8 Kebiasaan Kecil yang Sebenarnya Buruk Untuk Kesehatan Kulitmu

12.38.00


Hampir semua orang berusaha untuk memiliki kebiasaan baik yang pastinya bertujuan untuk merawat kesehatan tubuh. Namun tahukah kamu bahwa nggak semua kebiasaan-kebiasaan yang selama ini nggak sengaja kita lakukan bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan. Meski kebiasaan itu susah untuk diubah, beberapa alasan ini mungkin akan membuat kamu merasa inilah saatnya buat keluar dari kebiasaan buruk ini.

Menyikat gigi setiap setelah makan
Waktu kecil mama papa sering bilang bahwa menyikat gigi adalah satu-satunya cara untuk mencegah gigi berluabang. Itu bener banget! Tapi menyikat gigi terlalu sering justru bisa melemahkan email gigi kamu. Dan akhirnya membuat gigi kamu jauh lebih sensitf. Kita memang perlu menyikat gigi, tapi nggak perlu panik buru-buru menyikat gigi.

Main Handphone sebelum tidur
Hahaha, kita semua pasti melakukan hal ini! Tapi kebiasaan memainkan handphone sebelum tidur merupakan kebiasaan yang buruk, Oneesan. Bukan hanya buruk untuk mata aja, tapi kebiasaan ini bisa membuat kita jadi sulit tidur. Jadi ya wajar aja kalau kamu jadi susah bangun di pagi harinya. Mulai sekarang coba yuk nggak pegang handphone 30 menit sebelum tidur untuk memastikan kamu bisa tidur nyenyak dan berkualitas. Hmm.. Bisa nggak ya?

Banyak tidur di akhir pekan
Setelah melewati enam hari kerja yang sangat melelahkan, rasanya pingin banget santai beristirahat di akhir pekan. Setidaknya bisa bangun agak siangan. Yang biasanya bangun jam 5 pas hari kerja, hari Sabtu dan Minggu jadi bangun jam 10 (semoga bukan jam 10 malam). Udah bangunnya siang, siang hari pun ingin tidur siang lagi. Duh! Weekend-mu akhirnya habis dengan kegiatan yang sangat unfaedah yakni tidur, makan, terus tidur lagi. Siapa yang nggak ingin hidup santai kayak gini? Tapi waktu tidur kamu yang over di akhir pekan ini bisa merusak jadwal istirahat tidurmu. Karena tubuh memerlukan adaptasi jika kamu secara tiba-tiba mengubah kebiasaan tidur. Jadi cobalah untuk mendapatkan waktu tidur yang sama setiap harinya.

Memencet Jerawat
Meski kita tahu ini adalah kebiasaan yang buruk, masih banyak orang yang melakukannya. Siapa coba yang tahan melihat jerawat gede-gede di wajahnya tiba-tiba?? Kebanyakan orang pasti ingin memencet jerawatnya. Normal kok kalau kamu merasa nggak betah dengan adanya jerawat di wajah, tapi coba hentikan kebiasaan ini karena bisa menimbulkan infeksi. Bahkan mungkin jerawatnya akan timbul lebih banyak lagi. Pilihlah perawatan jerawat yang baik daik dan biarkan ia hilang dengan sendirinya.

Memakai moisturizer pada kulit kering
Seperti namanya, moisturizer berfungsi untuk membuat kulit kita terasa lembab atau moist. Tapi sebaiknya jangan pakai moisturizer ketika kulitmu sudah terasa kering. Justru kamu perlu mengoleskan pelembab tubuh sesaat setelah kamu selesai mandi untuk mengunci kelembaban tubuh. Kita perlu banget nih melembabkan kulit untuk memastikan kulit kita selalu sehat dan terhidrasi, jangan cuma pas merasa kulitmu kering dan terkelupas aja.

Mandi setiap hari
Bukan berarti nggak boleh mandi setiap hari kok, Oneesan. Namun, mandi dengan air panas setiap hari bisa benar-benar bikin kulit kamu kering. Jadi, mandilah setiap hari dengan suhu air normal atau cenderung hangat.

Menyentuh wajah
Kita semua pasti menyentuh wajah, nggak mungkin nggak nyentuh wajah. Tapi kamu harus sedikit sadar betapa berbahayanya kotoran dan minyak di tangan kamu bisa menyebabkan kerusakan pada kulit. Misalnya kerusakan seperti jerawat dan iritasi. Hal ini juga berlaku ketika wajah kamu sering ketutupan poni dan helm. Jadi pastikan untuk bersihkan tanganmu dulu sebelum sentuh-sentuh wajah.

Menyentuh Rambut
Apakah kamu suka memutar-mutar rambut pakai jari pas lagi bosen atau ngelamun? Sama!! Nampaknya memang nggak berbahaya, tapi kebiasaan ini bisa menyebabkan kerusakan dan rambut keriting. Nggak hanya itu aja, kalau setelah menyentuh rambut lalu menyentuh wajah, bisa-bisa minyak rambut tertransfer ke wajah. Sering-sering ikat rambutmu dan kurangi intensitas menyentuh rambut ya!


Nah, sekarang sudah tahu kan, kebiasaan kecil yang mungkin sering banget kamu lakukan ternyata buruk bagi tubuh dan wajah kita. Mulai kebiasaan hidup sehat yang baru yuk dan jangan lupa bahagia! Karena cantiknya kulit wajahmu terpancar dari dalam hati yang bahagia. Have a great day Oneesan!

(Via www.gurl.com)

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook