Sisi Lain Dari Sebuah Kritik

15.23.00

Setiap orang selalu menginginkan sebuah kemajuan. Salah satu yang bisa memajukan manusia adalah sebuah kritik. Terkadang ketika kita menerima kritikan dari orang lain, akan selalu ada bagian dari hati kita yang nggak terima dengan kritik yang ditujukan kepada kita. Ketika hal ini dirasakan maka akan muncul kecenderungan untuk membela diri dan menyerang balik di pemberi kritik. Which is, it’s so childish and immature. Padahal dari sebuah kritikan bisa membangun hal-hal positif dalam diri kita. Yang terpenting adalah kita mengerti makna dari kritik itu sendiri. Yuk intip sisi lain dari sebuah kritik.

Kritik Adalah Sebuah Pendapat Dengan Tujuan Membangun
Yang pertama harus kamu ingat dan tanamkan dalam diri adalah, sebuah kritikan merupakan pendapat yang disampaikan oleh orang lain dengan tujuan membangun pribadi kita supaya menjadi lebih baik dari sebelumnya. Tapi terkadang kita yang nggak paham dengan maksud dan tujuan mereka. Kita justru merasa seperti dipojokkan mengenai sesuatu hal yang ujung-ujungnya bikin kita ingin membalas. Mulai sekarang cobalah lebih dewasa dan berlapang dada atas kritikan yang diberikan oleh orang lain. Bukankah lebih baik orang lain memberikan kritik secara langsung kepada kamu daripada harus membicarakan kekuranganmu di belakangmu. Dengan mereka berani berpendapat tentangmu berarti mereka menunjukkan kepeduliannya dan menaruh harapan bahwa kamu bisa menjadi orang yang lebih baik lagi.

Kritik Mendorong Diri Untuk Lebih Berkaca
Ingat, di atas langit masih ada langit. Jangan pernah berpikir kalau kamu adalah yang terbaik dalam segala hal. Ketika kamu menerima kritikan, berarti itu saatnya di mana kamu harus bisa berkaca akan kekurangan yang kamu miliki. Karena sesungguhnya tiada yang sempurna di dunia ini melainkan Sang Maha Kuasa. Jangan pernah bete atau ngambek saat diberikan penilaian oleh orang lain, apalagi langsung  memberikan sikap defensif yang siap menyerang balik. Terima aja dulu apa yang orang lain katakan kepada kamu. Introspeksi diri tentang hal tersebut dan berubahlah menjadi pribadi yang lebih baik. Kritik adalah bentuk dorongan agar diri kita lebih berkaca terhadap kekurangan dalam diri dan berusaha mengubahnya menjadi kelebihan yang menguntungkan.

Kritik Akan Memberikan Hasil Yang Lebih Baik
Ketika hasil karya kita dinilai memiliki kekurangan oleh orang lain, di situ bukanlah saatnya kita untuk merasa down dan depresi. Tapi lihatlah ini sebagai kesempatan untuk mendapatkan hasil yang jauh lebih baik dan sempurna. Revisi akan suatu hasil karya adalah hal yang biasa, segalanya nggak akan langsung menghasilkan sesuatu yang terbaik tapi melalui banyak proses. So, kritikan adalah hal penting untuk membuat karya yang jauh lebih matang dan sempurna.

Jadi kalau ada pepatah yang mengatakan “lihatlah segalanya dari dua sisi”, itu benar adanya. Kalau kamu hanya sibuk terfokus dengan satu sisi yang kamu anggap benar, kamu nggak akan pernah menjadi orang yang lebih dewasa. Tapi kalau kamu berani untuk melihat dari sisi seberangmu, percayalah segalanya akan lebih menyenangkan. Terimalah sisi lain dari sebuah kritikan, karena kritik nggak selamanya nggak baik.

Kalau produk fashion GatsuOne がつおね yang ada di www.gatsuone.com sih udah pasti terjamin terbaik kualitasnya. Semua produk melalui proses quality control yang ketat dan profesional sehingga menghasilkan produk terbaik dan sesuai dengan esensi fashion Jepang. Follow Instagram @gatsuone dan dapatkan promo menariknya. Cheers!

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook