Hirup 12 Aroma Ini Ternyata Baik Untuk Kesehatan, Emosi, dan Saraf Kamu lho!

14.54.00


Biasanya setiap orang punya sesuatu yang ampuh buat menghilangkan rasa stresnya. Misalnya, ada yang melakukan meditasi, menonton film, membaca buku, bersih-bersih rumah, dan sebagainya. Tapi ada satu lagi nih yang banyak diterapkan orang-orang untuk mengusir rasa penatnya. Mencium wangi-wangian! Sebab itulah, diciptakan aroma therapy untuk membuat saraf kita jadi rileks. Tapi, tahukah kamu, selain bikin rileks, beberapa aroma ini sangat bermanfaat buat kesehatan, emosi, dan saraf kamu!


Aroma apel hijau untuk menurunkan berat badan
Bukan hanya sehat dikonsumsi aja, tetapi menurut Alan Hirsch seorang peneliti aroma dan rasa di Chicago mengatakan aroma apel juga dapat membantu seseorang berhenti ngemil. Benarkah? Mungkin kedengarannya sulit dipercaya, namun di dalam sebuah studi mereka yang mengalami problem kelebihan berat badan diberikan terapi aroma apel, dan alhasil mereka dapat menekan nafsu makan mereka dan berhasil menurunkan berat badan.

Aroma lavender untuk kamu yang sulit tidur
Kalo aroma ini nyamuk pasti nggak suka, soalnya banyak obat nyamuk yang pakai aroma ini buat ngusir mereka. Tapi kalo buat manusia efeknya beda kok, justru lavender dapat membuat seseorang jadi lebih rileks dan tenang. Efek positif yang ditimbulkan oleh aroma ini membuat otot-otot tubuh kita jadi lebih renggang dan bahu nggak kaku lagi. Karena tubuh sangat nyaman dan rileks, aroma lavender ini bagaikan lagu nina bobo yang akan menghantarkan kita pada tidur yang nyenyak. Idiih mantap! Bermanfaat pula bagi kamu yang suka susah tidur.

Aroma Jeruk yang bisa me-refresh semangat
Rasanya manis, segar, juicy, dan asem-asem gitulah rasanya jeruk. Seperti kesegarannya, aromanya juga membangkitkan semangat tersendiri bagi tubuh. Nggak heran jika sabun, parfum atau wewangian deterjen banyak yang menggunakan aroma dasar buah jeruk, karena memang terbukti aroma jeruk mampu membuat seseorang merasa fresh dan kembali bersemangat.

Aroma saffron untuk mengatasi stres
Saffron atau sering juga disebut dengan nama kuma – kuma merupakan salah satu rempah rempah termahal di dunia dan berasal dari Asia Barat. Rasanya yang khas dan khasiatnya yang sangat baik untuk kesehatan membuat rempah rempah ini banyak di cari. Salah satu manfaat kesehatan yang bisa kita ambil dari rempah satu ini adalah aromanya yang khas bisa mengatasi stres atau sebagainya, karena aroma saffron mampu merilekskan pikiran dan membuat perasaan senang saat menghirupnya.

Aroma Rosemary untuk meningkatkan daya ingat
Ada yang tau rosemary itu sejenis makanan apa? Haha dia bukan makanan kok, rosemary adalah tanaman wewangian yang cukup dikenal dan disukai aromanya. Nggak hanya sekedar manis dan lembut, aroma rosemary ini juga mampu meningkatkan daya ingat otak dan mendorong seseorang belajar suatu hal yang baru. Cocok nih buat kamu yang sebentar lagi mau ngadepin UN, atau pun -ujian hidup- lainnya. :P

Peppermint yang bikin PD kamu meningkat
Aroma peppermint pada umumnya ditambahkan di dalam permen atau inhalers. Aromanya memang segar dan agak menyengat, mengingatkan kita pada obat-obatan kan? Nggak semua dari kita menyukai aroma tersebut, tetapi percayalah bahwa sebuah penelitian pernah membuktikan bahwa aroma peppermint memberikan motivasi, energi, kecepatan dan kepercayaan diri bagi mereka yang menghirupnya.

Kayu manis juga bagus untuk otak
Kayu manis (cinnamon) udah lama dijadikan rempah atau bahan masakan, dan aromanya yang manis dapat menggugah selera. Banyak penelitian yang menemukan bahwa kayu manis tidak hanya sedap, namun juga menyehatkan terlebih untuk otak. Fakta menariknya, hasil sebuah study menyatakan bahwa mencium aroma kayu manis dapat merangsang dan meningkatkan fungsi kognitif dan memori otak. Jadi kalo kamu merasa otakmu sedang buntu, cobalah utk menghirup aroma kayu manis.

Vanilla buat bangkitin lagi mood kamu
Sering ngerasa mood tiba-tiba membaik saat ada yang bikin kue? Itu bukan karena kamu laper kok! Mood kamu bisa membaik dikarenakan ada kandungan vanilla di dalam kue tersebut. Ya, menghirup aroma vanilla bermanfaat buat meningkatkan mood atau suasana hati kamu yang sedang menurun.

Labu bisa menggairahkan pria???
Siapa sangka labu memiliki khasiat untuk meningkatkan gairah seksual pria lho. Bahkan katanya, aroma parfum aroma pie labu yang dikombinasikan dengan lavender bisa membuat pria 40% lebih bergairah. Menurut beberapa penelitian, labu berfungsi sebagai afrosidiak bagi laki laki.

Kopi aromanya menenangkan
Bukan hanya minuman kopi aja yang dapat membuat kamu berenergi. Namun aroma kopi yang kamu hirup pun dapat membuat kamu lebih berenergi serta dapat menyingkirkan rasa lelah.

Aroma coklat untuk membantu diet
Mungkin kamu sering mendengar bahwa coklat hitam baik untuk kesehatan, mulai  dari mencegah penyakit jantung, hingga melindungi kulit. Namun masih ada lagi ni yang unik, aroma coklat ternyata bisa membantu melangsingkan tubuh. Berdasarkan penelitian tahun 2010, ditemukan bahwa mencium aroma coklat bisa menurunkan tingkat ghrelin dalam tubuh. Ketika kadar hormon pemicu lapar itu berkurang, maka nafsu makan pun jadi lenyap.

Kentut juga ada manfaatnya
Jangan tertawa dulu hehe.. Ada penelitian yang menunjukkan bahwa menghirup kentut bau itu bermanfaat baik bagi kesehatan lho. Menurut penelitian tersebut, bau gas metan dapat menurunkan kemungkinan penyakit dan membantu orang hidup lebih lama. Salah satu penyakit tersebut adalah demensia. Ya, tapi tetep aja kalo mau kentut liat-liat tempat dulu ya hehe..

Itulah beberapa aroma alami yang bisa merilekskan pikiran bahkan sangat bermanfaat bagi tubuh saat dihirup. Tapi kalo pakaian yang sangat bermanfaat bagi kamu ya cuma di Gatsuone.com. Di sana ada banyak banget koleksi fashion yang keren-keren. Follow juga Instagram @gatsuone untuk tahu update fashion terbaru! LET’S GO!


You Might Also Like

1 komentar

Like us on Facebook