5 Istilah Slang Bahasa Jepang yang Harus Kamu Tau di Tahun 2017!

13.25.00


Selalu ada-ada aja deh bahasa yang muncul dan berkembang di internet. Bahkan kadang kita nggak ngerti apa maksud dari istilah-istilah seperti “ikr”, “lmao”, “sfs” dan lain sebagainya. Ternyata di Jepang juga mengalami fenomena kayak gini lho. Kalau kamu menemukan beberapa tweet dan postingan Instagram orang Jepang, sering muncul beberapa istilah yang mungkin belum pernah kamu lihat sebelumnya. Parahnya istilah-istilah itu nggak bisa dicari dalam kamus. Kok gitu? Kenapa? Karena istilah tersebut adalah bahasa slang.

Bahasa slang merupakan bahasa yang muncul karena fenomenal tertentu, sifatnya cuma sementara aja dan biasanya yang memakai istilah ini hanya anak muda aja. Nah, biar nggak ketinggalan infonya, berikut ini 5 istilah yang lagi banyak digunakan oleh masyarakat Jepang seperti dilansir dari Tokyo Girls Update.

Love-Ritsu (らぶりつ) 
Cara paling mudah untuk mendapat banyak engagement di Twitter dan Instagram, kebanyakan orang akan menggunakan kata “like”, “retweet”, atau “comment”. Nah, istilah “love-ritsu” yang dipakai oleh orang Jepang juga mempunyai arti yang sama. Dalam bahasa Jepang “love-ritsu” mengandung arti like+retweet. Istilah ini digunakan saat ingin mendapatkan banyak like dan retweet pada postingan mereka. Kamu bisa memakai istilah ini dalam hashtag, misalnya #Love Ritsu kudasai atau #らぶりつください (#Please like and retweet).

Kusa (草)

Saat tertawa, kita lebih sering menggunakan kata “haha”, “lol” atau juga cuma pakai emoji. Tapi untuk orang Jepang, mereka terbiasa mengekspresikan emosi tertawa itu cuma dengan satu huruf kanji aja, “草”. “草”(Kusa) kalau diartikan dalam bahasa Indonesia berarti “rumput”. Kayaknya nggak nyambung antara tertawa dengan rumput, tapi saat kamu menggunakan istilah kusa dalam slang internet artinya akan jauh berbeda.

Di Jepang, ekspresi tertawa disimbolkan dengan huruf “w” yang sama artinya dengan “lol”. Kalau sesuatu dianggap lucu banget, mereka akan menggunakan “wwwww”. Deretan huruf “w” yang banyak itu dianggap mirip seperti rumput. Karena kemiripan itu, mereka jadi cukup mengatakan “kusa” untuk mengekspresikan tertawa. Nggak cuma itu aja, kalau mereka tertawa sampai terpingkal-pingkal mereka akan menggunakan istilah “Kusa Haeru”(草生える)” yang berarti rumput sedang bertumbuh.


#Kakusan Kibou (#拡散希望)

Kakusan Kibou dalam bahasa Inggris berarti “please share or retweet”. Jadi ketika postingan mereka berisi tentang berita dan informasi penting, hashtag “kakusan kibou” akan digunakan sebagai permohonan untuk disebarluaskan.

Kusoripu (クソリプ)

Istilah ini mengandung arti “jawaban bodoh”. Kata ini digunakan untuk menjawab sebuah postingan seseorang yang konten captionnya nggak relevan dengan gambar, atau nggak penting banget untuk diposting. Misalnya ada orang yang ngetuit “Kamu mau melamar kerja? | iya | bisa B.Inggris? | ga | skill? | Ga | lalu bisanya apa? | Aku bisa sayang kamu sepenuh hati |” eeaahh =,=

Nggak penting banget kan? Nah buat mengomentari postingan yang seperti itu, kamu bisa menggunakan kata “kusoripu” sebagai ungkapan “nggak jelas”

#Tag Yarimasu (#タグやります)

Secara harafiah, “tag Yarimasu” berarti “aku Yarimasu” yang mengandung makna suka, mendukung, dan mirip seperti Yarimasu. Cara ini mungkin udah biasa digunakan oneesan untuk menunjukkan dukungan pada seorang yang terkenal atau ikut-ikutan hashtag yang lagi happening. Hal ini bertujuan untuk terkoneksi dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan sama dengan kita.

Misalnya kamu ingin menunjukkan kalau kamu suka dengan produk GatsuOne, kamu bisa menunjukkan dukungan dan kecintaan kamu dengan hashtag #iamgatsuone. Cukup posting foto OOTD kamu dengan produk GatsuOne, lalu tag @gatsuone dan pakai hashtag #iamgatsuone. Siapa tau foto kamu bakal direpost sama instagram @gatsuone ^.^


Itulah 5 istilah slang yang sekarang lagi banyak digunakan anak muda di Jepang. Sekarang kamu nggak perlu keluarin kamus lagi untuk memakai istilah-istilah tersebut, hihi. Mata Ne!

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook