Ini lho Makna di Balik Warna-warni Natal!

14.41.00

Natal telah tiba! Lagu Natal udah terdengar di mana-mana. Segala pernak-pernik Natal pun sudah dipersiapkan. Suasana natal begitu kental terasa. Dekorasi Natal banyak terlihat seperti di gereja ataupun pusat-pusat perbelanjaan. Biasanya, pernak-pernik yang berbau Natal akan didominasi oleh warna merah dan hijau. Pernah nggak sih kamu bertanya makna apa di balik warna-warna tersebut? Oiya, selain merah dan hijau ada juga warna dominan lain yang memiliki makna mendalam tentang Natal. Apa aja ya? Simak yuk!

Merah
Bisa dibilang warna ini cukup dominan dalam memeriahkan suasana Natal. Warna merah sering deh dipakai sebagai kostum Sinterklas. Warna merah yang mencolok ini mampu memberikan kesan ramai nan hangat di setiap perayaan.

Namun di balik ramainya warna merah, tersimpan makna mendalam di baliknya. Yakni warna merah yang melambangkan darah Yesus ketika Ia disalibkan. Merah juga melambangkan ajaran tentang cinta. Cinta yang tanpa syarat. Menurut ajaran Kristiani, cinta yang tanpa syarat adalah cinta dari Tuhan yang rela mengirimkan putra-Nya yang tunggal yaitu Yesus untuk menebus dosa manusia. Warna merah juga bisa memiliki arti yang luas. Contohnya saja dalam sebuah hubungan, warna merah berarti integritas dan kepercayaan. Warna merah juga merupakan salah satu warna yang cerah. Ya, merah adalah warna cerah yang berarti sukacita. Di mana cinta yang tanpa syarat ada, maka orang akan merasakan sukacita.

Hijau
Warna merah selalu ditemenin sama warna hijau. Nggak kalah hebohnya dengan warna merah, hijau juga menjadi ornamen yang selalu ada dalam setiap perayaan Natal. Banyak orang menganggap warna hijau diambil dari warna pohon cemara yang selalu hijau di setiap musim. Mau musim panas hingga musim dingin sekalipun, warna daun pohon cemara akan selalu hijau.

Lebih dari itu, umat Nasrani meyakini bahwa warna hijau menandakan Yesus yang hidup kekal. Natal adalah saat memperingati hari kelahiran Yesus. Dikisahkan dalam Kitab Suci, Yesus lahir dalam keadaan yang serba miskin. Ibu Yesus, Maria, harus menyelamatkan anaknya dari Raja Herodes. Lalu Maria dan Yusuf, pergi ke Nazaret supaya anak yang akan dilahirkan tidak dibunuh. Setelah mengalami semua kesulitan, Yesus masih bisa bertahan.

Meskipun pada hari Paskah, Yesus memilih disalib untuk menyelamatkan manusia, Ia terus ada di hati setiap orang Nasrani. Pohon Natal yang berwarna hijau merupakan lambang keabadian dengan daun cemara yang seakan runcing dan menunjuk ke langit.

Emas dan Perak
Meskipun warna merah dan hijau udah kayak pasangan dalam Natal, ada satu lagi pasangan warna yang bisa menyemarakkan suasana Natal, yaitu emas dan perak. Kesan gemerlap dari warna emas dan perak sangat berhasil menambahkan kesan elegan dalam kesyahduan dan keceriaan Natal. Gemerlap dari warna emas dan perak adalah bintang-bintang yang turun ke bumi dan ikut menyinari sekaligus menghangatkan perayaan kelahiran Yesus Kristus.

Putih
Bukan cuma warna yang ngejreng-ngejreng aja kok yang ada dalam suasana Natal. Warna putih juga diidentikkan dengan Natal. Meskipun warna putih memiliki arti suci di berbagai aspek kehidupan, tapi warna putih dalam Natal juga identik dengan salju yang selalu turun menyelimuti Natal karena hari raya tersebut jatuh saat musim dingin. Walaupun negara tropis seperti kita tidak ikut merasakan euforia salju Natal, setidaknya pemberian warna putih pada perlengkapan Natal seakan-akan membawa kita ke musim salju dan dengan semangat menyambut Natal.

Biru
Warna biru melambangkan warna langit yang cerah. Warna ini juga merupakan warna dari 'Virgin Mother Mary’. Karena itu pasti kamu sering melihat lukisan Bunda Maria dengan busana warna biru, hal ini menunjukkan bahwa ia merupakan sosok yang sangat penting.

Biru juga dianggap sebagai warna suci dan salah satu warna yang paling berharga dalam perayaan Natal. Bahkan pada abad pertengahan warna biru dan cat lebih mahal dari emas. Jadi ketika itu warna biru hanya dikenakan oleh keluarga kerajaan dan orang-orang yang sangat kaya.

Itulah penjelasan singkat tentang makna warna yang terkandung dalam suasana Natal, Oneesan. Sudahkah kamu mempersiapkannya? Di GatsuOne ada berbagai macam koleksi fashion Natal yang bisa kamu miliki lho! Dapatkan juga diskon spesial di GatsuOne Christmas Sale! Cek sekarang ya.. Have a great day!


You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook