Jam 10 Pagi Sering Lapar? Ini Penyebabnya!

14.20.00

Padatnya aktivitas harian yang harus dikerjakan seringkali membuat kita lupa akan kesehatan, terutama soal perut. Misalnya aja, pernah nggak kamu ngalamin lapar sekitar jam 10 pagi? Padahal pagi sebelum berangkat udah sarapan, tapi baru beberapa jam berlalu udah laper lagi. Haaa... Gawat!! Waktu makan masih 2 jam lagi!

Beberapa orang sering mengalami hal ini. Dan kalau dicermati lagi, ternyata bukan masalah ‘sudah atau belum’ kamu sarapan tapi tentang apa yang kamu makan saat sarapan pagi. Jadi, apa aja yang harus kamu perhatikan saat sarapan? Langsung simak aja ya!

Terlalu banyak gula
Kesalahan paling pertama yang sering dianggap sepele oleh kebanyakan orang adalah sarapan yang mengandung banyak gula. Seperti satu porsi nasi yang padat ditambah teh manis atau sarapan sereal dengan susu. Memang sih benar karbohidrat memberi energi yang tinggi, namun karbohidrat nggak akan bertahan lama. Dalam beberapa jam, energi ini akan hilang dan memberikan rasa lapar. Inilah yang menyebabkan kamu suka lapar di jam 10 pagi.

Kurang protein dan lemak
Buat kamu ni yang suka sarapan hanya dengan susu dan sereal, harus lebih banyak mengonsumsi protein nih. Misalnya dengan menambah potongan roti dengan selai kacang. Buat yang lagi diet jangan khawatir, walaupun selai kacang memiliki kalori yang tinggi (100 kalori per 1 sendok), ternyata selai kacang dapat menjadi pilihan alternatif dari sumber protein yang kamu butuhkan. Kacang juga memiliki kandungan lemak yang baik untuk tubuh. Alternatif lainnya adalah telur rebus. Telur rebus juga memiliki kandungan protein yang membuat tubuh kamu terasa lebih kenyang dan tahan lama.

Kurang serat
Chiaseed dan flaxseed dapat menjadi sumber serat untuk ditambahkan ke dalam makananmu. Kamu juga bisa mengonsumsi oatmeal. Oatmeal merupakan makanan berbahan dasar gandum, walaupun memiliki rasa yang tawar ternyata oatmeal memiliki berbagai macam serat dan protein yang di butuhkan tubuh. Bahkan menurut penelitian, memakan oatmeal setiap harinya sebagai sarapan dapat menjaga kesehatan kamu dibandingkan makanan lain di pagi hari.

Kekurangan air
Jangan salah meskipun nutrisi udah tercukupi dari sarapan, rasa lapar yang masih muncul juga bisa disebabkan karena kita kurang minum air, lho. Jadi kalau kamu lapar saat jam 10, isi dulu dengan air putih ya, daripada hanya memakan makanan ringan.

Gimana kalo saat waktunya sarapan tapi belum lapar?
Ini ni yang seringkali terjadi. Pagi hari sebelum beraktivitas kita sering disibukkan dengan hal-hal yang mendesak jadinya kita nggak cukup waktu untuk sarapan. Atau, karena kamu terlalu makan banyak semalam, jadi paginya nggak laper lagi. Alhasil, terjadilah kelaparan di jam 10. Tipsnya? Kamu harus tetap makan sesuatu walau hanya dalam jumlah sedikit.

Itulah hal-hal yang perlu kamu perhatikan saat sarapan biar nggak kelaparan lagi saat jam-jam nanggung. Namun perlu diingat bahwa setiap orang memiliki kadar kalori dan kebutuhan karbohidrat yang berbeda-beda, sehingga perlu dicermati lebih lanjut apakah kebiasaan sarapanmu saat ini dapat disesuaikan dengan poin-poin di atas.

Meskipun kita suka terburu-buru dengan aktivitas yang padat sampai melewatkan sarapan, jangan sampai kamu melewatkan yang satu ini ni Oneesan. Di GatsuOne ada koleksi fashion terbaru yang wajib kamu coba! Buka www.gatsuone.com sekarang dan follow juga instagram @gatsuone biar nggak ketinggalan info ter-update setiap harinya. Have a great day!

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook