Kecewa Karena Hasil Difotoin Nggak Sebagus Jepretanmu? Ini Cara Ajari Dia Tanpa Bikin Tersinggung

15.43.00

Pernah ngalamin nggak sih pas kamu fotoin temen hasilnya bagus-bagus, tapi pas kamu yang difotoin hasilnya malah ngeblur, pemandangannya nggak kelihatan, kepala kamu terpotong, dan kekonyolan yang lain-lainnya. Hahaha, tenang aja kamu nggak sendirian. Sering kali hasil foto memang nggak sesuai dengan harapan. Maunya feeds instagram jadi kayak selebgram yang ala-ala model gitu, tapi apa daya orang yang mengambil foto kamu bukanlah seorang fotografer andal.

Kalau hal seperti itu terjadi, mungkin kamu harus memberikan pelajaran dasar apa yang harus ia lakukan saat mengambil gambar.


Beri contoh ke dia seperti apa foto yang kamu mau
Kalau misalnya temanmu kurang paham sama apa yang kamu maksud, coba deh kasih dia contoh gambar yang kamu inginkan. Kalau memungkinkan, jangan hanya kasih satu contoh aja. Sesekali saat lagi santai, beritahu dia beberapa akun instagram yang menurut kamu bagus. Semakin sering ia melihat foto-foto bagus di instagram, semakin mudah ia membayangkan menjadi seorang fotografer yang bagus.

Jelaskan dari sudut mana ia harus mengambil gambar
Sudut pandang pengambilan gambar sangatlah penting. Untuk menghasilkan gambar yang bagus, kita harus tahu posisi yang paling ok atau biasa aja. Misalnya dari kecerahan cahaya, komposisi properti dalam frame gambar, dan lain-lainnya. Tapi nggak perlu diukur-ukur sampe se-pro itu kok. Kamu hanya perlu jelaskan pada temanmu dari sudut mana ia harus mengambil gambar.

Pas difoto minta kode yang sama-sama dimengerti
1..2..3.. cekrek
1..2..cekrek
"Jadi cekreknya pas kamu bilang 3 atau setelah kamu bilang 3 sih?"

Kesalahan yang banyak terjadi biasanya karena kalian sama-sama nggak ngasih kode saat ambil foto. Jadi saat belum siap dengan pose, teman kamu udah cekrak-cekrek sebanyak mungkin. Ya, hasilnya jangan ditanya lah ya hehe.. Karena itu, beri tahu dia kapan saatnya ia harus foto kamu. Jangan sampai memori kamu dipenuhi sama berbagai foto blur, muka konyol, dan pose gagal lainnya.

Ajari dulu teknis dasar kameranya
Belum tentu semua orang terbiasa dengan memegang kamera lho, Oneesan. Pakai kamera ponsel sendiri aja kadang masih suka bingung nah ini pakai kamera orang lain. Tidak perlu ajari yang ribet-ribet kok, misalnya cukup ajarkan bagaimana cara mengatur pencahaaan, aperture dan shutter speed. Yang penting ia harus mengerti cara mengoperasikan kamera dengan baik.

Cari spot lain di tempat yang jarang ada pengganggu
Saat berlibur di tempat wisata, pasti kamu akan nemuin banyak orang lalu lalang di sekitar tempat kamu berfoto. Hal ini pastinya bisa membuat konsentrasi kalian jadi buyar dan sulit mengambil angel terbaik. Karena itu ajak ia berfoto di tempat yang jarang dilalui orang-orang ya.

Sabar aja
Kamu harus paham bahwa dunia perfotografian itu nggak mudah dan 5 menit jadi. Ada banyak hal yang perlu dipelajari lebih dalam. Jadi, jangan marah kalau kamu merasa ia masih kurang pas dalam mengambil gambar. Sabar aja ya, namanya juga sama-sama belajar.

Jangan kamu terus yang mau difotoin, gantian lah
Terlalu asyik bergaya ini itu, kadang kamu sampai lupa bahwa temanmu juga ingin menikmati keindahan dan diabadikan dalam foto. Kasian kan, kalau demi kamu yang maunya punya foto bagus akhirnya jadi ngorbanin dia nggak punya foto sendiri hahaha.. Bakal seru kalau kalian bergantian foto, sekalian kamu bisa tunjukkan bagaimana kamu ingin fotomu diambil. Jadinya kan bisa belajar bareng. Ya kan?


Itulah beberapa hal yang bisa kamu terapkan saat ingin mengajari teman kamu untuk berfoto. Sabar aja ya, lama-lama juga dia ahli kok. Selamat mencoba! Oiya, punya foto bagus juga harus didukung sama pakaian yang cocok dan nyaman. Bakal ribet sendiri kan kalo pakai ruffle skirt di tengah hutan misalnya. Karena itu, cari pakaian favorit kamu di Gatsuone.com! Di sana ada banyak pilihan fashion item terkini yang harus kamu coba. Follow juga instagram @gatsuone biar dapet diskonnya, have a great day Oneesan!

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook