7 Cara Hemat Belanja Baju untuk Lebaran

14.47.00

Bicara soal bulan Ramadan, tentu ada hari istimewa yang kita tunggu-tunggu, yakni saat hari kemenangan tiba. Hari istimewa ini sering ditandai dengan memakai baju baru sebagai rasa syukur dan sukacita yang fitri. Apalagi kalo THR udah ada di depan mata, duh ampuun deh rasanya pingin beli ini itu, terutama beli baju baru. Padahal belum tentu pas nanti lebaran bakal dipakai, hayo ngaku siapa yang sering begini? :P

Meski THR yang kamu terima itu bagai gaji ketiga belas, jangan sampai kita jadi korban nafsu hanya untuk beli baju. Coba yuk trik berikut ini, biar nggak kalap beli baju lebaran!


via GIPHY
Bikin anggaran buat belanja keperluan fashion kamu
Membatasi pengeluaran untuk belanja kebutuhan fashion itu sangat dibutuhkan lho untuk berhemat. Karena selain membatasi kita dari laper mata, budgeting juga bisa mempengaruhi pengeluaran kita selama sebulan kedepan. Apalagi yang namanya keperluan lebaran nggak cuma seputar pakaian kan? Masih ada hal-hal penting lainnya yang perlu kamu sisihkan terlebih dahulu.


via GIPHY
Beli baju yang udah biasa kamu pakai sehari-hari
Karena hari spesial, biasanya kita berpikir untuk memilih pakaian yang “harus beda” dari keseharian kita. Misalnya kalo sehari-hari kamu biasa pakai kaos polos yang dipadukan dengan denim, kamu pasti bakal terlihat “berbeda” saat tiba-tiba pakai kaftan dengan turban yang dililit-lilit bagai model runway di Arab. Bikin kaget para tamu nggak tuh?? Hehe :P

Memang sih penampilanmu mungkin akan dipuji oleh banyak orang, dan kamu bakal senang menerima setiap pujian itu. Tapi yakin deh, setelah acara lebaran berakhir kita bakal enggan memakainya kembali. Why? Karena kebiasaan para cewek adalah nggak ingin terlihat sama dengan penampilan yang udah-udah. Jadi sayang kan, kalau pakaian itu hanya kamu pakai sehari seumur hidup? Karena itu, demi menghemat budget kedepan, sebaiknya belilah pakaian yang udah menjadi style kamu sehari-hari. Sehingga, setelah lebaran pun kamu masih pede menggunakan baju itu dalam acara-acara selanjutnya.

TSUKIKO - DARK BROWN GATSUONE

Pilih pakaian dengan warna natural
Kunci biar nggak sering buang-buang baju *correct: buang-buang uang untuk beli baju terus, adalah kamu perlu memilih pakaian dengan nuansa warna yang netral. Misalnya seperti warna coklat, hitam, putih, krem, navy, dan satu warna bold untuk pelengkap penampilan kamu. Warna-warna tersebut adalah warna yang timeless walau musim dan tren terus berganti. Tapi jangan lupa masukkan outerwear seperti kadigan atau sweater dalam daftar belanjaan kamu juga ya.

Ingat sistem ini: One In One Out
Jangan terlalu memaksakan diri untuk memiliki banyak produk fashion, toh nggak semua baju akan kamu pakai dalam satu bulan ke depan, kan? Jika kamu tetap ingin belanja pakaian terbaru, ada baiknya kamu menghibahkan atau menjual baju-baju/ produk fashion yang sudah tidak lagi terpakai. Dengan demikian, lemari kamu nggak membludag dan kamu pun mendapat banyak kebaikan karena sudah berbagi dengan orang lain.

Berburu di garage sale
Ingin punya barang bermerek tapi budget nggak cukup? Jangan ragu untuk membeli di garage sale atau bekas milik orang lain yang kondisinya masih bagus. Seringkali pemilik menjual barang fashion bermerek milik mereka karena udah bosan aja. Tapi tetap aja harus teliti juga dalam membeli ya..

Pinjem baju pacar :D
Mencoba gaya boyish, kenapa enggak? Gaya tomboy masih bertahan kok di tahun ini. Pakai kaos dan jaket kebesaran ala pacar kamu, lalu beri sentuhan girly khas kamu sendiri. Misalnya dengan sling bag mini dan mules shoes yang lagi hits tahun ini.

Cari toko online yang ngasih diskon
Sebagai orang milenial, belanja online bukanlah hal yang asing lagi. Bahkan banyak yang bilang kalo belanja online itu lebih menguntungkan. Kamu nggak perlu berdesak-desakan, nggak perlu keluar uang bensin, uang parkir dan yang pastinya nggak pegel.

Menjelang hari raya, biasanya semua pebisnis akan memberikan diskon besar-besaran untuk menarik banyak pembeli. Nah, kamu mesti jeli nih membandingkan harga. Karena banyak perusahaan yang menaikan harganya dulu baru memotong diskon, alhasil harganya sama-sama aja seperti sebelum diskon. Sayang kan? Jadi, kita juga mesti selektif meski dalam berbelanja online.

Itulah 7 tips yang bisa kamu terapkan agar uang THR kamu nggak habis sekejap karena belanja fashion berlebihan. Hayo, mumpung belum terlambat jangan pergunakan uang kamu untuk hal-hal yang nggak penting ya! Kecuali kalo belanja di GatsuOne! Dapatkan free pouch cantik hanya dengan berbelanja minimal 250K aja! Belanja sekarang, have a great day!

You Might Also Like

3 komentar

Like us on Facebook