5 Tips Shopping untuk Kamu yang Lagi Liburan ke Jepang

10.54.00

Saat berwisata, yakin deh pasti nggak bakal bisa lepas dari yang namanya belanja, ya kan? Apalagi jika kita berada di negeri Jepang yang memiliki budaya dan etos kerja yang unik. Berbelanja di negara ini pasti bakal menjadi hal-hal yang menyenangkan dan baru. Pasalnya, bukan rahasia lagi harga kebutuhan domestik dan fashion tidaklah murah di perkotaan Jepang. Nah, biar bisa hemat makan dan berbelanja, berikut ini tips bermanfaat yang bisa kamu lakukan.

Selalu bawa paspor kemanapun kamu pergi
Fyi, paspor bukan cuma menjadi alat untuk informasi identitas aja lho, kamu justru bisa merasakan manfaat lebih dari yang kamu bayangkan. Why? Karena itu adalah kupon untuk bisa berbelanja lebih murah. Fasilitas ini hanya bisa dirasakan oleh turis dari luar negeri. Diskon ini berlaku pada 8% pajak penjualan yang mereka tambahkan ke setiap barang dagangan. Lumayan kan? Namun ada beberapa syarat yang harus diperhatikan saat kamu ingin mendapatkan fasilitas ini. Misalnya, untuk barang umum, kamu bisa dikenakan bebas pajak jika belanja lebih dari 5000 yen per orang. Jika kamu belanja di atas 1 juta yen barang umum, maka kamu akan dimintai paspor untuk difotokopi.

Belanja di toko bebas pajak
Meski kamu udah membawa paspor kemana-mana, tentu cara ini nggak akan berhasil jika kamu nggak pintar-pintar memilih toko untuk berbelanja. Karena itu saat di bandara atau pusat-pusat perbelanjaan, jangan lupa temukan tulisan “ 免税店 (benzai ten) ” yang artinya toko bebas pajak. Jadi para wisatawan luar negeri yang berkunjung dalam waktu singkat (kurang dari 6 bulan) ke Jepang, akan dibebaskan dari pajak sebesar 8% waktu berbelanja di toko tersebut.

Beli kimono di department store
Ada banyak vendor yang menjual Kimono atau Yukata Kimono selama festival musim panas, dan pasti kamu nggak akan bisa nolak untuk membelinya barang satu aja. Tapi selalu ingat, jangan membeli Kimono di pinggir jalan. Karena biasanya, toko-toko suvenir ini menjual Kimono dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan di department store. Oleh karena itu, untuk menghemat uang membeli kimono, belilah di department store. Bukan hanya lebih murah tetapi kamu bisa menemukan lebih banyak warna pilihan dan desain yang beragam.

Kalau bisa nawar, kenapa enggak?
Menawar barang di pasar biasa atau toko di Jepang adalah hal yang jarang ditemui, namun lain cerita jika kamu berbelanja di toko loak. Kita bisa dengan mudah melakukannya meskipun sebagai turis asing sekalipun. Tawarlah selagi bisa ditawar :)

Belanja di 100 Yen Shops
Banyak orang bilang tempat ini seperti surganya beli suvenir dengan biaya yang sangat hemat. Seperti namanya, toko ini menyajikan barang-barang dengan harga 100 yen. Meski ada juga yang harganya lebih dari 200 hingga 300 yen sih. Tapi tak jarang pula, kamu bisa menemukan suvenir dengan harga di bawah itu. Ibarat seperti palugada, toko ini menyediakan berbagai pernak-pernik seperti peralatan berkebun,alat tulis, kitchenware, bahkan peralatan rumah tangga hingga ke hal-hal yang kecil sekalipun.

Jangan malu kumpulkan kupon diskon
Kadang, terutama di sore hari, anggota staf toko obat akan berdiri di depan toko mereka dan membagikan kupon diskon yang hanya bisa digunakan pada hari itu. Jangan menganggap remeh kupon ini karena beberapa di antaranya bisa digunakan untuk mendiskon barang hingga 15%! Kumpulkan kupon-kupon ini dari berbagai toko dan bandingkan mana yang memiliki diskon lebih besar.

Kurangi makan di restoran
Makan di restoran Jepang memang menggoda, tapi ada pajak restoran yang mesti kamu bayar. Selain itu makan malam di Jepang harganya lebih mahal dari makan siang, meskipun itu restoran yang sama. Jadi sebaiknya kurangi makan di restoran ya, kalau mau datanglah ke restoran hanya untuk wisata kuliner yang spesial aja.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat ingin belanja hemat di Jepang. See, wisata Jepang itu nggak harus mahal kok. Jadi udah ada rencana untuk pergi ke sana? Jangan lupa pakai outfit yang catchy supaya bisa tampil maksimal saat liburan. Cari di www.gatsuone.com yang menyediakan berbagai pilihan outfit kawaii! See you there..!

You Might Also Like

1 komentar

Like us on Facebook