Kebiasaan Yang Membuat Kamu Terlihat Tidak Profesional
15.53.00
Dunia
kerja adalah dunia yang penuh dengan kejutan, apalagi untuk lulusan baru yang
belum punya pengalaman bekerja sebelumnya. Kalau dulu kuliahnya nggak serius,
jangan sampai kenggak-seriusan itu dibawa-bawa ke fase kerja yang baru mau kamu
mulai ya. Dunia perkuliahan mungkin masih bisa sambil main-main, tapi kalau
udah masuk ke profesional kerja tentu kamu nggak bisa dong masih punya sifat
main-main yang kamu punya pas kuliah. Bukan berarti kamu harus selalu serius
pas kerja, kamu harus tetap bisa membagi waktu dan situasi dengan tepat. Work hard,
play hard. Jangan lakuin kebiasaan-kebiasaan
ini ya Oneesan, karena hal-hal ini bisa bikin kamu terlihat jadi nggak
profesional di mata rekan kerja dan si bos. Yuk disimak baik-baik ya.
Sering
Telat
Terkenal
di kantor bisa jadi keuntungan buat kamu, tapi kalau terkenalnya karena hal
negatif sih nggak banget ya, misalnya karena sering telat datang ke kantor. Jangan
pernah jadiin terlambat sebagai kebiasaan kamu. Apalagi kalau alasannya adalah
macet, yang ada kamu nanti diketawain. Sekarang ini macet udah bukan alasan
lagi, karena di mana-mana pasti macet. Kalau udah tahu macet ya datanglah lebih
pagi supaya nggak terjebak kemacetan itu. Biasakan datang tepat waktu ya,
selain untuk menghargai rekan kerja kamu tentu untuk menghargai diri kamu
sendiri.
Salah
Kostum
First
impression itu penting banget lho, tapi bukan berarti impresi-impresi selanjutnya
nggak penting ya. Jadi penampilan kamu harus selalu oke kalau ke kantor atau
ketemu klien di luar kantor. Sesuaikan pakaian kamu dengan acara, waktu dan
tempat yang kamu datangi, jangan sampe salah kostum. Kalau kamu sering salah
dalam berpakaian, bisa bikin kamu terkesan nggak profesional lho. Makanya jaga
penampilan kamu karena hal itu memang penting banget.
Nggak
Fokus
Hari
gini kayaknya hampir semua orang punya social media deh. Terkadang hal tersebut
bisa bikin kita terhanyut sama nikmatnya internet surfing dan main social
media. Sampai ada istilah “autis” buat orang-orang yang selalu menunduk dan
terpaku sama smartphonenya. Jangan sampe kalau di kantor keganggu sama suara
notifikasi media sosial dari handphone kamu. Prioritaskan pekerjaan dan lebih
baik kurang-kurangin deh main social media saat jam kerja. Apalagi pas meeting,
jangan sampe kamu kelihatan nggak fokus ke pembicaraan dan malah lebih fokus
internetan di bawah meja. Nggak banget deh!
Terus
Bicara Jarang Mendengar
Kamu
boleh jadi orang yang banyak bicara tapi jangan sampai apapun yang keluar dari
mulut kamu itu nggak berisi, alias tong kosong nyaring bunyinya. Terkadang banyak
orang yang mau menunjukkan kemampuan berbicaranya dengan segala pengetahuan
yang dimilikinya tapi bukan berarti harus terus berbicara dan nggak pernah
mendengar orang lain dong? Kamu tentu perlu juga belajar dari pengalaman dan
pengetahuan orang lain. Terlebih ketika di kantor, saat kamu mendengarkan
dengan cermat pembicaraan rekan kerja atau atasan kamu tentu akan membuat
mereka merasa dihargai dan akan menunjukan bahwa kamu adalah orang yang
profesional.
Nggak
Mau Menerima dan Memberi Kritik
Setiap
orang nggak mungkin memiliki kesempurnaan. Di dunia kerja tentu kamu bisa
melakukan kesalahan. Jadi diberikan kritikan adalah hal yang sangat wajar di
lingkungan kerja. Hal itu bisa datang dari rekan kerja atau atasan kamu. Ketika
diberikan kritikan kamu harus bisa menerimanya, karena kalau yang nggak mau
menerima kritikan kerja tentu justru menunjukkan sikap yang nggak profesional. Makanya
kalau kamu dapet kritikan harus bisa diterima dengan lapang dada ya. Selain
harus menerima kritikan, kamu juga harus bisa memberikan kritikan kepada rekan
kerja. Jadi kamu harus pintar-pintar membagi antara hubungan pertemanan dan
profesional kerja.
Itulah
kebiasaan-kebiasaan yang bisa bikin kamu terlihat nggak profesional di dunia
kerja. Kalau kamu sering melakukan hal-hal di atas, yuk ubah kebiasaan itu dan
jadilah pribadi yang lebih baik. Nah supaya kamu nggak salah kostum, yuk cek www.gatsuone.com dan dapatkan kostum kerja favoritmu sesuai dengan acara yang kamu datangi. Jangan lupa juga follow Instagram @gatsuone. Semangat bekerja, Oneesan!
0 komentar