Ketika Stres Melanda, Justru Hal Positif Inilah yang Sedang Kamu Alami

14.43.00


Hampir semua orang pernah mengalami stres. Apalagi cewek, si makhluk yang rentan banget mengalami serangan stres karena berbagai masalah. Bayangin aja, mulai dari masalah PMS, sekolah, kuliah, pekerjaan, percintaan, hingga mengurus rumah dan anak bisa menyebabkan mereka mudah stres dan depresi. Bahayanya kalau stres ini nggak ditangani dengan baik, bisa-bisa mengancam jiwanya yang udah terlanjur putus asa.

Tapi ternyata, stres itu dibutuhkan oleh semua orang lho! Ada penelitian yang menyatakan bahwa sedikit mengalami stres akan membawa pengaruh baik bagi kesehatan. Hal ini disebut dengan “good stress”, yakni stres jangka pendek yang hilang dengan cepat dan nggak terlalu membebani pikiran seseorang. Misalnya seperti ketika kamu mengalami sakit PMS, terjebak macet, atau mungkin karena temen kamu tiba-tiba ngeselin. Anw, permasalahan kecil semacam ini baik untuk kesehatan. Justru dengan adanya masalah-masalah tersebut kita bisa mengalami hal-hal positif ini:

Kemampuan otak meningkat
Stres tingkat rendah bisa membantu otak kita dalam memproduksi bahan kimia yang disebut neurotrophins dan memperkuat hubungan antara neuron di otak. Bahkan, stres bisa menjadi mekanisme utama bagaimana otak berolahraga, yang membantu meningkatkan produktivitas dan konsentrasi. Stres psikologis jangka pendek juga memiliki efek yang sama.

Imunitas jangka pendek yang semakin membaik
Ada penelitian yang membuktikan bahwa stres jangka pendek dapat meningkatkan ketahanan tubuh kita. Jadi, pada saat kita mengalami stres, tubuh akan memproduksi hormon cortisol yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh kita.

Membuat kita lebih kuat
Mengelola stres dapat membuat kita memahami bagaimana menghadapi situasi yang akan kamu hadapi di kemudian hari. Mengulang lagi kejadian-kejadian yang menyebabkan kamu stres, membuat tubuh berkembang, baik secara fisik dan kontrol psikologis.

Membuat kita lebih kreatif
Mungkin kamu pernah merasakan yang namanya hilang inspirasi, nggak tau apa yang mau dibuat atau dikerjain. Apalagi buat mereka yang bekerja sebagai seniman, atau penulis pasti sering mengalami hal ini. Akan tetapi saat lagi stres dan mentok karena berusaha mencari inspirasi, pikiran kita justru bisa melihat sudut pandang dengan cara yang nggak biasa.

Memotivasi kita untuk sukses
Eustress atau good stress dapat menjadi hal yang kamu butuhkan ketika melakukan berbagai tugas di tempat kerja. Misalnya saat kamu berpikir tentang deadline pekerjaan. Ini akan mendorong perilaku kamu untuk mengelola situasi efektif dan lebih produktif. Sukses dapat dicapai di tempat kerja, olahraga, atau dalam usaha kreatif jika itu didorong oleh beberapa tekanan.

Meningkatkan perkembangan anak dalam kandungan
Perempuan hamil sering banget ni khawatir bahwa kecemasan yang mereka rasakan akan berdampak negatif pada bayi mereka yang masih di dalam rahim. Padahal jika tingkat stres yang dialami hanya sebatas moderat, sebenarnya dapat menjadi baik untuk anak dalam kandungan. Sebuah studi menemukan bahwa anak-anak dari kebanyakan perempuan yang melaporkan mengalami stres ringan sampai sedang selama kehamilan, benar-benar menunjukkan motorik yang lebih besar dan mendapatkan perkembangan keterampilan pada usia dua tahun daripada mereka yang lahir dari ibu yang tanpa stres.


Nah, sekarang udah paham kan bahwa stres itu nggak selamanya buruk untuk kesehatan kita. Justru dengan beberapa masalah kecil, dapat membuat kita menjadi pribadi yang lebih kuat, kreatif, dan termotivasi untuk dapat semakin lebih baik. Tapi, jangan sampai masalah kecil yang kamu alami jadi membesar karena terlalu lama dipendam ya! Apalagi kalau udah nyangkut urusan kebutuhan fashion kamu. It would be a big trouble! Makanya buka www.gatsuone.com sekarang, karena di sini ada banyak koleksi fashion yang kawaii dan stylish untuk gaya harian kamu. Cek sekarang ya, have a great day!


You Might Also Like

1 komentar

Like us on Facebook