Rencana Travelling Ke Luar Negeri Sering Kandas Gitu Aja? Coba Tips Ini deh!

14.38.00


Apakah kamu punya mimpi travelling ke luar negeri tapi belum juga kesampean? Impian ini memang menjadi keinginan yang besar bagi banyak orang. Meski saat ini terbang ke luar negeri kayaknya mudah, tapi tetap aja rencana ini nggak jadi-jadi juga. Memang sih pergi ke luar negeri yang kita impikan bukan pertimbangan yang gampang, apalagi jika dana di tabungan masih pas-pasan.

Tapi, percaya deh selalu ada jalan ketika kamu berusaha mewujudkan impian kamu. Makanya, biar nggak gagal lagi travelling ke luar negeri, coba ikutin tips ini yuk!

Balikin niat kamu dan tancapkan hingga ke relung hati, bahwa kamu bisa mewujudkannya
Duh klise banget deh kata-kata mimin! But it’s true, girl! Semua hal harus didasari oleh niat. Kalau kamu menginginkan sesuatu, maka kamu harus punya niat yang sungguh-sungguh. Kalau rencana travelling ke luar negeri udah nggak jadi prioritas kamu, maka akan ada aja hal-hal lain yang akan mengusik tujuan hidup kamu. Tapi nggak cuma berhenti di niat aja, kamu harus punya modal dan usaha untuk mewujudkan niat kamu ini.

Kemanapun kamu pergi, nggak akan ada yang gratis
Meski kamu sering denger dan baca kisah orang lain yang bisa travelling dengan gratis, nyatanya nggak segratis itu guys! Even kamu dibayarin oleh sponsor, menang hadiah, atau diajak si om, tetep aja kamu akan mengeluarkan uang untuk perintilannya. Air minum aja kudu beli ya kan? Karena itu, persiapkan rencana travelling-mu dengan uang. Mulailah menabung rutin minimal setahun sebelum keberangkatan.

Kurang-kuranginlah mengeluarkan biaya untuk sesuatu yang nggak terlalu dibutuhkan. Misalnya, kamu bisa memotong biaya makan di restoran, nonton di bioskop, karokean sama temen, beli-beli pakaian/tas/sepatu baru setiap sebulan sekali, dan hal-hal lain yang sekiranya bukan kebutuhan paling utama. Mulailah menabung!

Cari info tentang travel agent
Kalau kamu niat pergi sendirian namun masih bingung arah dan tujuan ketika di luar negeri, kamu bisa bergabung dengan travel agent. Pilihlah paket yang sesuai dengan budget kamu. Sehingga kamu nggak perlu khawatir soal tempat menginap, transportasi, biaya, masuk tempat wisata, dan segala macemnya deh.

Mulai berburu tiket promo
Buat kamu yang anti sama travel, segera cari promo tiket ya! Hampir sepanjang tahun, beberapa maskapai penerbangan membuka harga promo. Biasanya jadwal penerbangannya dilakukan 6 bulan atau setahun setelah promo dibuka. Nah, karena masih ada spare waktu, kamu masih bisa mempersiapkan hal-hal lainnya. Dengan booking tiket pesawat, kamu udah selangkah lebih mantap untuk mewujudkan impian kamu. Namun satu hal yang perlu diperhatikan, tiket promo biasanya berlaku untuk weekdays aja, jadi jangan asal pilih hari jika kamu terikat dengan pekerjaan yang susah cuti.

Stop bilang sibuk dan nggak punya waktu luang
Alasan paling klise yang sering dilontarkan sama orang yang ngaku pengen berlibur tapi nggak bisa-bisa adalah sibuk dan nggak punya waktu luang. Padahal kalo dipikir-pikir lagi, justru karena kamu sibuk makanya kamu butuh waktu buat liburan, ya kan?? Memang sih, tuntutan pekerjaan atau tugas kuliah memang membuat orang nggak bisa leluasa untuk meninggalkan tanggung jawabnya tersebut. Namun bukan berarti nggak punya waktu luang yang bisa diselipkan untuk me-refresh otak.

Bikin paspor
Udah jelas lah ya, kalau mau ke luar negeri harus punya paspor. Namun bukan cuma asal punya aja. Tentunya paspor kamu harus aktif setidaknya dalam waktu 6 bulan selama kamu berpergian. Kayaknya memang sederhana, tapi banyak kasus yang bikin traveller gagal berangkat karena lupa sama masa expired. Kalo udah ketahan di petugas imigrasi, yaudah the end. Kamu nggak akan bisa membujuk mereka untuk mengizinkan kamu berangkat. Karena itu pastikan paspor kamu aman dan jangan lupa dibawa pas berangkat.

Ajaklah teman, namun jangan bergantung sama teman kamu
Nah, ini step terakhir yang bisa kamu lakukan setelah semua yang udah kamu kerjakan di atas. Travelling sendirian mungkin menyenangkan, tapi kalo bisa pergi bareng temen bakal lebih seru lagi, dan lebih hemat pastinya. Karena semakin banyak teman maka biaya yang kamu keluarkan untuk menginap bisa lebih murah.

Tapi jangan salah, teman juga bisa menjadi salah satu faktor kegagalan kamu berangkat travelling ke luar negeri lho! Misalnya, kalian udah tentuin ini-itu sejak jauh-jauh hari tapi sehari sebelum hari H, temanmu membatalkan rencana kalian. Nyebelin banget nggak sih? Karena itu jangan sampai acara jalan-jalan kamu bergantung pada teman kamu. Jadi, sekalipun dia batalin, kamu tetap bisa melanjutkan rencana kamu.

Nah itulah tujuh cara biar rencana travelling kamu nggak gagal lagi kali ini. Kamu pasti bisa mewujudkannya kok! Satu lagi, biar nggak kaget dengan cuaca di sana kamu perlu mempersiapkan pakaian yang sesuai dengan musim yang lagi terjadi di sana. Selengkapnya cari koleksi fashion kamu di www.gatsuone.com ya! Follow juga instagram @gatsuone biar nggak ketinggalan info dan promo setiap harinya. Selamat liburan!

You Might Also Like

1 komentar

Like us on Facebook