Mana yang Sering Kamu Gunakan, Make Up Remover atau Face Cleanser?

14.31.00


Namanya produk perawatan kecantikan itu nggak pernah ada habisnya, selalu ada yang baru dan makin banyak aja jenisnya. Begitu pula dengan make up remover dan cleanser yang sama-sama membersihkan wajah namun memiliki fungsi yang berbeda. Sesuai namanya, make up remover itu untuk mengangkat riasan di wajah termasuk lip tint dan maskara, sementara cleanser adalah pembersih wajah dari kotoran dan minyak. Sayangnya kebanyakan cewek masih suka salah membedakan make up remover dengan cleanser.

Karena itu, mimin mau kasih tau beberapa item pembersih muka yang cocok untukmu, supaya nggak salah lagi membedakan cleanser dan make up remover. Lanjut disimak ya!

Cleansing Balm
Seperti namanya, cleansing balm adalah produk pembersih wajah yang bentuknya padat empuk seperti balsam. Pada beberapa merek disertakan spatula di dalam kemasan untuk pemakaiannya. Laiknya balsam, teksturnya akan meleleh ketika mendarat di kulit kita dan sangat cocok digunakan sebagai pembersih make up dan first cleanser.  

Cleansing balm dapat mengangkat riasan hingga benar-benar bersih bahkan maskara dan eyeliner waterproof sekalipun. Bahannya pun mudah dibilas dengan air. Bagusnya, make up remover ini memiliki sifat moisturizing sehingga cocok untuk kulit kering karena dapat menjaga kelembaban kulit. Namun, bagi pemilik kulit yang pori-porinya rentan tersumbat sebaiknya hati-hati karena cleansing balm kadang mengandung bahan-bahan yang menyumbat pori.

Milk Cleanser
Teksturnya cairan kental seperti susu, tapi nggak bisa diminum... Susu pembersih ini dapat digunakan untuk membersihkan make up, namun kurang mengangkat karena cenderung licin di kulit. Cleanser jenis ini lembut untuk  membersihkan area mata namun kurang powerfull untuk make up dekoratif yang tahan air.

Sedikit tips nih untuk Oneesan yang mau pakai milk cleanser, sebaiknya jangan menggunakan kapas. Kenapa?? Karena dengan mengusapkan kapas justru akan menekan kotoran yang larut dalam milk cleanser kembali ke pori-pori. Yang benar adalah membilas si susu pembersih menggunakan face toner.

Cleansing Gel
Kalau produk yang satu ini akan cocok untuk kamu yang memiliki kulit berminyak, kulit kombinasi dan kulit sensitif. Karena jenis kulit ini butuh penyeimbang untuk mengurangi kadar minyak yang diproduksi dari kulit. Karakternya yang ringan namun kenyal akan terasa lembut di kulit. Biasanya cleansing gel juga memiliki efek soothing yang menyejukkan. Namun sayangnya, cleansing gel kurang bisa diandalkan untuk menghapus make up yang tahan air. Selain itu harus dibilas dengan air lagi setelah menggunakannya.

Cleansing Oil
Salah satu make up remover yang paling powerfull adalah yang berbentuk minyak. Cleansing oil sanggup meluruhkan seluruh make up di kulit dengan efektif dan efisien. Cukup dua hingga tiga tetes cleansing oil dapat membersihkan seluruh wajah termasuk maskara dan eyeliner yang tahan gosok. Cleansing oil, meskipun bentuknya minyak cocok digunakan semua jenis kulit. Namun tetap perhatikan ingredients list-nya karena biasanya ada juga yang mengandung mineral oil dan paraffinum liquidum yang rentan menyumbat pori. Minusnya lagi, cleansing oil cenderung kurang nyaman untuk membersihkan area mata dan perlu perhatian ekstra untuk wajah berminyak. Untuk kulit wajah berminyak, disarankan untuk memilih cleansing oil dengan kandungan botanical amino acids yang secara efektif menghilangkan minyak berlebih pada wajah tanpa membuat wajah iritasi.

Oil-Water
Berbeda dengan milk cleanser yang merupakan emulsi minyak dan air, make up remover jenis oil-water yang ini bukan emulsi. Pasti kamu sering menemukan cleanser yang bentuknya seperti ini; dalam satu botol terdapat dua lapisan air, minyak di bagian atas dan air di bagian bawahnya. Lalu sebelum digunakan harus dikocok-kocok dulu. Ya itulah dia si oil-water! Make up remover jenis ini relatif lebih nyaman digunakan untuk membersihkan area mata dan bibir dan bisa mengangkat make up waterproof. Namun sayangnya sangat boros karena harus meneteskan beberapa kali ke kapas untuk membersihkan wajah.

Micellar Water
Tak seperti produk-produk pembersih wajah lain yang mengandung sabun serta alkohol untuk membantu mengangkat kotoran atau make up, micellar water kaya akan micelles. Micelles itu adalah molekul-molekul minyak berukuran sangat kecil seperti butiran mikro yang tersimpan dalam air yang lembut. Molekul-molekul minyak ini mampu mengikat serta mengangkat berbagai kotoran, debu, kuman, dan minyak kotor yang menempel pada wajah. Bahkan kamu nggak perlu membilas lagi dengan air atau sabun wajah.

Meski micellar water paling aman, namun micellar water nggak efisien. Karena untuk membersihkan riasan harian aja mungkin kamu membutuhkan lebih dari 3 kapas.

Cleansing Wipes
Cleansing wipes dari bentuknya mirip dengan tisue basah pada umumnya, namun tentu saja ini diperuntukkan khusus untuk wajah. Make up remover berbentuk tisu banyak kini banyak beredar karena sangat praktis. Nah cocok banget nih buat kamu yang hobi traveling dan nggak mau repot bawa-bawa make up remover. Namun cleansing wipes hanya dapat mengangkat make up yang ringan di wajah.

Itulah tujuh jenis pembersih wajah yang banyak beredar di pasaran. Hayo ngaku kamu lebih sering pakai yang mana? Merawat wajah itu perlu banget, sama pentingnya dengan menjaga aset di masa mendatang. Karena itu jangan lupa untuk selalu membersihkan wajah setiap hari, agar kulit wajahmu nggak kusam.

Tips cantik udah, saatnya hunting kebutuhan fashion kamu yuk! Kunjungi www.gatsuone.com dan temukan berbagai koleksi fashion terkini pilihanmu. Jangan lupa follow juga instagram @gatsuone biar nggak ketinggalan info dan promo menarik setiap harinya. Have a great day!

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook