Nggak Nyangka, Di Tengah Rasa Kekesalan dan Kekecewaan Justru Tercipta 4 Penemuan Ini!

12.09.00

Nggak mudah untuk menemukan sebuah inovasi baru atau sesuatu yang lebih kreatif dari yang sebelumnya pernah ada. Jaman sekarang apalagi, kita dituntut untuk terus berpikir kreatif biar bisa bertahan hidup dan menghasilkan pundi-pundi penghasilan tambahan. Daripada kerja di kantor terus, ya kan?

Kreativitas dalam menciptakan sesuatu pasti bisa diraih dengan berbagai cara, pertama pasti harus ada percobaan, lalu gagal, lalu mencoba lagi, lalu mungkin aja gagal lagi. Pasti kesal kalau udah mencoba tapi gagal terus. Namun siapa sangka, beberapa orang ini telah membuktikan bahwa cukup dengan ide kreatif dan terus berusaha mereka dapat membuat sesuatu yang simple dan berguna. 4 penemuan ini berawal dari rasa kekesalan, kemarahan, kecewa, dan putus asa. Simak yuk!

George Crum, penemu potato chips
Banyak orang yang meyakini bahwa koki berasal Afrika-Amerika bernama George Crum inilah yang menemukan keripik kentang pertama kalinya. Ia bekerja di sebuah restoran Moon’s Lake House dekat Saratoga Springs di New York.

Kejadiannya berawal dari salah seorang pelanggannya mengeluhkan kalau kentang gorang yang ia pesan terlalu tebal. George Crum akhirnya membuatkan kentang goreng yang lebih tipis, namun pelanggannya tetap nggak merasa puas. Sehingga dengan sedikit kesal ia akhirnya membuat kentang goreng setipis mungkin. Di luar dugaan, pelanggannya puas dengan kentang goreng yang sangat tipis ini, dan akhirnya diberi nama Saratoga Chips. Potato chips ini kemudian terkenal hingga sekarang di seluruh dunia.

Earle Dickson, penemu plester luka
Earle Dickson menemukan cara jitu saat dia merasa lelah harus berkali-kali menempelkan perban pada jari istrinya yang sering terluka saat mengiris makanan. Dia menggunting kain kasa kecil lalu menempelkannya di selotip.

Dengan cara ini kain kasa jadi mudah ditempelkan pada luka kecil. Ternyata ide yang dimunculkan pada sekitar tahun 1920-an itu cukup brilian sampai-sampai perusahaan tempatnya bekerja Johnson & Johnson memproduksinya secara massal dan Earle Dickson sendiri diangkat menjadi wakil presiden Johnson & Johnson.

Ruth Graves Wakefield, penemu chocolate chips
Pada tahun 1983, seorang wanita bernama Ruth Graves Wakefield menciptakan chocolate chip pertama kali di dapur milikinya sendiri. Sehari-harinya ia selalu mengolah sendiri hidangan bagi para tamu pondok penginapannya di kawasan Massachusetts, Amerika Serikat.

Suatu hari Ruth merasa kesal menyadari bahwa stock cokelatnya tidak cukup untuk membuat kue cokelat pesanan tamu, akhirnya Ruth memutuskan untuk mencampurkan potongan cokelat ke atas roti yang kemudian dibakar dengan harapan coklat itu akan mencair, namun potongan coklat itu justru menyatu pada roti yang mengeras. Tapi ternyata resep gagal ini malah sangat diterima dan dinikmati para tamu. Karena kepopulerannya, Nestle akhirnya mengajaknya bekerja sama untuk memasarkan biskuit chocholate chip ini.

Roy Plunkett, penemu panci teflon
Seorang peneliti di sebuah perusahaan kimia terkenal DuPont bernama Roy Plunkett ketika itu sedang mencari bahan yang dapat digunakan untuk menggantikan CFC (chlorofluorocarbons, suatu bahan pendingin yang biasa digunakan di lemari es atau AC mobil, biasa disebut juga dengan freon). Ia memiliki teori jika ia mencampurkan sebuah senyawa bernama TFE dengan hydrochloric acid, ia akan mendapatkan suatu zat pendingin baru yang diinginkan. Oleh karena itu ia mengumpulkan gas TFE dalam jumlah cukup besar yang kemudian ia pampatkan dan dinginkan dalam temperatur rendah di dalam sebuah kaleng logam laboratorium bersama dengan hydrochloric acid agar bereaksi.

Keesokan harinya saat ia ingin mengamati apa yang terjadi, ia menemui bahwa gas TFE yang ia campurkan di dalam kaleng tersebut telah hilang. Dengan kecewa dan marah ia membuka tutup kaleng logam dan menggoyang-goyangkannya dengan keras. Dari tutup kaleng tersebut berjatuhan serpihan-serpihan kecil berwarna putih dan licin. Serpihan-serpihan putih ini selanjutnya ia berikan kepada peneliti lain di Dupont untuk diteliti lebih jauh, yang di kemudian hari ternyata menjadi bahan dasar pembuatan panci anti lengket (panci teflon).

Wah nggak nyangka ya, yang awalnya coba-coba dan gagal terus bikin kesel malah menjadi sebuah penemuan yang berguna sampai saat ini. Makanya, jangan keburu menyerah sebelum kamu berhasil. Karena jalan kesuksesan sebenernya udah ada di depan mata. BTW BTW kalau GatsuOne nggak pernah coba-coba ngasih kepastian untuk kamu ni Oneesan. Klik www.gatsuone.com sekarang dan temukan berbagai pilihan produk fashion terbaik esensi Jepang. Follow juga instagram @gatsuone biar nggak ketinggalan informasi menarik lainnya. Have a great day!


You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook