Bukannya nggak Sayang, Inilah Alasan Kenapa Pasanganmu Belum Mau Menikah

16.00.00

Siapa yang udah nggak tahan pengen dinikahin? Heheheii ^^

Menikah jadi salah satu impian terbesar sebagian besar wanita. Tapi sayangnya, nggak semua pria bisa langsung menyanggupi keinginan wanita yang satu ini. Memang sih, pernikahan bukanlah perkara yang main-main. Perlu ada kesiapan yang benar-benar matang dari kedua belah pihak.  Alasannya bisa beragam, bukan karena belum mapan atau belum cukup umur aja, bisa jadi juga karena belum punya pasangan. Mau nikah sama siapa coba? Iya kan ^^. Selain itu masih ada beberapa penyebab lainnya yang membuat pria belum ingin segera menikah. Simak yuk!

Masih pengen fokus pada karirnya
Banyak pria yang merasa kalau karir adalah pencapaian terbesar dan kesuksesan sejati bagi dirinya. Pria seperti ini biasanya menganggap harga dirinya belum bisa diakui kalau belum memiliki karir yang bagus. Karena itu, ia akan berusaha dan fokus pada segala hal yang dapat meningkatkan prestasinya dalam bekerja. Mereka juga menganggap bahwa menikah akan menghambatnya dalam mengejar segala mimpi dan ambisi karirnya. Mereka beranggapan bahwa tanggung jawab yang besar menjadi seorang suami dan ayah pastinya akan memperlambat kemajuan karirnya. Atau bisa juga karena ia menganggap wanita yang akan mau dengan dia adalah wanita yang menginginkan suami mapan. Karena itulah banyak pria merasa harus fokus terlebih dahulu mengejar karir sebelum memutuskan untuk menikah.

Merasa masih punya banyak waktu
Beda sama wanita yang nggak pengen banget dibilang “perawan tua”, cowok biasanya nggak terlalu kepikiran saat diejek “bujang lapuk”. Banyak pria merasa bahwa umur 30-an sebenarnya masih terlalu muda untuk memulai hubungan rumah tangga. Karena itulah, kebanyakan dari mereka ingin menikmati sepuas-puasnya semua kenikmatan dan kebebasan yang bisa ia dapatkan sepenuhnya sebelum menikah. Dalam pikirnya, “Santai saja lah, nggak perlu buru-buru. Masih muda ini”.

Bahagiain orang tua dulu baru mau nikah
Pria seperti ini akan menunda menikah karena ingin membahagiakan orang tua dan keluarganya terlebih dahulu. Biasanya pria yang seperti ini adalah pria yang menjadi tulang punggung atau seseorang yang benar-benar diharapkan dalam keluarga. Setelah selesai sekolah, mendapatkan pekerjaan lantas nggak segera ingin menikah. Melainkan ia harus memenuhi segala kecukupan materi dan finansial keluarga. Alasan ini adalah alasan yang cukup kuat baginya untuk menunda pernikahan.

Belum siap menjadi ayah
Alasan belum siap menjadi ayah atau memiliki anak bisa menjadi jurus pamungkas banget nih buat para pria untuk menunda pernikahan. Dalam benak mereka, memiliki anak membutuhkan tanggung jawab yang besar, biaya yang nggak kecil juga, kerepotan yang luar biasa, kebebasan yang berkurang, dan lain sebagainya.

Enggan menghadapi mertua
Bisa jadi salah satu hal yang membuat pria enggan segera menikah adalah karena ia merasa kurang nyaman dengan sang calon mertua. Apalagi kalau nanti setelah menikah harus tinggal di rumah si cewek. Jika hal ini yang menjadi alasan, sebaiknya segera komunikasikan dan mencari jalan tengahnya.

Trauma akibat kegagalan pernikahan orang tuanya
Nggak sedikit pria yang lahir dari keluarga “broken home” akibat kegagalan pernikahan orang tuanya. Hal ini bisa aja mempengaruhi pemikiran si pria kalau pernikahan itu hanyalah komitmen yang tidak sakral. Perceraian kedua orang tuanya memunculkan rasa trauma dalam dirinya untuk membina rumah tangga. Karena trauma itulah ia menjadi takut mengambil keputusan menikah.

Takut nggak bisa membahagiakan pasangannya
Kalau karir masih di jenjang yang belum mapan, alias masih cari pekerjaan sana-sini, wajar aja jika si pria merasa belum punya modal cukup untuk membangun rumah tangga dengan pasangannya. Karena keterbatasannya itulah membuatnya takut nggak bisa menghidupi istri dan keluarganya kelak. Bagi pria yang seperti ini, harga diri seorang pria akan tergores bila nggak bisa membahagiakan istri dan anak-anaknya nanti. Prinsip akan harga diri yang kuat seperti ini membuat si pria menunda untuk berkomitmen lebih serius dengan wanita.

Takut pernikahan bakal membuat si wanita berubah
Sering kan lihat meme yang nunjukkin perubahan hubungan sebelum sama sesudah menikah. Ternyata ada juga pria yang memiliki kekhawatiran cukup besar kalau dalam pernikahannya nanti pasti pasangannya bakal berubah. Mereka khawatir wanita yang biasanya lembut dan pengertian sewaktu sebelum menikah berubah menjadi wanita yang banyak menuntut, cerewet, cemburuan, berubah bentuk pula :v

Belum yakin dengan pasangannya
Katakanlah si pria udah melewati semua hal-hal di atas tapi masih tetap ingin menunda pernikahan, kenapa ya alasannya?? Hmmm.. Kemungkinan berikutanya bisa jadi si pria masih merasa belum yakin dengan pasangannya. Pria seperti ini merasa belum memiliki kecocokan yang cukup baik dengan kekasih yang dipacarinya. Merasa belum terlalu cocok dalam hal pemikiran, kepribadian, atau yang lainnya. Bukan berarti ia nggak mencintai pasangannya kok, hanya saja ia butuh waktu untuk meyakinkan dirinya sendiri, “apa dia beneran jodoh gue? Kalo bukan, gimana??”

Bisa memuaskan nafsu tanpa harus menikah
Oow! Ada juga beberapa pria yang masuk dalam kategori ini lho. Karena mereka merasa kebutuhan nafsunya udah bisa terpenuhi tanpa menikah, ya ngapain menikah? Tipe pria ini biasanya adalah pria yang hanya memandang wanita sebagai objek pemuas aja dan kebebasan dalam jiwanya membuat ia enggan untuk hidup dalam komitmen.


Itulah beberapa alasan yang menyebabkan pria takut menikah. Hei para wanita yang udah nggak sabar ingin diberi kepastian sama kekasihnya, janganlah memaksakan kehendak satu pihak aja ya. Karena kesiapan nggak bisa dipaksa, jadi cobalah berikan waktu biar pasanganmu semangat ingin melamar kamu. Tapi kalo belanja online nggak bisa sabar nih! Karena berbagai promo GatsuOne akan selalu baru setiap harinya. Biar nggak ketinggalan infonya, follow instagram @gatsuone. Have a great day!

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook