8 Period Hacks yang Bisa Bikin Masa PMS Kamu Jauh Lebih Baik

12.28.00

Masa-masa PMS alias pre menstrual syndrome bisa menjadi minggu yang nyebelin buat sebagian wanita. Meski selalu datang setiap bulan, rasa kembung, kram bagian bawah perut, nyeri di payudara dan cepet lelah susah untuk dihilangkan. Maunya males-malesan aja di atas kasur demi membuat perut dan badan berada di posisi nyaman. Tapi apakah berbaring aja cukup untuk membuat kamu merasa lebih baik menghadapi sakit yang lagi kamu alami? Kalau enggak, simak 8 cara biar rasa sakit PMS hingga menstruasi kamu terbantu yuk!

Pakai air panas dalam botol untuk mengompres perut yang kram
Letakkan botol air panas yang dibungkus handuk di atas perutmu. Atau bisa juga pakai bantalan panas sebagai ganti handuk. Ini bakalan membantu banget. Jadi, kapanpun kamu mengalami kram, isilah botol dengan air panas, bungkus botolnya dengan handuk, berbaring, topangkan kaki ke atas bantal, dan rileks aja. Namun, kalau cara ini masih nggak bisa mengatasi rasa kram pada perut, bisa juga gunakan HeatWraps untuk dipakai di dalam celana. Ssstt, nggak bakal ada yang tahu kok!

Minumlah obat-obatan yang tepat
Kapan pun PMS menyerang, wanita cenderung mencari obat pereda rasa nyeri. Dan kebanyakan obat-obatan tersebut mengandung Tylenol (acetaminophen) atau Advil (ibuprofen). Tapi menurut ahli, obat dengan kandungan Naproxen akan lebih cepat menghentikan rasa nyeri dan kram. Namun tetap harus dengan resep dokter karena obat ini tergolong obat yang punya efek sangat kuat.

Eat bananas
Biasanya kalo lagi PMS itu maunya makan tapi sebenarnya nggak mau makan. Bingung kan, maunya apa coba?? Kalau kamu mau mencari camilan, carilah pisang sebagai pengganjal perut. Karena kalium di dalam pisang dapat membantu masalah kram pada penderita PMS. Meski nggak menghilangkan rasa sakit, pisang akan sangat membantu kamu untuk merasa lebih baik, apalagi kalau dicampur susu dan milkshake. Yuummyyy!

Mulai gunakan cloth pads
Kadang, salah satu hal yang memperburuk keadaan saat menstruasi adalah rasa nggak nyaman karena pembalut sudah kelamaan dipakai. Bahkan kulit yang sedang sensitif ini bisa mengalami ruam dan lecet bila menggunakan pembalut terlalu lama. Karena itu, sesekali beralihlah menggunakan kain. Rasanya akan sangat berbeda dan bahkan sangat lembut begitu kamu memakainya, apalagi ini bisa menghemat ratusan ribu setiap bulannya. Hehe

Jangan tidur aja, gerak yuk!

Untuk kamu yang sering mengalami mood swing saat PMS, coba yuk lakukan latihan aerobik atau aktivitas lain yang bisa membuat jantung berdetak dengan cepat. Kamu juga bisa jogging, jalan pagi, bersepeda, atau berenang juga bisa jadi alternatif sehat dan menyenangkan untuk mengurangi stres saat PMS.


Track your cycle
Mungkin ini rasanya kayak “apa banget sih tracking siklus keseharian --__--” tapi perlu diketahui nih Oneesan, di masa menstruasi yang rawan bikin aktivitas kamu berantakan karena nyeri di sekujur tubuh, aplikasi PMS akan membuat kamu jadi merasa lebih baik. Biasanya, terdapat beberapa aktivitas dan tips yang perlu kamu lakukan untuk mengontrol kadar stres dan makanan yang perlu kamu perhatikan selama menstruasi. Pasti akan sangat membantu.

Let yourself indulge
Kalau di hari-hari biasa kamu sangat ketat menjaga berat badan tubuh dengan makan makanan tertentu aja, saat mens jangan lakukan itu. You need to just make yourself happy! Saat periode kamu dimulai, kamu sangat membutuhkan asupan makanan yang banyak untuk membuat keadaan kamu jadi nyaman dan tentram tanpa ‘senggol bacok’. Jadi, makanlah apa yang bisa bikin kamu bahagia.

Tidurlah dengan handuk
Untuk kebayakan wanita masa PMS memang sangat melelahkan, apalagi saat masuk menstruasi hari pertama. Salah satu hal terburuknya adalah ketika pembalut nggak bisa lagi menampung darah yang keluar, dan akhirnya mengalir hingga ke seprai dan bahkan ke kasur. Oh NO! Udah pegel dapat mens masih harus ngurusin yang bocor-bocor ini?? T.T


Ada beberapa wanita yang mengakali masalah ini dengan perlak bayi, namun kamu juga bisa memakai handuk berbulu yang warnanya gelap untuk diletakkan di atas seprai. Jadi jika bocor, itu akan mendarat di handuk dan bukan seprai.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat lagi ngalamin PMS. Intinya sih, hindari mood swing yang bisa menyerang kamu kapan aja. Jangan lupa bahagia dan share juga cara kamu menaklukkan waktu period kamu! Have a great day!


You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook