Begini lho Cara Menggunakan Sunscreen yang Tepat

10.35.00


Bentar lagi liburan (yeay) saatnya piilh destinasi wisata ke pantai, tempat rekreasi, atau ke gunung untuk me-refresh pikiran dan tubuh. Tapi, masalah kulit kering dan gosong pasti nggak bisa dihindari oleh banyak wanita saat berpergian. Penyebabnya pun beragam, mulai dari kurangnya nutrisi kulit  hingga penggunaan sunscreen yang tidak tepat. Alhasil, balik-balik dari liburan kulit malah jadi menghitam bahkan belang. Ugh! Nggak mau hal ini terjadi kan?

Karena itu, jangan asal oles sunscreen ya, Oneesan! Perhatikan cara penggunakan sunscreen berikut ini agar kulitmu dapat terlindungi secara maksimal!

Pilih tekstur sunscreen yang paling nyaman untuk kulit
Produk sunscreen memang banyak jenisnya, mulai dari lotion, spray, hingga krim pekat. Dari jenis-jenis tersebut pilihlah satu tekstur yang paling nyaman kamu gunakan. Pemilihan tekstur produk ini sangatlah penting, lho Oneesan! Karena jika kamu nggak nyaman menggunakan produknya, maka kemungkinan besar kamu akan malas menggunakan produk tersebut berulang kali, padahal penggunaan sunscreen ini harus dilakukan secara rutin setiap harinya.

Pilih SPF 15, 30, 50, atau 70?
Nah, seringkali orang-orang mengira kalau semakin tinggi nomor dari SPF tersebut maka semakin kuat juga kandungan untuk menahan sinar UV dari matahari. SPF adalah kepanjangan dari Sun Protection Factor, sedangkan nomor yang terlihat di kemasan sunscreen menunjukkan seberapa lama sunscreen tersebut bertahan untuk menahan sinar UV dari matahari.

Jadi, misalnya tingkat ketahanan kulitmu hingga terasa terbakar adalah 10 menit, maka SPF15 akan melindungi kulitmu hingga 10x15 menit= 150 menit. Begitu juga dengan SPF 30, SPF 50 ataupun SPF 70. So, sebenarnya kandungan sunscreen itu sama aja. Tapi ingat, Oneesan! Tidak ada sunscreen yang melindungi kulitmu hingga 100%, maka dari itu rajin-rajin oleskan kembali sunscreen saat waktunya tiba dan setelah selesai berenang. Meskipun produk sunscreen yang kamu gunakan adalah produk tahan air, tapi tetap saja efektivitasnya akan menurun setelah kamu selesai berenang. Maka dari itu lebih disarankan untuk mengoleskannya sekali lagi.

SPF aja nggak cukup
Sinar UVA dapat menyebabkan kerutan, penuaan dini, hingga kanker kulit. Sedangkan UVB dapat membuat kulitmu terbakar. Maka dari itu, perlindungan dari SPF saja tidaklah cukup, Oneesan! Saat kamu memilih sunscreen pastikan produk yang kamu pilih juga melindungimu dari UVA, produk ini biasanya ditandai dengan kode PA+, PA ++, PA+++. Atau lihat komposisi penangkal UVA seperti zinc oxide, titanium dioxide, avobenzone, ecamsule, and oxybenzone.

Tidak cukup hanya sekali mengoles
Untuk mendapatkan perlindungan maksimal dari sunscreen yang kamu gunakan, kamu perlu mengoleskannya setidaknya dua kali, caranya yaitu dengan mengoleskan satu kali pada masing masing kaki dan tanganmu, kemudian tunggu hingga sunscreen meresap, setelah itu lakukan hal yang sama sekali lagi. Untuk daerah wajah, gunakan sunscreen sebesar biji kacang kedelai pada bagian pipi, dahi, dan dagu. Kemudian oleskan secara merata dan tunggu hingga sunscreen meresap, setelah itu lakukan hal sama sekali lagi untuk mendapatkan perlindungan yang maksimal.

Utamakan hidung
Meski pesek, hidung adalah bagian tubuh yang paling banyak terkena paparan sinar matahari, hehe.. Namun sayangnya masih banyak di antara kita yang kurang memberi perhatian pada bagian wajah satu ini dan asal mengoleskan sekenanya. Padahal hidunglah yang seharusnya diberikan perhatian khusus dan pengolesannya pun harus sama dengan bagian tubuh yang lain, yaitu secara merata dan berlapis.


Gimana Oneesan, mudah kan untuk menggunakan sunscreen dengan tepat? Yuk gunakan dengan baik dan benar agar kulitmu terhindar dari serangan sinar matahari. Tapi mumpung lagi liburan jangan lupa pakai juga dong OOTD yang kawaii untuk liburan kamu kali ini, dan tag ke instagram @gatsuone. Cari semua yang kamu butuhkan di www.gatsuone.com ya! Have a great day!

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook