Nggak Dibolehin Liburan bareng Teman? Ini Caranya Rayu Ortu Biar Dapat Izin

14.47.00

Buat sebagian orang, dapat izin dari orang tua untuk liburan itu cukup susah. Apalagi kalau dia adalah anak perempuan, dan masih sekolah pula. Liburan bareng teman tentu akan membuat orang tua khawatir. Pasalnya, anak kesayangan mereka akan pergi sendiri tanpa pengawasan langsung dari orang tua. Belum lagi jika kamu perginya bersama dengan teman-teman yang belum berpengalaman juga. Duh! Khawatirnya pasti pake banget.

Namun dengan pendekatan yang benar, kamu bisa kok dapat izin dari mereka. Semoga cara ini bisa membantu kamu!

Bilang dari jauh-jauh hari
Siapa sih orang tua yang suka jika dikasih rencana dadakan? Apalagi kalau ini urusan liburan yang pasti akan membutuhkan dana lebih. Maka dari itu, pastikan kamu kasih tau mereka dari jauh-jauh hari. Meskipun kelak kamu ingin berlibur dengan uang tabunganmu sendiri, kamu tetap wajib memberi tahu mereka dari jauh-jauh hari. Karena permasalahannya tentu nggak cuma berurusan dengan dana, kan?

Ingat lho, bahwa kamu bukan pergi dengan keluarga kamu melainkan bersama teman-teman yang nggak sepenuhnya mengenal kamu. Bagaimana jika ada yang sakit? Bagaimana jika kendaraan yang kalian tumpangi rusak? Bagaimana kalau kalian nyasar? Uuhh... Banyak deh yang dikhawatirkan oleh orang tua. Karena itu, Katakanlah pada mereka jauh-jauh hari, toh jika kamu belum mendapat izin sekarang, kamu masih punya waktu untuk meyakinkan mereka.

Sambil menunggu lampu hijau, matangkan niat dan beranikan diri bahwa kamu mampu liburan sendiri
Sebenarnya hal pertama untuk mulai liburan sama teman-teman itu adalah niat. Sering banget kan ngalamin kayak gini; sekarang berapi-api ngomongin bulan depan bakal ke Jogja, ke Bali, ke Sgp, dan bla bla bla.. Tapi ketika waktunya udah mendekat pada nggak ada kabar. Rencana pun hanya jadi rencana aja tanpa realisasi apapun.

Karena itu, matangkan niat kalian. Jika niat belum matang, jangan sekali-sekali memberanikan diri untuk pergi. Kenapa? Ya kalian tentu akan menemukan banyak kendala dan rintangan even jauh sebelum kamu berangkat liburan. Makanya, matangkan niat untuk mencoba sesuatu hal yang baru dalam hidupmu.

Jelaskan detil liburan dan pastikan segalanya aman
 Hanya asal nyebut tujuan liburan tanpa menjelaskan aneka kegiatannya akan sulit mendapat izin dari orang tua. Karena itu jelaskan pada mereka mulai dari kota pilihan, jenis penginapan, perginya dengan siapa, hingga aneka kegiatan yang rencananya ingin dilakukan selama liburan. Kamu juga harus bisa menjelaskan bahwa liburan yang kamu rencanakan itu aman. Biasanya sih kalau udah tau informasi secara detil, hati orang tua akan sedikit luluh untuk ngasih izin.

Perketat keuangan kamu
Hal paling utama yang perlu kamu perhatikan untuk berpergian tanpa keluarga adalah gimana mengatur keuangan dengan baik. Baik selama perjalanan, di tempat wisata, hingga kembali pulang, kamu pasti akan mengeluarkan uang kan? Entah itu untuk ongkos perjalanan, jajan dan beli oleh-oleh.

Makanya, kamu harus nabung lebih rajin dari biasanya. Buat juga anggaran secara rinci berapa banyak yang akan kamu keluarkan ketika di sana. Sediakan pula uang tak terduga untuk jaga-jaga kalo ada apa-apa selama wisata. Jadi, kamu akan selalu merasa aman dan tenang!

Rayuan maut: rajin bantu orang tua
Memang klise sih, tapi bisa membantu kamu dapetin izin lho! Semakin kamu rajin bantu orang tua kamu, bisa makin bikin mereka percaya bahwa keinginan kamu liburan itu nggak main-main. Di waktu-waktu ini, mereka akan melihat perubahan positif dalam sikap kamu. Izin juga pasti akan lebih mudah mengalir pastinya. Tapi setelah liburan ya jangan jadi anak yang males lagi...

Jangan minta uang terlalu banyak
Karena udah dijelasin di atas, semoga kamu udah paham kenapa kamu harus perketat keuangan kamu sebelum pergi. Pasalnya, kita tidak akan pernah tau apa yang akan terjadi kelak. Bisa aja kan, di hari-hari menjelang keberangkatan orang tua kamu sedang tidak ada uang. Coba aja bayangin, kalau di tengah keadaan mereka yang pas-pasan lalu kamu minta uang jajan untuk liburan. Ya, nggak mungkin dikasih kan?!

Mereka pun sebenarnya ingin sekali-sekali memberi kamu kesempatan untuk bersenang-senang mumpung masih muda. Karena mereka pun pernah muda dan sangat paham kondisi psikologis kamu saat ini. Namun apa kamu tega memaksakan kehendak saat mereka sedang mengalami keterbatasan dana?

Terakhir, jangan pernah berbohong kemana dan dengan siapa kamu akan pergi
Ini nih yang sering jadi masalah anak muda kalo dilarang sama orang tuanya. Mereka akhirnya membuat cerita manis supaya orangtuanya mau mengizinkan anaknya pergi. Entah itu bilangnya acara jalan-jalan dari sekolah, nginep di rumah sahabat, atau untuk bayar SPP, duh macem-macem alesan yang bisa diberikan ke orang tua.

Padahal restu orang tua tuh penting banget lho.. Jangan pernah berbohong atau mengingkari janji dengan orang tua kamu ya! Pastikan kamu mengatakan yang sejujurnya baik sebelum pergi, dalam perjalanan, maupun saat di tempat wisata. Kalau misalnya kali ini kamu bisa dipercaya, nggak nutup kemungkinan acara liburan selanjutnya kamu bakal lebih mudah dapatkan izin dari mereka, ya kan?!


Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengambil hati orang tua sebelum liburan bersama teman-teman. Untuk yang belum pernah pergi tanpa keluarga, pasti akan sulit mendapat izin dari orang tua. Namun, dengan langkah-langkah di atas semoga bisa membantu kamu untuk siap liburan. Mumpung masih muda, kuy lah eksplor berbagai keindahan wisata alam di berbagai daerah! Jangan lupa prepare pakaian terkini biar foto-foto kamu instagramable saat liburan. Cari di www.gatsuone.com ya!

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook