Serupa tapi Tak Sama, Sashimi Khas Jepang Juga Ada Di Ternate lho!

13.31.00


Udah bukan rahasia lagi kalau makanan asli Jepang itu banyak yang mirip dengan makanan khas Indonesia. Istilahnya serupa tapi tak sama. Nggak percaya?? Misalnya ramen dengan mie ayam, gyoza dengan pangsit, dorayaki dengan apem, dan berbagai makanan lainnya. Tapi kalo yang mirip dengan sashimi, apakah kamu pernah menemukannya di Indonesia?


Sashimi sendiri adalah makanan khas Jepang yang terbuat dari daging mentah. Umumnya mereka menggunakan ikan laut dan beberapa penyedap seperti kecap asin, parutan jahe, dan wasabi sebagai pelengkap. Rasanya tentu sangat khas. Bahkan mungkin kamu akan berpikir dua kali untuk mencicipinya, karena dari wujud sashimi masih benar-benar ikan mentah yang diiris-iris.

Nah, itulah sepenggal kisah dari sashimi yang berasal dari Jepang. Tapi kisah ini belum kelar loh hehe, di Indonesia sendiri ada satu makanan khas yang serupa dengan sashimi. Salah satunya ada di daerah Maluku Utara, khususnya Ternate.

Nama makanan adalah gohu ikan. Penyebutannya harus lengkap ya Oneesan! Karena kalau disebut gohu aja, maka akan bermakna rujak pepaya muda. Gohu ikan merupakan makanan yang terbuat dari ikan tuna atau cakalang segar (mentah) yang dipotong dadu kemudian ditambah dengan bumbu rempah-rempah khas Maluku.


Berbahan dasar ikan Tuna atau Cakalang mentah, Gohu Ikan juga sering disebut Sashimi Ternate oleh beberapa orang. Cara membuat makanan ini pun sangat sederhana dan mudah untuk dilakukan. Biasanya Ikan Tuna atau Cakalang dipotong menyerupai dadu, dicuci kemudian dilumuri dengan garam dan perasan lemon. Setelah itu, daun kemangi dicampurkan dan adonan ini pun didiamkam selama beberapa saat. Sembari menunggu bumbu untuk meresap, kita dapat menyiapkan rajangan bawang merah dan cabe rawit yang ditumis dengan sedikit minyak kelapa. Setelah aromanya muncul, maka tumisan minyak ini dapat langsung disiram ke dalam adonan ikan yang sudah didiamkan beberapa saat, kemudian Gohu Ikan pun siap untuk disajikan.

Untuk rasanya, Gohu ikan memiliki cita rasa yang unik. Bahkan jauh dari rasa asin, makanan ini justru berasa asam segar, gurih dan sedikit manis bercampur dengan kenyalnya daging ikan segar. Biar makin lengkap, gohu ikan biasanya disertai dengan nasi atau bubur sagu.
Gimana, berani coba?


Suka dengan gaya kawaii? Dapatkan style favorit kamu di GatsuOne yuk! Ada berbagai koleksi fashion Jepang terkini yang kawaii banget untuk kamu coba. Klik www.gatsuone.com sekarang dan follow instagram @gatsuone untuk dapatkan diskon 10%. Have a great day Oneesan!

Sumber: infobudaya.net

You Might Also Like

1 komentar

Like us on Facebook