Kapan Nikah? Yuk Persiapkan dengan Budget dan Konsep Hemat ini!

13.29.00



Musim nikah dimana-mana. Setiap weekend rasa-rasanya ada aja undangan pernikahan yang harus didatangi karena masih ada perasaan nggak dengan teman lama, sahabat, saudara, bahkan mantan. Lalu kapan saatnya gantian mereka yang kondangin kamu? Huuhuu..

Untuk menikah tentu bukan cuma calon pasangan aja yang harus dipersiapkan, ada beberapa hal lain yang sangat penting sebagai prosesi “sah” nya cinta kalian di mata agama dan negara. Yap, apalagi kalo bukan acara resepsi! Sekali seumur hidup gitu loh ya, pasti semua orang menginginkan acara yang terbaik. Bahkan kalau bisa, acara dibuat semegah dan semewah mungkin sampai tamu se-kelurahan diundang semua. Tapi pertanyaannya, apakah persiapan finansialmu udah matang untuk menggelar resepsi pernikahan yang kamu dambakan bersama pasangan?

Oneesan, perlu diingat bahwa menikah itu nggak harus mengedepankan gengsi dengan menghabiskan biaya mahal kok. Apalagi teruntuk kamu yang tidak ingin bergantung pada orang tua, menikah dengan biaya sendiri tentu menjadi tantangan yang hmm.. cukup berat untuk dilakukan. Bisa-bisa kamu harus mempersiapkannya dari 2-4 tahun sebelumnya. Atau bisa jadi setelah kamu menggelar pesta pernikahan yang mewah, selanjutnya kamu dililit banyak hutang. OMG jangan sampai ya!

Jadi, coba pertimbangkan lagi 5 hal ini supaya pesta pernikahanmu tetap bergengsi dengan budget yang hemat!

Jadikan pestamu sebagai acara pernikahan privat nan sakral dan romantis
Pernikahan yang bergengsi bukan hanya soal banyaknya tamu undangan, mewahnya makanan, atau di gedung apa kamu menggelar acara tersebut. Namun bagaimana setiap tamu yang kamu undang dapat menikmati dengan sangat nyaman akan acara yang kamu adakan. Dan inilah salah satu cara yang paling mempengaruhi budget untuk menikah, yakni batasi jumlah tamu undangan.

Jumlah tamu yang diundang nantinya akan menjadi patokan berapa banyak jumlah konsumsi yang akan kamu sediakan. And you know, biaya konsumsi adalah biaya yang paling bengkak di antara semua biaya. Coba kita asumsikan setiap tamu undangan membutuhkan biaya makanan 50K per kepala, kalau kamu mengundang hingga 500 orang, maka biaya yang harus kamu keluarkan sebesar 25 juta. Nah lo, siap nggak siap kamu harus banget mengeluarkan dana sebanyak itu?

Jadi jika ingin berhemat, maka prioritaskanlah undangan untuk keluarga dekat saja serta teman-teman yang paling dekat. Karena semakin sedikit tamu yang kamu undang, maka akan semakin sedikit juga biaya yang akan kamu keluarkan. Selain memperkecil biaya, acara yang privat bersama dengan keluarga dan kerabat dekat akan menjadi momen sakral yang khidmat dan membuat haru bagi semua yang hadir.

Manfaatkan tempat-tempat ini sebagai venue pernikahan
Sewa gedung tentu menjadi biaya yang cukup membuat pos kamu membengkak. Tapi tenang aja, kamu bisa kok memanfaatkan aula serbaguna, aula kantor pemerintahan, gereja, masjid, atau halaman rumah sebagai lokasi resepsi pernikahan. Kalau kamu memiliki halaman rumah yang cukup luas untuk dijadikan lokasi pernikahan, maka manfaatkanlah itu. Tapi jika kamu memang harus menyewa gedung, maka sewalah aula serbaguna, seperti aula kantor pemerintahan, gereja ataupun masjid. Dijamin harganya akan lebih murah karena bisa ditawar dan kamu hanya perlu memikirkan dekorasinya.

Band pengiring juga penting lho, kenapa nggak percayakan aja pada teman-temanmu?
Salah satu faktor terpenting dalam sebuah acara pernikahan adalah pengisi lagu-lagu hits pernikahan yang didendangkan selama acara berlangsung. Dari organ tunggal, orkes dangdut, hingga home band yang berkelas semuanya tergantung dari pilihan dan budget yang kamu sediakan. Untuk menekan biaya, tentu kamu harus memilih band yang masuk dengan budget-mu. Nah, kenapa nggak coba dekati teman atau kenalan yang pandai nge-band? Selain gampang loby-nya, kamu juga nggak akan segan untuk request ini dan itu. Kan temen... Hehe

Fotografer yang andal nggak harus mahal, cari fotografer dengan manfaatkan media sosial
Di jaman canggih ini, kamu nggak perlu pusing dan ribet mencari fotografer dengan pengalaman segudang untuk menjepret setiap detail acara pernikahanmu. Jika kamu ingin mencari fotografer freelance yang ok, kamu bisa mencarinya lewat media sosial seperti instagram. Dari sana, kamu bisa melihat portofolio hasil kerja dan karyanya. Namun sebaiknya pastikan domisili si fotografer dekat dengan wilayah kamu tinggal. Supaya nggak mahal di ongkos juga kan kalo ketemuan, hehehe. Untuk sekedar kepo soal harga, kamu dapat bertukar informasi via DM. Tentunya kamu bisa jadi lebih leluasa bertanya. Kalau harganya belum cocok yasudah, cari yang lain.

Suvenir yang cantik untuk tamu undangan
Setiap pasangan tentu menginginkan suvenir yang disuguhkan akan berkesan bagi para tamunya. Namun biaya suvenir yang lumayan besar untuk dikeluarkan biasanya malah membuat kita putus asa mencari barang yang bagus. Karena itu, sebelum membelanjakan tabungan untuk membeli suvenir, ada baiknya untuk survei harga dan kualitas barangnya. Jangan asal murah tapi nantinya suvenir hanya dibuang begitu aja oleh si penerimanya. Pokoknya jangan lelah untuk hunting!

Selain 5 hal di atas tentu masih banyak yang harus dipersiapkan, misalnya seperti gaun pengantin, katering, undangan, dan lain sebagainya. Namun percayalah semakin kalian giat mencari dan melakukannya sendiri, maka akan semakin spesial pula acara pernikahan yang kamu dambakan. Ingatlah bahwa pernikahan pada prinsipnya adalah untuk menyatukan dua orang yang berkomitmen untuk hidup bersama. Daripada tabunganmu dihabiskan untuk membuat perayaan yang mewah-mewah, akan lebih bermanfaat jika kamu gunakan untuk modal hidup bersama dengan keluarga yang baru. Selamat berbahagia ya!

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook