5 Cara Jaga Berat Badan Tanpa Repot Hitung Kalori

14.25.00

Setelah sukses melakukan diet dan mencapai berat badan ideal, semua kerja kerasmu terbayar sudah. Tapi jangan seneng dulu ya, karena godaan untuk nggak mengontrol makanan akan terus ada. Justru di sinilah babak perjuangan yang baru sudah dimulai!!

Mempertahankan itu lebih susah dari pada meraih lho! Apalagi ketika banyak makanan enak tersaji di sekitar kita. Belum lagi setiap jalan-jalan dan kumpul sama teman, ujung-ujungnya pasti makan juga. Kebiasaan ini nggak terjadi sekali dua kali saja, tapi bagaimana caranya agar kita bisa menyiasati berat badan nggak naik lagi? Ini 5 cara yang kamu butuhkan, Oneesan!

Minum air putih
Selalu sediakan satu botol air minum besar di sampingmu, baik saat kerja maupun hang out. Bukan hanya menjaga tubuh dari dehidrasi tapi juga membuat perut kenyang dan mencegah keinginan ngemil atau tergoda ajakan makan. Minum banyak air putih juga jadi cara paling ampuh menjaga berat badan karena air putih tidak memiliki kalori.

Pilih 'treat day' kamu
Nggak setiap hari ada momen penting terjadi. Ya, misalnya aja seperti acara ngumpul sama teman, acara keluarga, dan kondangan ke nikahan mantan. Jadi manfaatkan hari-hari tersebut sebagai cheating day-mu. Ingatlah bahwa kamu hanya bisa makan makanan tinggi kalori di hari itu aja, jadi nggak perlu menjadwalkan treat day atau cheating day di hari tertentu. Nikmati aja momennya!

Lebih banyak ngobrol saat makan
Siapa di sini yang kalo makan maunya cepet-cepet, hayo?? Jangan serius-serius amat lah ketika lagi makan, udah gitu abis makan maunya langsung pulang aja hihihi. Selagi makan sebaiknya ambillah waktu sejenak untuk ngobrol dengan teman-temanmu. Karena hal ini bisa membantu membakar kalori. Penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, mengungkapkan ngobrol saat makan bisa menurunkan nafsu makan.

Perlu kah cemilan yang rendah kalori? Kayaknya enggak deh!
Beberapa orang terfokus membeli makanan diet atau cemilan yang rendah kalori biar tetap bisa nyemil sehat. Padahal boleh dibilang harganya lebih mahal dibanding camilan sebangsanya, iya kan? Meski mengandung kalori yang rendah, dengan memakan atau tidak makanan tersebut kamu masih bisa menjaga berat bedan kok. Tapi ya, kalo suka sih go ahead aja.

Hindari menekan diri sendiri
Setelah menjalani proses diet yang cukup lama pasti kamu ngerti kan gimana rasanya diet? Karena itu, jangan sekali-kali menerapkan diet ekstrem demi mempertahankan bentuk tubuh. Ingatlah bahwa tubuh kita tetap perlu makan dan kalori untuk aktivitas sehari-hari. Lagian susah juga kan nolak godaan coklat dan cake?! Makanya, nggak perlu menekan terlalu keras karena nantinya justru kamu malah terobsesi ingin makan makanan tersebut.


Itulah beberapa cara untuk menjaga berat badan tanpa perlu diet dan repot menghitung kalori. Sayangi dirimu dengan menikmati hari-harimu. Jangan lupa makan dan sertai juga dengan berbagai aktivitas positif. Have a great day! :)

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook