Kesalahan yang Selalu Dialami Saat Terima Gaji Pertama. Yuk Ubah dari Sekarang!

12.02.00


Hari apa sih yang paling kamu tunggu banget setiap bulannya? Promo belanja? Hari kumpul keluarga? Atau ketemu sama si pacar LDR? Kalo Tomochan sih, udah nggak usah ditanya lagi pasti nunggu hari gajian :P Hahaha

Gaji pertama pasti menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu ketika baru mulai bekerja di sebuah perusahaan. Setelah hampir sebulan berkontribusi di pekerjaan baru, gaji pertama merupakan imbal jasa yang diberikan perusahaan yang pasti bikin kita seneng banget! Bahkan dari sebelum gajian aja, kadang kita udah memikirkan hal-hal yang mau dibeli, dibayarkan, atau dipakai kelak. Pokoknya nggak sabar buat menerima uang pertama dari hasil kerja lelah kita.

Tapi sayangnya setelah uang gaji sampai di dompet, naluri kita untuk segera ngabisin uang itu sangat kuat. Maunya langsung jalan-jalan, belanja, traktir, dan banyak yang lain-lainnya. Tapi menurut Managing Director HaloMoney.co.id, Jay Broekman menyatakan, gaji pertama sering berpotensi membuat kita melakukan beberapa kesalahan mendasar tentang penglolaan uang.

Makanya, sebelum gaji kamu habis karena pengelolaan uang yang salah, coba deh simak apa kata Jay tentang hal-hal yang biasa jadi kesalahan dalam mengeluarkan gaji pertama.


“Nggak apapa kok kalo gaji gue abis. Ini kan hasil kerja keras gue, anggap aja sebagai upah dari lelahnya hidup gue selama sebulan ini”
Kesalahan pertama yang sering terjadi pada orang yang baru kerja adalah mindset kalo gaji itu harus dihabisin. Ketika pertama kali mendapatkan uang, banyak orang memiliki kecenderungan untuk menghabiskan seluruh uang tersebut untuk bersenang-senang dan menikmati hidup aja. 

Inilah naluri manusia, selagi ada uang kenapa nggak dipake aja? Nah, pemikiran seperti ini yang harus dibenahi nih Oneesan. Biasanya hal ini banyak terjadi pada para pekerja muda. Sebelum terlambat, yuk bijaklah dalam mengatur pengeluaran agar gaji pertama kamu nggak sampai habis seluruhnya.

“Gaji pertama tuh buat seneng-seneng aja dulu, bulan depan baru nabung. Janji deh!”
Kesalahan kedua adalah, nggak nabung! Kalau kamu udah mengerti bahwa gaji itu bukan buat foya-foya aja itu bagus! Tapi masih ada yang kurang nih, nggak mengalokasikan gaji pertama untuk nabung bukanlah hal yang bijak. Menabung itu adalah hal yang perlu dilakukan sejak dini. Harus diingat nih Oneesan, tabungan merupakan salah satu tolak ukur kekayaan finansial pribadi dan bisa dimulai sejak pertama kali kamu menerima gaji. Jadi, nggak perlu nunggu entar-entar.

“Diajak temen, masa nolak?”
Detik-detik menjelang gajian selalu ada godaan temen yang minta ditraktir atau ngajak jalan. Nggak dimana-dimana setelah menerima gajian pertama, ada dua macam godaan yang susah banget buat dihindari sama karyawan baru: mentraktir teman-teman dan ikut bersenang-senang menghabiskan uang yang kamu miliki.

Boleh kok mentraktir teman-temanmu, tapi jangan sampai melewati batas kemampuanmu ya. Traktirlah mereka dengan secukupnya aja, karena mereka sebenarnya nggak mengincar makanan yang mewah kok. Mereka hanya ingin lihat bagaimana perhatianmu pada mereka. Jadi, mendingan sejak awal sisihkan sejumlah uang untuk keperluan ini.

“Gaji kamu berapa?”
Kesalahan keempat, membocorkan jumlah gaji pada orang lain. Padahal gaji kan hal sensitif. Pertanyaan kepo soal gaji pada rekan kerja dapat menimbulkan kondisi kerja yang kurang sehat lho, terutama kalo kita tau ada rekan yang posisi dan tanggung jawabnya sama tapi gajinya lebih gede. Nyezzeg!  
“Kesenangan hari ini buat hari ini, kesusahan besok pikirin besok aja”
Kesalahan terakhir yang masih banyak dilakukan bagi orang yang baru kerja adalah nggak punya rencana keuangan. Hati-hati loh, karena kalau kita nggak memikirkan untuk apa aja uang kita dikeluarin sepanjang sebuan kedepan, hmmm,,  jangan heran kalo di tengah bulan depan uangmu udah habis duluan.

Sebenarnya sah-sah aja kalau kamu mau menghabiskan gaji pertama kamu dalam semalam aja, apalagi kalo mau belanjain Tomochan hehehe… Yang penting buatlah budget sederhana untuk memperkirakan bagaimana kamu akan menggunakan gaji tersebut. Pastikan kamu bijaksana dalam mengelola gaji pertama agar kesalahan-kesalahan di atas nggak kamu alami saat menerima gaji pertama. Semangat sampe akhir bulan!! :)

You Might Also Like

1 komentar

Like us on Facebook