Lagi Kepedesan? Coba Cara Ini Biar Bibir dan Perut Kamu Adem!

13.27.00



Orang Indonesia pasti nggak asing dengan makanan pedas. Pasalnya udah sejak dulu, kuliner kita dibumbui dengan berbagai rempah-rempah sehingga membuat masakan kita jadi kaya rasa, termasuk juga rasa pedas. Sampai-sampai makan tanpa sambal atau saos rasanya belum lengkap dan kurang maknyuss. Makanan jadi terasa lebih nikmat dan bikin nafsu makan jadi liar hahaha.. Bahkan ada yang sampai matanya merah, keringetan keluar dari segala lubang, dan bibir berasa menebal kayak abis diserang tawon.  

By the way, kenapa pedas bisa membuat rasa panas di perut? Itu karena cabe dan makanan pedas lainnya mengandung senyawa capsaicinoid yang menyebabkan sensasi terbakar. Capsaicinoid ini berfungsi untuk memberikan perlindungan terhadap predator alami. Ini adalah senyawa yang menyebabkan rasa panas apabila disentuh atau dimakan.

Karena itulah, sebagian orang merasakan efek panas dalam perutnya. Walau nggak terlalu berbahaya, hal ini cukup mengganggu bahkan ada yang sampai bikin kita bolak-balik ke toilet. Biasanya sih, orang bakal langsung nyari air es, atau air panas untuk menetralisir rasa pedasnya. Namun dilansir dari tahupedia, sebenarnya ada beberapa cara lain buat ngademin mulut dan perut yang bisa kamu coba nih!

Es Krim
Es krim adalah salah satu cara terbaik untuk mendinginkan mulut dari rasa pedas. Bukan cara yang buruk kok jika kamu ingin meredakan rasa pedas dengan es krim. Cukup dengan satu sendok es krim aja bisa menghilangkan rasa pedas yang ada di lidah. Anggap aja es krim adalah makanan penutup yang tepat setelah menikmati makanan pedas.

Madu
Madu juga bisa meredakan rasa panas dan perih di lidah yang disebabkan oleh cabai. Karena berasal dari bahan alami dan rasanya manis, madu merupakan penawar yang bagus untuk meredakan panas di lidah. Tapi, karakteristik madu yang kental mungkin nggak bisa menghilangkan efek pedas seluruhnya. Setidaknya, lebih baik daripada benar-benar kepedasan kan?

Air Kelapa
Bisa dikatakan, air kelapa adalah susu dalam versi lebih ringan dengan rasa manis yang sama. Bukan cuma bisa mengembalikan elektrolit tubuh yang hilang akibat beraktivitas, ternyata air kelapa juga bisa digunakan untuk meredakan rasa panas yang disebabkan oleh cabai.

Lemon
Air perasan lemon memang udah terbukti bisa menetralisir rasa pedas dalam perut. Hal ini karena keasaman rasa pedas bisa dinetralisir dengan makanan yang bersifat alkali, yakni lemon salah satunya.

Selai Kacang
Di dalam selai kacang terdapat kandungan lemak. Kandungan lemak inilah yang bisa menjadi obat untuk sedikit mengurangi rasa pedas di lidah. Caranya adalah dengan menelan satu sendok makan selai kacang.

Roti
Kalau biasanya roti dimakan sebagai sarapan pagi, nyatanya roti juga bisa dimakan setelah kamu kepedesan lho! Mengunyah sepotong roti bisa membuat kamu jadi sedikit rileks. Dikatakan bahwa roti bisa menyerap minyak dari capsaicin dalam cabai.

Alkohol
Tau kenapa orang Korea bisa menyantap makanan pedas tapi selow-selow aja? Itu karena setelah mereka memakan makanan pedas seperti Tteokbokki, Buldak, Jjamppong, dsb mereka meminum alcohol.
Ada banyak minuman beralkohol yang bisa kamu coba dalam kadar aman. Misalnya seperti bir dan cocktail. Kandungan alkohol dalam minuman tersebut bisa meredakan rasa terbakar akibat memakan makanan pedas.

Makan Gula
Agak ekstrem sih memang kalo harus makan gula, tapi rasa pedas akan jauh berkurang lebih banyak daripada meminum air putih lho! Faktanya, gula bisa membantu menetralisir sensasi terbakar dari makanan pedas. Caranya cukup dengan 1 sendok gula, kemudian tuangkan ke dalam lidah kalian.

Coklat
Sama seperti selai kacang, coklat juga punya kandungan lemak yang sangat tinggi. Kandungan lemak inilah yang akan membantu kalian untuk menghilangkan capsaicin dari mulut.

Susu
Kebanyakan orang bakal langsung  minum air putih sebanyak-banyaknya untuk menghilangkan rasa pedas. Namun sebenarnya air putih tidaklah menolong. Justru membuat rasa pedas itu menjalar ke bagian tubuh yang lain.

Namun tidak demikian dengan susu. Di dalam susu terkandung protein yang disebut dengan casein. Casein inilah yang akan melawan capsaicin di lidah sehingga rasa pedas di lidah akan hilang. Segala macam makanan yang memiliki kandungan susu di dalamnya juga ampuh untuk meredakan rasa pedas di lidah. Nggak perlu banyak-banyak kok minumnya, cukup minum setengah cangkir susu untuk menetralkan rasa pedas. Setelah itu, duduk dalam posisi tegak selama minimal 30 menit.

Antasida atau antacid
Kalau dengan langkah-langkah di atas masih nggak mempan juga, maka minumlah antacid. Antacid sebenarnya adalah obat magh yang biasa dikonsumsi oleh yang penderita magh. Baca terlebih dahulu petunjuk dan konsumsi dengan dosis yang tepat. Menurut FamilyEducation, meminum antacid adalah cara paling umum untuk mengobati sakit maag yang berhubungan dengan makanan pedas.

Itulah beberapa cara untuk menetralisir rasa pedas yang suka membuat perut melilit. Namun perlu diingat, sebaiknya jangan coba-coba makan makanan yang sangat pedas seperti yang ada di TV dan Youtube ya! Apalagi kalau kamu belum terbiasa makan pedas. Have a great day!

You Might Also Like

1 komentar

Like us on Facebook