sesuatu yang menyenangkan
Ingatlah alasan kenapa orang tuamu boleh mengijinkanmu kuliah di sana, tentu akan selalu ada pengorbanan di baliknya kan? Jadi selesaikanlah kuliahmu dengan cepat. Jika kamu harus melewatkan waktu buat pacaran atau jalan bareng dengan teman-temanmu, ya lakukanlah! Nanti akan ada waktu lain untuk keluar kok, karena nilai yang kamu tinggalkan demi teman-temanmu bakal berdampak lebih besar.

Terimalah bahwa hidup itu nggak adil
Ada kaya dan miskin, mayoritas dan minoritas, penguasa dan jelata. Kamu mungkin akan mengalami diskriminasi suatu saat nanti, tapi jangan sampai hal itu menghambat cita-citamu. Kamu bisa kok menjadi apapun yang kamu mau.

Biasakan diri untuk melakukan segala hal sendiri
Mau sampai kapan kamu akan bergantung pada orang lain? Gak perlu menunggu temanmu untuk melakukan hal-hal kecil maupun hal-hal yang menyenangkan. Ketika kamu ingin nonton film di bioskop sementara teman-temanmu sibuk, kamu bisa pergi sendiri kok. Untuk menjadi mandiri sepenuhnya memang butuh waktu. Tapi gak perlu menunda sampai lulus kuliah kan? Kamu bisa memulainya dari sekarang, lakukan aja secara bertahap.

Protect yourself
Percayalah akan selalu ada fake people di dunia ini yang akan membuat kamu hidup menyimpang. Jadi, sebelum kamu mencoba hal-hal yang baru di alam bebas ini lebih baik jaga dirimu baik-baik. Kamu tentu tau mana yang benar dan salah, lakukanlah yang benar meski teman-temanmu bilang kamu ‘cupu’ jika nggak ikut mereka. It’s always better to be over prepared.

Call home
Akan ada saatnya kita yang jauh dari orang tua bakal kangen banget sama keluarga. Mungkin itu rasa kangen pada masakan ibu yang udah digantikan sama masakan ibu-ibu warteg, atau sekedar kangen dengan senyum orang tua kamu saat kamu pamit pergi sekolah dulu. Kalau itu terjadi sama kamu, hubungilah mereka! Kamu nggak perlu menjadi sosok yang ‘sok kuat’ jika terjadi masalah, dan berpikir bahwa menghubungi mereka adalah hal yang bikin mereka repot. It’s a big no! Mereka sebenarnya juga kangen lho sama kamu.

Setiap orang adalah kebanggaan bagi orang tua dan keluarganya. Dan jilid baru yang akan kamu hadapi dengan penuh kemandirian ini akan memberi kamu banyak kesempatan untuk belajar tentang arti kehidupan. Gimana, udah nggak takut lagi dong hidup mandiri? Selamat berjuang ya!

You Might Also Like

1 komentar

Like us on Facebook