Rutin Makan 5 Buah Ini Biar Gigi Lebih Putih Alami!

12.06.00

Setiap makanan yang kita konsumsi akan berpengaruh pada kesehatan dan gigi. Bisa aja senyum cantikmu saat ini bakal terenggut jika gigi kamu tiba-tiba berubah jadi kusam dan menguning, ya kan? Padahal sebenarnya untuk menjaga gigi tetap putih dan sehat itu nggak sulit loh. Selain rajin menyikat gigi dengan benar, ternyata ada buah-buahan yang sangat bermanfaat untuk memutihkan gigi. Beberapa di antaranya mungkin udah menjadi favorit kamu.

Apel
Dengan mengunyah apel, kita udah terhitung sedang menggosok gigi loh. Selain karena seratnya, kandungan air yang tinggi dalam buah apel dapat membantu meningkatkan produksi saliva sehingga membantu membunuh bakteri yang berkembang di gigi. Kandungan floridanya juga menjadi elemen khusus yang biasanya terdapat dalam pasta gigi untuk menurunkan resiko kerusakan gigi dan penyakit gusi.

Stroberi
Kandungan asam malat dalam stoberi bermanfaat untuk mengubah warna gigi menjadi lebih putih. Bahkan seorang ahli gigi dari New York menjelaskan bahwa stroberi adalah cara murah untuk mencerahkan senyum kita. Asam malat dalam stroberi juga mampu merangsang sekresi saliva dalam jumlah tinggi sehingga dapat mencegah tumbuhnya plak gigi. Namun jangan gunakan terlalu sering ya, karena kandungan asamnya dapat merusak enamel gigi. Treatment-nya bisa dengan tumbuk satu stroberi yang udah matang, kemudian gosokan pada gigi. Diamkan selama kurang lebih 10 menit kemudian sikatlah gigi dengan pasta gigi.

Nanas
Sama seperti stroberi, kandungan asam malat berfungsi menghilangkan plak membandel pada gigi sehingga gigi akan terlihat lebih cemerlang. Hal tersebut disebabkan karena rasa asam yang terkandung dalam buah nanas mampu meningkatkan produksi saliva. Bahkan sebuah penelitian terbaru dalam International Journal of Dental Hygiene menemukan bahwa bromelain adalah bahan yang efektif dalam pasta gigi yang menghilangkan noda.

Pisang
Kandungan mineral yang sangat tinggi dalam buah pisang nggak perlu diragukan lagi, karena pisang terbukti ampuh membuat gigi jadi nampak cemerlang. Dengan menggosokan bagian kulit pisang pada gigi secara rutin, maka warna gigi yang semula kusam dapat perlahan berubah menjadi lebih cerah.

Jeruk
Vitamin C pada jeruk yang rendah lemak dan kaya nutrisi ini emang menjadi penyegar sempurna. Tapi selain sehat untuk tubuh, buah jeruk ini juga berfungsi sebagai pemutih gigi alami. “Penelitian menunjukkan bahwa enzim bromelain pada jeruk adalah seperti penghilang noda alami," kata Dr. Robert D'Alfonso, DDS, dokter gigi yang berlokasi di Austin, TX. "Bromelain juga membantu memecah plak, yang jika tidak dicegah, dapat menghasilkan asam yang dapat mengikis lapisan gigi Anda dan menyebabkan gigi berlubang."


Itulah 5 buah-buahan yang dapat memelihara kesehatan gigi kamu secara alami. Tentu saja selain mengonsumsi kelima buah tersebut secara rutin, kita harus menjaga warna gigi dengan menjauhi minuman berwarna, bersoda, dan juga rokok. Jadi nggak perlu malu lagi deh senyum-senyum nyengir di depan kamera, hihi.. Have a great day!

You Might Also Like

1 komentar

Like us on Facebook