Miliki Umur Panjang dan Lakukan 3 Kebiasaan Sehat Ini

15.01.00

Memiliki umur panjang memang menjadi dambaan setiap orang. Bahkan di setiap perayaan ulang tahun, doa yang tidak pernah kita lupakan untuk diucapkan adalah, “semoga panjang umur dan sehat selalu!” Akan tetapi, apakah Oneesan tahu bagaimana caranya supaya kita bisa panjang umur? Memang sih, umur manusia hanya Tuhan yang mengetahuinya, tetapi selain karena kuasa Tuhan (tentunya) kita bisa loh melakukan beberapa hal yang membuat kita memiliki kesempatan berumur panjang.

Dalam skala rata-rata global, pada umumnya umur manusia hanya mencapai 75 tahun. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti faktor genetik, faktor lingkungan dimana kita tinggal, dan tentunya karena faktor gaya hidup. Terkait dengan lingkungan dimana kita tinggal, lima negara yang memiliki tingkat harapan hidup dengan umur panjang di antaranya adalah Andorra, Perancis, Italia, dan Spanyol. Kalau dilihat dari keempat nama tersebut, nampaknya harapan hidup panjang umur hanya dimiliki oleh orang Eropa. Namun, ada satu negara di Asia yang menjadi peringkat pertama harapan hidup. Yup, Jepang!
Menurut World Report on Aging and Health, Jepang adalah negara yang memiliki populasi dengan harapan hidup yang terlama di dunia. Rata-rata orang Jepang bisa hidup hingga usia 85 tahun. Tentunya hal ini disebabkan karena mereka memiliki pola makan yang baik dan hidup yang aktif. Yang mengejutkan adalah, lebih dari 58.000 orang di Jepang bahkan dapat hidup lebih dari 100 tahun. Spesifiknya, kita bisa melihat daerah Okinawa yang menjadi salah satu daerah blue zone, yakni zona yang memiliiki penduduk paling panjang umur.


Dapatkah kita memiliki umur yang panjang tanpa hidup sehat? Hmm.. nampaknya sulit. Seperti doa ulang tahun yang biasa kita dengar, kalimat “panjang umur dan sehat selalu” adalah satu paket yang tidak afdol untuk dilewatkan ketika kita memberi ucapan. Panjang umur dan hidup sehat adalah dua hal yang saling berhubungan. Jadi, ketika kita melakukan gaya hidup sehat, maka kita telah mengusahakan diri kita untuk memiliki umur yang panjang.

Melihat betapa besarnya harapan hidup panjang umur dari Jepang, kita bisa kok ikuti kebiasaan baik di bawah ini supaya kita bisa memiliki umur yang panjang. Beberapa kebiasaan ini mungkin sudah Oneesan lakukan, atau mungkin juga belum pernah dilakukan. Yuk, coba cek kebiasaan gaya hidup sehat seperti apa yang dapat membuat orang Jepang bisa hidup lebih lama.

Ikan atau daging?


Hayo ngaku, Oneesan lebih suka mengonsumsi ikan atau daging? Kadang kita lebih cepat tergoda bila dihidangkan seporsi tumpukan daging yang aromanya bisa menusuk hingga ke kalbu. Kalau Oneesan lebih sering mengonsumsi daging merah, cobalah untuk menguranginya dan ganti dengan ikan. Orang Jepang lebih suka makan ikan daripada daging. Bahkan mereka terbiasa mengonsumsi ikan sebanyak 100 gram dalam sehari. Jadi, tiada hari tanpa ikan.

Faktanya, ikan dapat mengurangi berbagai resiko serangan jantung dan kanker otak. Wanita Jepang juga percaya bahwa ikan dapat membuat kulit tampak cantik alami. Ikan tuna, salmon, dan mackerel dapat Oneesan olah dengan cara yang sederhana, seperti dipanggang, dibakar, digoreng, dan sebagainya. Orang Jepang juga suka mengolah makanannya dengan cara yang sederhana. Hal ini supaya kandungan gizi yang ada di dalam ikan tidak terbuang dan tetap terjaga kualitasnya.

Makan kenyang atau makan nikmat?

Oneesan pastinya sudah tahu dong kalau orang Jepang terbiasa menggunakan sumpit saat makan. Tetapi, apa sih fungsinya? Bukankah lebih enak makan dengan sendok daripada sumpit? Buat kita sih iya, tapi orang Jepang memiliki filosofi sendiri mengapa mereka memakai sumpit untuk makan. Orang Jepang selalu menikmati setiap makanan yang mereka makan supaya gizinya dapat terserap dengan sempurna. Karena itulah mereka menggunakan sumpit supaya dapat memperlambat waktu dan kecepatan makan. Selain itu, sumpit juga dapat membantu membatasi porsi makan mereka sehingga tidak makan berlebih. Makanan orang Jepang tradisional biasanya hanya setengah porsi dari makanan Barat. Mengapa? Karena dengan porsi kecil, akan memungkinkan orang Jepang untuk makan jenis makanan yang lain supaya mendapatkan gizi secara lebih seimbang.

Jalan kaki atau naik motor?

Ini nih, kebiasaan yang paling sulit bagi sebagian besar orang Indonesia. Kadang kalau kita mau ke warung aja, langsung keluarin motor. Memakai kendaraan pribadi seperti motor sudah seperti properti wajib supaya kita tidak merasa lelah kemanapun kita pergi. Berbeda dengan kebiasaan orang Indonesia, orang Jepang justru lebih suka berjalan kaki daripada naik kendaraan pribadi. Mereka berjalan kaki setiap kemana saja, baik ke warung, restoran, sekolah, tempat kerja, dan sebagainya. Ketika perjalanan jauh, mereka akan lebih memilih untuk menggunakan transportasi umum. Jalan kaki, adalah olah raga yang paling mudah untuk dilakukan dan pastinya merupakan olahraga yang gratis Oneesan. Yuk kurangi kebiasaan menggunakan kendaraan! Selain menyehatkan juga mengurangi polusi.

Itu tadi 3 kebiasaan orang Jepang yang masih perlu kita lakukan dalam hidup supaya memiliki umur yang panjang. Ingat, umur panjang itu dapat kita usahakan dengan gaya hidup sehat Oneesan!


Nggak sulit kan cara untuk bisa memiliki umur panjang? Kalau kamu ingin tampil stylish dan selalu fresh dengan cara yang nggak sulit juga, yuk buka www.gatsuone.com dan follow instagram @gatsuone! Di sana kamu bisa mendapatkan produk fashion Jepang terbaik dan diskon menarik. Hidup sehat itu, semudah kamu memilih fashion kamu! Happy Tuesday!

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook