Tips Buat Kamu yang Ditinggal Mantan Nikah, Nggak Perlu Sedih-sedih Lagi Deh!

13.52.00


Putus atau lanjut ke pelaminan? Itulah dua hal yang udah pasti bakal dihadapin sama sepasang kekasih. Simpel sih memang, tapi yakin bakal kuat kalau orang yang udah lama dipacarin tiba-tiba dinikahin orang lain? Sahabat sendiri pula! Duh banyak kejadiannya nih yang kayak begini.

Jangan sampai kamu nyanyi di pernikahan mantan sambil nangis-nangis ya, perpisahan itu memang bukan perkara yang mudah. Tapi, kebanyakan terlena dengan kesedihan itu juga merupakan cara yang salah dan bukan sikap pria sejati maupun cewek tulen. Ya, kamu wajib move on alias bangkit dari patah hatimu setelah ditinggal Raisa-Hamis nikah *masih ngarep. Move on dengan cara ini deh!

Yaudah terima aja, hubunganmu udah gagal
Wajar sih kalau kamu sedih dalam beberapa waktu saat denger mantan bakal nikah. Ya, meski udah mantan, dia kan juga pernah menjadi bagian penting  dalam hidup kita. Tapi plis deh, nggak usah melow galau terus-terusan juga. Dia aja bisa bahagia, masa kamu enggak?

Terima dan akui bahwa hubungan kalian udah berakhir. Inilah hal yang terpenting, soalnya dengan menerima dan mengakui kegagalan hubunganmu itu adalah bagian dari terapi alami untuk menyembuhkan patah hati.

Banyak di luar sana yang mengalami nasib serupa kok, jadi nggak perlu lah minder dengan kegagalanmu. Bahkan mungkin mereka punya nasib yang lebih ngenes daripada yang kamu alami.

Hapus semua kenangan tentang dia
Biar nggak keingetan lagi, sebisa mungkin jangan lihat barang-barang yang bikin kenangan kalian bangkit. Cara paling rasional yang bisa kamu lakukan itu dengan membuang semua kenangan tentang dia. Foto, boneka, jam tangan, baju, tas, mobil, rumah *laahh banyak yak hhew sayang juga sih kalo dibuang gitu aja.

Ya whatever itu, singkirkan semua jenis barang pemberiannya agar kamu gak lagi-lagi mengingat kenangan manis bersama si dia!

Saat-saat inilah kamu diingatkan untuk lebih mendekat pada Sang Maha Kuasa
Rasa tenang dan positif hanya bisa kamu dapatkan saat kamu berdoa dan mendekatkan diri pada Sang Kuasa. Dijamin ampuh banget untuk mengatasi sakitnya ditinggal menikah oleh si dia. Kamu yang selama ini kerap melupakan Tuhan karena terlalu sibuk dengan hal-hal duniawi, bisa mulai perbanyak ibadah.

Selain bisa bikin hati lebih tenang, siapa tau dengan rajin beribadah Tuhan bakal memberi sosok wanita pengganti buatmu.

Jalan-jalan lah, cari tempat yang nyaman buat berpikir
Selain perbanyak ibadah, jalan-jalan juga bisa jadi cara asik buat menghibur diri sendiri. Cari hiburan di luar sana supaya hatimu terisi dengan banyak hal yang menyenangkan. Tapi jangan ke tempat yang dulu kalian pernah kunjungi ya, nanti baper again. Namanya juga cari hiburan, pilih tempat-tempat asik yang bisa bikin galau kamu luntur.

Selagi jalan-jalan, kamu bisa introspeksi diri bahwa masih ada hal lain di luar sana yang menyenangkan daripada masalah ditinggal nikah. Di puncak gunung tertinggi misalnya, atau cuma ngerasain semilir angin pepohonan bisa bikin kamu sadar bahwa Tuhan pasti punya cara-Nya sendiri untuk bikin kamu bahagia. Yang penting jauhkan diri dari kerumunan orang pacaran.

Nggak bisa mencintai dia lagi, saatnya cintai dirimu sendiri
Posting status galau, jelek-jelekin mantan, upload gambar nangis, atraksi silet-silet tangan, dan minum racun kuda? Seriously, those are the foolish things in the earth! Hel to the Ow, kalo kamu beneran bersikap gini sih, mantanmu bakal bilang “untung gue nggak jadi sama lo”.

Nunjukkin ke semua orang bahwa kamu lagi galau nggak ketulungan, membuktikan bahwa kamu adalah wanita/pria yang nggak banget! Kenapa? Karena sama aja kamu nunjukkin bahwa kamu nggak bisa mencintai dirimu sendiri, gimana bisa mau mencintai orang lain?

Setiap hidup ada prosesnya, nikmatin aja dulu
Ada waktu buat bahagia, nggak adil kalau nggak ada waktu buat sedih. Mungkin ini saatnya kamu lagi disuruh sedih dulu. Nikmatin aja, karena waktu kan bakal berputar terus. Dengan menikmati proses sakit hati ini, justru rasa sakitnya bakal nggak lagi kamu rasakan.

Patut kamu ingat nih! Proses bangkit alias move on dari sakit hati itu gak bisa terjadi dalam sekejap mata. Kamu mungkin bakal benar-benar bisa move on setelah sehari, seminggu, sebulan atau bahkan setahun melalui proses ini. Jadi bersabarlah dan nikmati setiap prosesnya!

Masih ada temen dan keluarga kok, nggak perlu merasa sendirian
Kalau saat itu waktu kamu udah habis buat dia dan bikin hubunganmu dengan teman dan keluarga jadi renggang, maka kamu bisa manfaatkan masa patah hatimu ini untuk memperbaikinya. Kembali jalin hubungan baik dengan teman-teman dan keluarga terutama dengan orangtuamu.

Siapa tau kan, dari mereka kamu justru dikenalin sama gebetan baru.. ayee! Lumayan buat nemenin acara nikahan mantan *loh!

Totalitas move on bakal terlihat di acara pernikahannya, dateng nggak ya?
Lagi galau-galaunya gini, disuruh dateng ke acara pernikahan mantan? Yang boneng?! Iya serius! Tunjukkin dong kalau kamu adalah orang yang jentelmen dan udah move on. Datanglah ke acara pernikahannya, kasih ucapan selamat yang tulus. Tatap matanya, dan yakinin diri kamu bahwa kini dia udah bukan siapa-siapa kamu lagi. Dia udah jadi milik orang lain, dan udah hidup bahagia.

Salamannya jangan lama-lama btw* setelah salaman, nikmatin aja acaranya, makan yang banyak dan jangan sampai rugi. Karena inilah kesempatan ter-terakhir buat mengikhlaskan dia.



Buat apa dipikirin lagi, yang pergi biar lah pergi. Nanti juga yang baru bakal datang. Semoga tips di atas bisa membuat pikiran kita terbuka ya. Let’s move on!

You Might Also Like

2 komentar

Like us on Facebook