Jenis Bau Badan yang Bisa Mengungkap Kesehatan Kamu

11.11.00



Pernah merasakan aroma tubuh kamu agak-agak nggak enak dan mengganggu banget? Kalau pernah, ketahuilah itu namanya bau badan. Banyak yang bilang keringat adalah satu-satunya penyebab utama bau badan timbul. Namun, nyatanya nggak selalu tepat juga. Biasanya kalau mandi, pakai deodoran dan sikat gigi, akan menyelesaikan masalah. Tapi dalam kasus tertentu, solusinya nggak sesederhana itu, bahkan mungkin kamu harus ke dokter untuk konsultasi. Bau badan benar-benar dapat berbicara banyak tentang kesehatan kamu. Berikut ini ada berbagai macam bau badan yang menjadi pertanda adanya masalah kesehatan.

Jika tubuh kamu mengeluarkan bau kotoran
Itu mungkin disebabkan oleh obstruksi usus. Ini adalah kondisi medis yang cukup berbahaya, terjadi bila terjadi penyumbatan di usus besar atau kecil. Penyumbatan di saluran usus biasanya menyebabkan nafas yang berbau seperti kotoran, dan apapun yang kamu makan hanya akan memperparah bau mulut. Apalagi masalah pencernaan bisa menyebabkan bau keringat. Keringat dari ketiak paling banyak terpengaruh, meski bagian tubuh yang berbeda juga bisa menghasilkan keringat dengan bau tinja. Jadi cermati lagi apakah itu bau alamiah dari tubuh atau lupa siram setelah poop! Hehehe

Jika kamu mencium bau pahit
Maka kamu mungkin perlu mengunjungi dokter karena ini mengenai masalah dengan hati. Owh God! Bukan cuma patah hati aja yang rasanya pahit??! Hati yang lamban menghasilkan berbagai bahan kimia yang berbau aneh, dan ini pasti akan mempengaruhi bau busuk dari tubuh kamu. Hati yang rusak juga ditandai dengan gejala seperti masalah pencernaan dan mual.

Jika tubuhmu berbau amis
Kamu mungkin memiliki kelainan yang disebut Fish Odor Syndrome atau Trimethylaminuria. Ini bermanifestasi dalam bau badan yang menyinggung dan bau ikan busuk dalam urin, keringat, dan nafas orang dengan gangguan ini karena ekskresi trimetilaminuria berlebihan (TMA). Sayangnya, itu adalah penyakit genetik, dan gejala membuat diri mereka terasa sejak lahir. Penyebab lain dari bau amis dapat terjadi sebagai akibat dari kelebihan protein dalam makanan atau dari keberadaan bakteri tertentu. Karena itulah perawatan sindrom ini, selain antibiotik dan losion asam tertentu, termasuk beberapa persyaratan diet.

Jika kamu berbau manis
Ini bisa jadi pertanda diabetes. Tubuh kamu mungkin memiliki bau manis atau buah karena kadar keton tinggi di aliran darah. Jika urin kamu memiliki bau khusus ini, mungkin juga gejala penyakit symptom of Maple syrup urine. Ini adalah gangguan metabolisme yang menyebabkan ketidakmampuan tubuh memecah asam amino valin, leusin, dan isoleusin.

Jika kamu memiliki bau telur busuk
Kamu mungkin makan terlalu banyak daging. Daging adalah produk yang berat pada sistem pencernaan, oleh karena itulah orang yang makan banyak daging setiap hari mungkin memiliki bau sulfat yang menjijikkan seperti telur busuk. Bau spesifik ini disebabkan oleh tingginya kandungan asam amino yang mengandung sulfur dalam daging - terutama daging merah. Tidak ada salahnya asam amino ini, tapi perlu dicerna dengan baik, yang tidak biasa.

Jika kamu berbau seperti alkohol
Kamu mungkin sudah terlalu banyak minum akhir-akhir ini. Saat kita mengkonsumsi alkohol, tubuh mengenalinya sebagai toksin dan mencoba memecahnya menjadi asam asetat. Ini bisa memetabolisme sekitar 90% alkohol dengan cara ini, dan sisanya akan diekskresikan secara berbeda. Beberapa di antaranya keluar dengan air kencing, tapi juga diekskresikan dengan keringat dan melalui sistem pernapasan. Inilah yang menciptakan bau badan tertentu setelah pesta besar.

Jika kamu bau keringat dan berkeringat terlalu banyak
Kamu perlu diuji hiperhidrosis untuk mengatasi keringat berlebihan. Meskipun neurologis, endokrin, menular, dan penyakit sistemik lainnya kadang-kadang dapat menyebabkan hiperhidrosis juga, kebanyakan kasus ini terjadi pada orang-orang yang dinyatakan sehat. Panas dan emosi mungkin memicu hiperhidrosis, namun banyak juga orang yang menderita keringat ini sering berkeringat pada saat bangun tidur - bahkan dalam suhu normal dan tanpa tekanan stres dari hal apapun. Biasanya  zona keringat utama tubuh manusia adalah ketiak, area selangkangan, dan kaki.

Jika napas kamu berbau tak sedap setiap pagi
Jika napas kamu di waktu pagi konsisten berbau tidak sedap, padahal kamu sudah menyikat gigi, berkumur dan kondisi mulut dan gigi kamu baik-baik saja, bisa jadi kamu menderita sleep apnea. Sleep apnea adalah gangguan berhentinya napas ketika tidur. Sleep apnea dapat menyebabkan dengkur berlebihan, menyebabkan kamu bernapas melalui mulut sepanjang malam. Hal ini dapat membuat mulut menjadi sangat kering sehingga timbullah bau mulut. Bernapas dengan mulut terbuka juga memungkinkan bakteri untuk berkembang biak dengan lebih mudah. Bakteri jenis tertentu menghasilkan bau seperti gas belerang sehingga napas kamu berbau naga.

Jika kaki kamu sering bau
Ada  istilah bagi penderita kaki bau, yakni kemungkinan mengidap kaki atlet atau athlete's foot. Kaki atlet adalah infeksi jamur yang biasanya bermula dari jari kaki. Gejalanya kulit di bagian jari kaki menjadi kering, bersisik, kemerahan dan lecet, menurut American Medical Association Podiatric (APMA). Bau busuk disebabkan oleh kombinasi bakteri dan jamur yang mengikis ke dalam kulit dan jaringan kaki. Untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba salep anti jamur di apotik seperti Lotrimin atau Tinactin. Jika masalah terus bertahan setelah dua minggu, dokter dapat memeriksa lebih teliti da meresepkan pengobatan yang lebih terarah.

Itulah beberapa kondisi kesehatan yang bisa dideteksi dari bau badan. Jadi, jangan mudah menyepelekan bau yang keluar dari tubuh ya. Karena dari hal-hal yang kecil ini bisa menandakan sebuah penyakit. Pernah punya pengalaman tentang bau badan? Tulis komentar kamu yuk! Berbagai info kesehatan, beauty, dan fashion juga bisa kamu dapatkan di instagram @gatsuone. Follow sekarang juga! Have a great day!

You Might Also Like

1 komentar

Like us on Facebook