Cowok, Inilah Perawatan Kulit yang Wajib Kamu Lakukan Biar Wajah Tetap Segar!

15.04.00

Sama halnya dengan cewek, cowok juga butuh yang namanya rutinitas perawatan kulit. Bukan berarti harus jadi pria metroseksual kok, namun perawatan wajah sebenarnya adalah untuk menjaga kesehatan kulit. Lagi pula perawatan kulit cowok nggak selalu berhubungan dengan produk skin care karena kebutuhannya pun berbeda.

Cowok tentu memiliki jumlah bulu yang lebih banyak dari cewek, dan hal ini menjadi salah satu penyebab kulit cowok lebih sering berjerawat dan berminyak. Jadi sebenarnya, perawatan kulit pria penting dilakukan untuk mencegah penyumbatan pori-pori yang menyebabkan munculnya jerawat itu. Kolagen pada cowok juga lebih banyak dibandingkan cewek, sehingga jangan heran kalau cewek lebih mudah berkeriput daripada cewek.

Anw, bukan soal keriput yang mau kita bahas, tapi gimana cara merawat wajah khusus buat cowok. Langsung simak yuk beberapa tips perawatan kulit yang penting untuk dilakukan cowok.

Basuh dengan air hangat ketika lagi bercukur
Udah sewajarnya cowok bercukur secara berkala untuk menjaga penampilan. Namun, ketika melakukan rutinitas ini sebaiknya gunakan air hangat sebelum dan setelah bercukur. Karena bintik merah yang muncul setelah kamu mencukur jenggot atau kumis adalah tanda iritasi pada folikel rambut. Nah, untuk mengurangi hal ini kamu bisa membasuhnya dengan air hangat. Selain itu, membasuh wajah dengan air hangat sebelum bercukur juga bisa membuat kulit lembap, sehingga mempermudah dalam bercukur. Untuk hasil yang lebih baik, kamu juga bisa gunakan krim cukur.

Cukurlah sesuai arah tumbuh bulu
Meski banyak alat cukur yang menawarkan dua mata pisau, sebenarnya nggak gitu ngaruh kok berapa pisau yang kamu gunakan. Yang penting adalah gimana cara kamu mencukurnya. Pastikan selalu mencukur rambut sesuai arah pertumbuhan rambut, bukan sebaliknya.

Setelah cuci muka, jangan usap-usap pakai handuk
Daripada diusap-usap, sebaiknya gunakan handuk untuk menepuk-nepuk wajah. Jangan menggosok wajah, karena bisa mengiritasi wajah. Malah kalau bisa, bedakan handuk untuk wajah dan untuk badan ya, supaya bakteri yang menempel pada handuk badan nggak berpindah ke wajah kamu.

Sebelum pakai produk skin care, baca labelnya dan sesuaikan dengan jenis kulit
Biasanya label yang harus diperhatikan adalah noncomedonic dan alcohol free. Seperti namanya, noncomedonic berarti bebas komedo hehe, artinya produk tersebut nggak akan menyumbat pori-pori wajah sehingga kecil kemungkinannya untuk menimbulkan jerawat. Sementara itu, alcohol free artinya nggak mengandung alkohol dan nggak membuat kulit jadi kering.

Jangan malu pakai pelindung sinar matahari
Menjadi sosok cowok yang kulitnya tanned memang dipandang lebih maco bagi banyak cewek. Tapi jangan lupa, kulit juga harus dilindungi dari serangan sinar matahari demi kesehatan. Karena paparan sinar matahari bukan cuma bikin kulit jadi gosong aja, tapi juga bisa bikin cepet berkerut dan memicu kerusakan kulit lainnya.

Nah, yang perlu kamu ketahui adalah sinar UV matahari itu nggak mempan sama baju dan jendela lho. Jadi sebenernya kamu perlu ahand and body lotion atau sunscreen dengan SPF 30 karena pakai baju lengan panjang aja nggak cukup.

Kurangi penggunaan minyak rambut
Kamu masih suka pakai minyak rambut? Beberapa waktu lalu memang pomade banyak digandrungi para cowok. Tapi tahukah kamu, kalau pomade bisa buat wajah jadi tampak kusam?! Iyes! Karena minyak rambut dapat membuat rambut mudah kotor dan berminyak, lalu sekresi minyak dan kotoran rambut dapat turun ke kulit wajah. Alhasil kulit juga jadi ikut berminyak dan terlihat kusam.

Kalaupun kamu ingin menggunakan minyak rambut, segera cuci rambut setelah sampai di rumah atau mau tidur. Jangan sampai membiasakan tidur dengan rambut masih berminyak.

Hindari mandi air panas
Setelah kerja, perjalanan macet, dan lelah beraktivitas seharian pasti enak banget kalau bisa mandi dengan air panas. Namun inilah yang harus kamu tau, bahwa terlalu sering mandi dnegan air panas akan membuat kulit jadi lebih kering, gatal, dan bersisik. Oleh karena itu, mandilah dengan air hangat dan suam-suam aja demi menjaga kesehatan kulit.

Itulah beberapa cara merawat wajah cowok secara sederhana. Nggak semua cowok yang memperhatikan perawatan kulit wajahnya adalah pria metroseksual kok. Tentu aja wajah juga merupakan aset berharga bagi cowok, jadi nggak ada salahnya jika kamu memberikan perawatan lebih baik untuk kulit wajah.

Selain peduli pada kulit dan wajah, penampilan juga harus diperhatiin lho! Biar makin ganteng dan berkharisma gitu.. Langsung aja klik www.gatsuone.com untuk dapatkan berbagai koleksi pilihan pria yang keren! Have a great day!

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook