Untuk Kamu yang Berusia 20-an, Lakukan Hal ini Supaya Bisa Tenang saat Memasuki Umur 30

16.02.00

Photo by Matheus Ferrero on Unsplash

Kalau kamu berpikir hidup ini bagai roda yang berputar, kayaknya salah besar deh! Karena hidup nggak akan kasih kita kesempatan untuk balik dan merasakan lagi pengalaman yang sama. Hidup akan terus berjalan ke depan tanpa bisa diulang. Kamu yang udah berusia 30an, nggak akan bisa kembali ke masa-masa 20an lagi.

Beberapa temanmu mungkin bikin kamu iri dengan memamerkan harta, pekerjaan, gaya, dan pasangannya. Lalu bagaimana dengan kamu? Meski hidup bukan hanya tentang hura-hura, membiarkan hidup dengan prinsip “ah masih muda ini” tentu bukan hal yang bijak. Karena itu, lakukan hal-hal ini sekarang sebelum semuanya jadi bubur di usia 30an.

Photo by Allef Vinicius on Unsplash
Menjadi lulusan sarjana aja nggak cukup, kamu harus punya skill yang bisa bikin kagum
Seringkali kita menganggap kalo udah lulus sarjana kita langsung punya kartu hijau untuk kerja di perusahaan yang kita mau. Padahal kenyataannya nggak semudah yang dibayangkan. Karena banyak banget lulusan yang kayak kamu, iya kamu. Lalu apa yang bisa bikin kita lebih ‘bisa diterima’ dibanding orang lain? That’s a skill yang bikin orang-orang amazed sama kamu.

Memang sih, di usia muda kita sering dibikin bingung dengan apa itu skill, passion, dan hobi dalam diri sendiri. Misalnya kamu lulusan ekonomi, tapi kamu jago menulis, dan suka traveling. Jadi, mana yang harus kamu tekuni dan jadikan karir sesungguhnya? Nah, mumpung masih muda kamu masih punya banyak waktu untuk mencoba banyak hal. Di sanalah kamu bisa menemukan passion dengan skill yang udah kamu kuasai. Kalau udah paham dengan tujuan karir kamu, fokuslah di sana sehingga kamu bisa jadi seorang yang expert di bidangnya.

Photo by Tran Mau Tri Tam on Unsplash
Mencoba bisnis, sesederhana apapun
Mumpung masih muda, inilah waktu yang tepat untuk bereksperimen. Sayang aja bila kamu menggantungkan diri pada kantor tempatmu bekerja. Mencoba bisnis ada baiknya kok, siapa tahu kamu punya darah wirausaha, ya kan? Kalaupun gagal, kamu masih muda dan punya banyak masa untuk belajar.

Memulai usaha sendiri (apalagi baru belajar) nggak harus yang spektakuler dengan modal jutaan. Ya bukan rahasia lagi kalau di era digital ini kamu bahkan bisa memulainya tanpa modal seperti jadi reseller dan menjualnya di online shop. Modalnya hanya niat dan paket data aja, sesimpel itu lho untuk memulainya. Nggak suka bisnis? Cobalah untuk menjual jasa kamu dengan menjadi penulis lepas, desainer web, fotografer, dan lain sebagainya sesuai dengan minat kamu.

Photo by Sharon McCutcheon on Unsplash
Berikan pada orang tua kamu, meskipun kamu baru bisa memberi sedikit
Ingat saat kamu kekurangan uang buat bayar sewa kontrakan dan kamu meminjam uang dari orang tua? Waktu itu mungkin kamu berjanji akan balikin suatu saat. Meskipun sampai saat ini mereka nggak pernah nagih, sewajibnya kamu yang punya inisiatif sendiri. Setiap orang tua sebenarnya nggak mementingkan berapa banyak yang bisa kamu berikan, percaya atau enggak mereka lebih bangga pada sikap kamu yang udah dewasa dan dapat diandalkan.

Photo by Austin Distel on Unsplash
Anak muda nggak perlu pamer, yang penting penghasilannya gede
Kebiasaan anak muda nih kalau udah punya uang bakal sering besar kepala dan pingin beli barang-barang mewah dan diposting untuk dipamerin ke temen-temen. Tapi ingatlah, gengsi itu cuma bisa menjadi kesenangan sesaat. Lebih baik kumpulin dulu, dan tetaplah menjadi orang yang sederhana :)

Photo by Nicholas Green on Unsplash
Experiences Rather Than Material Things
Daripada beli tas bermerek yang mahal-mahal dan penuh dengan gengsi yang nggak akan ada habisnya, hidupmu akan lebih berharga dengan pengalaman yang bisa kamu rasakan di usia ini. Nah mumpung masih muda, kamu punya rasa keingintahuan yang nggak terbendung oleh apapun! Meditasi di India, guling-guling di Gurun Sahara, atau tidur bareng-bareng temen di sawah nenek (lol) semua bisa kamu lakuin. Pokoknya rasakan pengalaman dalam hal apapun yang belum pernah kamu coba. Persiapkan anggaran dan niat jika kamu punya rencana untuk traveling ke luar negeri. 

Bukan cuma soal traveling dan jalan-jalan aja, experience juga bisa kamu dapatkan dengan menghadiri seminar atau beli buku-buku untuk dibaca. Percaya deh, kamu akan mendapat rasa kagum tak terhingga saat kamu bisa menghabiskan waktu untuk eksplorasi yang harganya sebelas-dua belas dengan harga tas Hermes.

You can get tired of a material item over time, but memories made during exceptional experiences last a lifetime.

Photo by MD Duran on Unsplash
Kembangkan networking kamu
Sebenernya networking itu nggak cuma berpengaruh sama bisnis dan uang aja. Karena dengan mengembangkan networking seluas-luasnya, kamu bisa mendapat keuntungan dalam bidang asmara. Cihuy!

Kita asumsikan aja di usia 30an kamu udah berkeluarga. Tentu aja fokus utama kamu bukan cuma tentang pekerjaan aja, tapi tentang pasangan dan bahkan soal keturunan. Di saat-saat itulah kamu harus tight sama waktu, bahkan weekend pun harus dihabiskan dengan keluarga. Lalu kapan kamu bisa punya waktu sama relasi kamu? Karena itulah usia 20an adalah waktu yang pas untuk mencari banyak relasi dan belajar sebanyak-banyaknya. Kalau saat ini kamu udah punya banyak partner, saat usia 30an kamu nggak akan kesulitan untuk bekerja, atau mengembangkan bisnis.

Photo by Becca Tapert on Unsplash
Bacalah selagi punya waktu luang
Bill Gates membaca minimal 1 buku setiap minggunya. Warren Buffett merujuk pada kebiasaannya membaca 500-1000 halaman setiap hari saat ditanya tentang kunci kesuksesannya. Sementara Mark Zuckerberg menargetkan 1 buku setiap dua minggu, Oprah Winfrey memilih satu buku favoritnya untuk didiskusikan bersama klub bacanya.

Membaca juga termasuk investasi lho. Udah banyak buktinya masa kamu nggak mau ngikutin hal-hal yang positif ini? Ingatlah bahwa pengetahuan bisa didapatkan dengan berbagai cara. Selain menempuh pendidikan formal, membaca adalah salah satunya. Jadi, selagi masih muda dan punya banyak waktu luang, baca ya!

Photo by Vu Thu Giang on Unsplash
Pay yourself and save
Uang bukanlah barang abadi dan kekal. Namun uang bisa menjadi hal yang menakutkan untuk sebagian orang. Kalau kamu nggak bisa memanfaatkannya dengan baik sekarang, kamu akan termakan oleh uang. Karena itu kamu harus bisa mengontrol setiap uang yang dimiliki. Cukupkan diri untuk menyimpan uang, dan beranikan diri untuk menginvestasikannya. Hidup hanya sekali, jangan sampai kamu menyesal di masa depan karena saat ini kamu hanya mementingkan gaya aja. Have a great day!

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook