5 Kunci Hidangan Jepang yang Bikin Langsing, Wajib Dicoba!

13.32.00


Berbicara tentang kuliner memang nggak ada habisnya. Begitu pun halnya dengan kuliner Jepang. Meski terkenal mahal dan didominasi oleh makanan mentah, masakan Jepang termasuk ke dalam urutan teratas dalam menyajikan masakan tersehat di dunia.

Kebiasaan makan di Jepang memang dipuji atas nutirisi dan kesederhanaanya. Bahkan kedekatan mereka dengan alam membawa pengaruh positif terhadap masakannya. Hal ini bisa dilihat dari bobot tubuh mereka yang langsing-langsing dan jauh dari kata gemuk. Lalu, apa aja sih rahasia masakan Jepang yang bisa bikin mereka tetap langsing?

Makanan yang serba dikukus
Orang Jepang sangat peduli pada jumlah kalori makanan yang mereka makan. Bahkan saking pedulinya, mereka sampai punya sendok ukur untuk menimbang jumlah kalori makanannya. Sehingga mereka lebih suka merebus atau mengukus daripada menggoreng setiap masakan.

Sebab jika dikukus masakan jadi lebih sehat dan nggak menyumbangkan lemak berlebih pada tubuh. Belum lagi, sayuran yang dikukus dapat mempertahankan kandungan flavanol (konsentrat alami dari tumbuhan yang dapat berfungsi sebagai antioksidan) dan vitamin. Kalaupun digoreng, mereka hanya menggunakan sedikit minyak untuk memasaknya.

Masaknya cuma butuh waktu sebentar aja, nggak perlu lama-lama
Makanan di berbagai negara umumnya diproses dengan waktu yang lama, baik direbus, digoreng, dibakar, atau ditumis. Namun uniknya, orang Jepang mengolah makanan dalam waktu singkat supaya gizi yang terdapat di dalam bahan masakan nggak hilang. Selain itu, radikal bebas yang terbentuk dari proses masak juga dapat terminimalisir. Hal ini membuat kualitas makanan terjaga dengan baik. Bahkan orang Jepang sangat menyukai makan makanan mentah, terutama ikan yang baunya amis.

Dessert nggak perlu yang manis-manis, yang penting sehat
Faktanya, orang Amerika rata-rata mengonsumsi 100 gram gula per hari. Hal ini sebenarnya nggak jauh berbeda sama kebiasaan orang Indonesia sih, hehe.. Namun kebalikan dari kita, orang Jepang malah jarang sekali mengkonsumsi makanan manis atau makanan penutup. Mereka hanya mengonsumsi 48,8 gram gula per hari. Dan sebagai gantinya, mereka memilih pencuci mulut yang tepat seperti buah-buahan atau teh hijau (ocha) sehingga dapat terhindar dari penyakit diabetes dan obesitas.

Rajin makan rumput laut (nori)
Rumput laut sangat terkenal sebagai salah satu komoditas makanan paling populer di Jepang. Bahkan kamu bisa menemukan nori dalam setiap makanan khas Jepang. Justru rasanya bakal aneh apabila di meja makan nggak ada rumput laut.
Nah, alasan kenapa rumput laut ini baik untuk tubuh adalah karena makanan ini memiliki zat antioksidan tinggi di dalamnya sehingga mampu mengurangi penyerapan lemak dalam tubuh. Bahkan nori bisa meningkatkan pengolahan lemak dalam tubuh sampai 4 kali lipat lho! Gimana bisa gemuk coba?

Tidak malu bawa bekal makanan (Bento)
Inilah salah satu hal penting tapi nggak banyak diperhatikan sama kita, yakni membawa bekal ke sekolah. Pasti sering lihat di anime atau dorama-dorama berlatar sekolah kan, mereka selalu bawa bento ke sekolah. Meski bento yang mereka bawa bukan dimasak dari rumah, lunch box yang dijual di supermarket dan minimarket (kombini) lebih sehat dan homemade jika dibandingkan dengan makanan fast food Amerika.

Selain lebih sehat, hal ini juga penting soalnya bisa membatasi kamu dari jajan-jajan nggak penting di sekolah ataupun di tempat kerja, hehe.. Tetap menjaga kelestarian makanan rumahan yang klasik, simple, bergizi seimbang, dan menyehatkan adalah yang paling utama!

Itulah 5 kebiasaan baik orang Jepang yang bisa bikin mereka tetap langsing dan sehat. Kayaknya nggak susah deh untuk dipraktekan, iya kan? Yuk mulai hidup sehat dari sekarang.


Suka dengan fashion Jepang? Klik www.gatsuone.com dan miliki kebutuhan koleksi fashion kamu sekarang! Ada banyak promo menantimu, belanja sekarang!

You Might Also Like

1 komentar

Like us on Facebook