5 Makanan yang Bisa Kamu Temui saat Tahun Baru (Ganjitsu)

08.26.00

Dalam perayaan tahun baru pastinya terdapat sebuah ciri khas tersendiri bagi setiap negara. Bahkan terkadang ada beberapa yang membuat makanan spesial khusus tahun baru. Kalau di Jepang sendiri, ada makanan khusus nih yang selalu ada ketika pergantian tahun tiba. Meski nggak awal tahun banget, kamu masih bisa mencobanya kok! Karena biasanya mereka masih merayakan tradisi tahun baru ini hingga tujuh hari. Langsung aja simak ya!

Toshikoshi Soba
Banyak pendapat yang menceritakan kenapa akhirnya mie soba menjadi makanan yang selalu ada saat tahun baru. Di antaranya adalah mie soba satu ini merupakan jenis mie yang mudah putus. Sehingga mie soba dipercaya dapat memotong kesialan, kesedihan, maupun bencana dalam tahun yang akan datang.

Uniknya mie soba ini hanya boleh dimakan pada tanggal 31 Desember, sebelum tanggal 1 datang. Hal itu karena malah akan menambah kesialan jika kamu makan mie soba melewati tengah malam. Misalnya kamu makan mie soba ini pada jam 23.55 tapi baru selesai makan jam 00.05 maka kamu akan mendapat kesialan. Begitu juga jika soba yang kamu makan nggak dihabiskan, maka dipercaya rezeki akan berkurang.

Mochi
Makanan yang lucu-lucu ini pastinya nggak boleh ketinggalan dong saat perayaan tahun baru. Salah satu tradisi di Jepang saat menjelang tahun baru adalah tradisi menumbuk mochi (mochitsuki). Dalam acara masak ini, satu orang bertugas menumbuk, sedangkan seorang lagi bertugas membolak-balik beras ketan dengan tangan yang sudah dibasahi air. Mochi terbuat dari ketan yang sudah ditanak kemudian dimasukkan ke dalam lesung dan ditumbuk menggunakan alu. Beras ketan itu harus ditumbuk hingga lengket sampai membentuk gumpalan besar mochi berwarna putih.

Osechi
Osechi adalah makanan tradisional saat tahun baru tiba, dan biasanya dihidangkan selama 3 hari berturut-turut. Makna dari hidangan Osechi adalah mempersembahkan makanan pada agar dewa api tidak murka, dan dijauhkan dari musibah kebakaran. Makanan yang disajikan dalam Osechi pun berbeda tergantung daerah dan masing-masing keluarga. Sejak jaman Meiji, osechi disajikan dengan menggunakan kotak khusus yang khas. Namun ada juga keluarga yang menyajikannya dengan piring besar.

Nanakusa
Nanakusa dihidangkan saat penutupan perayaan tahun baru, yaitu sekitar tanggal 7 Januari dengan tujuan agar perut bisa beristirahat setelah dipenuhi makanan-makanan tahun baru. Di samping itu, orang Jepang percaya bahwa bubur ini juga bisa menjauhkan seseorang dari segala jenis penyakit.

Konbu
Konbu melambangkan yorokobi yang memiliki arti sukacita. Sedangkan untuk ikan garing yang dibuat sushi melambangkan Kazunoko yang berarti jumlah anak. Hal ini melambangkan harapan agar diberkati dengan banyak anak di tahun mendatang. Konbu biasanya digunakan sebagai kaldu sup atau di nabe (hot pot). Rumput laut ini tersedia dalam bentuk yang keras, datar, lembaran hitam yang dipenuhi bubuk putih di permukaannya.


Gimana, pengen nyobain berbagai makanan khas tahun baru Jepang? Kalau kamu ingin berkunjung ke sana, jangan lupa harus tetap terlihat stunning dengan mengenakan pakaian yang kawaii ya! Buka www.gatsuone.com dan kamu bisa temukan berbagai pilihan Japanese essentials outfit terbaik. Have a great day!

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook