Tips Sukses Membangun Teamwork Dalam Lingkungan Kerja
15.23.00
Memasuki dunia kerja, tentunya akan berbeda
dengan dunia sekolah ataupun kuliah. Di dalam dunia kerja, kita akan dituntut
untuk lebih mandiri serta dapat dengan cepat menyesuaikan diri dengan
lingkungan baru, kan? Nggak jarang nih, berbagai macam jenis pekerjaan menuntut
kita untuk dapat bekerja dalam tim dengan baik. Namun, apa jadinya kalau kita
adalah karakter orang yang nggak suka bekerja dalam tim? Wah, bisa-bisa jadi
masalah nih. Sebagai makhluk sosial, kita nggak boleh lho nggak berinteraksi
dengan orang lain. Sebisa mungkin harus
diusahakan untuk bisa bekerja sama dalam tim. Sebagian besar pekerjaan
yang ada membutuhkan skill teamwork yang baik.
Nah berikut tips jitunya!
Menentukan
Tujuan Bersama dan Individu
Hal pertama yang harus diperhatikan untuk mendapatkan
teamwork yang baik adalah menentukan tujuan bersama. Hal ini dikatakan penting
karena dengan menentukan tujuan bersama dalam tim, anggota tim akan lebih
mengetahui “arah” yang harus mereka tuju. Mau kemana mereka menentukan langkah selanjutnya untuk Perusahaan,
Target yang akan dicapai, hal-hal yang harus dilakukan untuk mencapai target
tersebut. Dan nggak
cuma tujuan bersama yang harus ditentukan, tujuan setiap individu juga harus
ditentukan. Tujuan individu disini berarti tujuan setiap anggota bergabung
dalam tim. Apakah mereka memiliki tujuan untuk sukses atau malah tujuan awal ia
masuk ke dalam tim hanya sekedar untuk mendapatkan tempat kerja semata.
Ajak berbincang dengan topik-topik ringan akan
membantu anggota tim mengetahui tujuannya. Selain itu, kita juga bisa membangun
komunikasi yang baik dengannya. Harus selalu kita ingat, untuk mendapatkan
teamwork yang baik, kita harus menyamakan visi atau
nafas agar apa yang kita dan tim impikan tercapai.
Selalu Ingat Pada Tugas dan Kewajiban dan
Mulailah Untuk Fokus
Hal yang nggak kalah pentingnya dengan
menentukan tujuan bersama adalah fokus pada tugas dan kewajiban masing-masing.
Jika dalam sebuah tim terbagi menjadi beberapa tim kecil lainnya, ada baiknya
setiap tim kecil mengetahui apa tugas dan kewajiban mereka. Hal ini harus
dilakukan agar semua pekerjaan dan semua masalah yang ada dapat dengan cepat diselesaikan.
Jika posisi kamu
sebagai seorang atasan yang mengepalai mereka, nggak salah
kok buat kamu untuk terus mengecek progress pekerjaan karyawan kamu. Jika ada satu atau dua
orang yang mulai melenceng dari tugas dan kewajiban mereka, disarankan buat
kamu untuk langsung berkomunikasi dengan mereka. Dengan seperti itu, kamu bisa
membantu meluruskan kembali “jalan”-nya agar tetap fokus dalam pekerjaan.
Saling
Terbuka Dengan Anggota Tim
Sikap terbuka adalah salah satu hal yang harus
dimiliki setiap anggota tim untuk membangun teamwork yang lebih baik lagi. Jika
kamu memiliki sebuah informasi, nggak ada salahnya kok untuk membagikannya
kepada anggota tim. Tapi, dengan catatan informasi yang kamu berikan bukan
gosip. Perlu diketahui, jika ada banyak informasi yang disembunyikan di antara
anggota tim, hal ini bisa mengganggu produktivitas dan moral tim. Karena
biasanya informasi yang disembunyikan akan salah diartikan sebagai gosip. Namanya juga gosip.
Jarang deh ada gosip yang positif, kebanyakan pasti negatif. Oleh karena itu,
disarankan untuk setiap anggota tim saling terbuka satu dengan yang lainnya.
Saling
Percaya Adalah Kunci Sukses
Jika kamu memiliki keinginan untuk sukses,
harus banget lho memiliki sikap saling percaya. Dengan kamu memiliki sikap
saling percaya, segala macam ketakutan yang ada dalam dirimu akan hilang. Nggak
lagi deh takut kalau si A begini atau si B begitu. Ciptakan pikiran yang
positif terhadap setiap anggota tim mu.
Jika kamu ada di posisi atas, sikap saling
percaya ini penting untuk kamu miliki. Dengan kamu mempercayai anggota tim
kamu, disana mereka akan memiliki pikiran bahwa kamu sebagai atasan menghargai mereka
dan memandang mereka berada ditingkatan yang sama denganmu, bukan seperti
bawahan kamu. Jika ada pekerjaan yang nggak bisa kamu handle sendiri, kamu bisa
kok untuk meminta tolong anggota tim kamu untuk membantu. Dengan begitu, kamu
bisa membangun relasi yang baik dengan setiap anggota tim.
Tebarkan dan Tularkanlah Energi
Positif
Wah, kalau yang satu ini nih, penting dimiliki
oleh setiap anggota tim. Kemampuan untuk menularkan energi positif. Diketahui
bahwa jika kamu “mengeluarkan” energi positif ke orang lain, dengan cepat orang
tersebut akan menerima dampaknya. Punya impian menjaga teamwork dalam
lingkungan kerja? Jangan lupa untuk selalu menularkan energi positif ke anggota
tim yang lainnya. Dengan suasana kerja yang positif, dijamin deh segala macam
kerjaan dan masalah akan teratasi dengan baik. Jika kamu berada di posisi atasan, nggak ada salahnya
juga buat kamu untuk menularkan energi positif ke anggota tim kamu. Jangan
selalu ngomel karena kesalahan yang mereka lakukan, cobalah untuk merembukkan
solusinya bersama. Dengan membicarakannya baik-baik, masalah selesai, hubungan
baik pun terjalin. Keren kan?
Jadilah
Pendengar yang Baik
Untuk kamu yang sudah berada di tingkat managerial, skill untuk mendengarkan
pendapat dari bawahan kamu sangat penting. Percaya atau nggak, dengan kamu
mendengarkan semua pendapat bawahan kamu, mereka akan merasa sangat dihargai.
Nggak cuma itu aja, jika pendapat mereka bisa membawa perubahan positif bagi
tim atau mungkin untuk perusahaan, nggak ada salahnya lho buat kamu untuk
mempertimbangkan idenya. Karena, nggak jarang anak buah memiliki pengetahuan
yang lebih mengenai problem yang terjadi. Nggak cuma harus menjadi pendengar
yang baik, kamu juga harus bisa memberikan pujian kepada mereka yang memang
pantas untuk mendapatkannya ya! Dengan begitu, mereka akan bisa lebih loyal
lagi dengan kamu. Nggak susah kan untuk menjadi pendengar yang baik?
Membuat
Kegiatan Untuk Meningkatkan Teamwork
Membangun teamwork yang baik ternyata bisa
dimulai dari hal yang sangat kecil. Sebagai contoh aja nih, makan siang
bersama, dipercaya bisa meningkatkan teamwork. Karena, disini kalian nggak cuma
makan siang aja, tetapi kalian juga bisa berbincang mengenai topik-topik ringan
sampai topik yang berat. Disarankan saat makan siang bersama, kalian hanya
membicarakan topik ringan saja. Karena, jika membicarakan topik berat, kalian
nggak bisa refreshing di jam istirahat. Nggak cuma makan siang bersama, bisa
saja dalam satu bulan sekali, kalian merencanakan untuk nonton bareng atau
jalan-jalan bareng. Dengan melakukan kegiatan-kegiatan simple ini, dijamin
teamwork kalian akan semakin bagus. Bisa juga nih, kamu dan anggota tim merencanakan liburan Tahun
Baru bersama anggota tim. Membicarakan apa yang sudah kalian lakukan di tahun
ini dan apa yang akan kalian lakukan di tahun depan untuk membuat tim semakin
kuat.
Membuat
Sistem Penghargaan
Wah, kalau yang ini kayaknya harus diterapkan
oleh setiap tim nih. Membuat sistem penghargaan. Dengan adanya penghargaan,
nggak mungkin deh ada anggota tim yang kerja malas-malasan. Namun, harus
diingatkan nih buat seluruh anggota tim, mereka harus berkompetisi dengan
sehat. Mereka juga bisa diarahkan untuk saling memberikan dukungan satu dengan
yang lainnya. Dengan begitu, nggak menutup kemungkinan setiap anggota tim
mendapatkan penghargaan karena kerja keras mereka. Penghargaan yang diberikan
bisa berupa intensif atau mungkin plakat penghargaan.
Memberikan
Dukungan yang Tulus
Sebagai seorang leader, kamu harus bisa
memberikan kebebasan kepada anggota tim untuk mengembangkan skill mereka.
Namun, jika ada dari mereka yang menemukan jalan buntu, kamu, sebagai seorang
leader harus dengan cekatan membantunya. Berikan masukkan-masukkan yang positif
agar dia dapat “bangkit” lagi. Penting
untuk diingat selalu, sebagai leader yang baik, kamu harus memahami
anggota tim kamu. Baik kekuatan serta kelemahan mereka. Jangan biarkan mereka
putus asa dan “jalan” di jalan yang nggak benar. Selalu berikan dukungan yang
tulus kepada mereka. Dengan begitu mereka akan merasa selalu diperhatikan
dengan kamu. Nggak susah kan untuk selalu memberikan dukungan serta bantuan
untuk anggota tim?
Buatlah Suasana yang Menyenangkan
Selain harus memberikan dukungan yang tulus
dan menjadi pendengar yang baik, kamu juga harus bisa membuat suasana yang
menyenangkan. Dengan membuat suasana kerja yang menyenangkan, kamu bisa
membantu anggota tim untuk bekerja lebih maksimal lagi. Jangan sampai kamu
dicap sebagai leader yang galak dan nggak bisa berbaur dengan anggota tim yang
lainnya. Dengan begitu nggak menutup kemungkinan lho bisa banyak gosip yang
beredar karena sikap kamu yang acuh dengan anggota tim lainnya. Nggak mau kan
sampai suasana kerja nggak fun karena hal yang sangat sepele? Oleh karena itu,
ada baiknya kamu bisa membuat suasana yang menyenangkan di lingkungan kerja.
Kerja senang, hasil kerja memuaskan. Gimana? Perlu banget kan buat dicoba?
Yap, itu dia tips yang bisa kamu terapkan
dalam lingkungan kerja. Nggak susah kan? Semoga setelah membaca artikel yang
satu ini, teamwork di lingkungan kerja kamu semakin bagus ya.Perlu diingat nih,
jangan lupa untuk menciptakan suasana kerja yang nyaman.
Yuk upgrade look kamu dengan fashion item dari
GatsuOneがつおね . Cek koleksinya di www.gatsuone.com
Jangan lupa juga untuk follow instagram
@gatsuone untuk info promo & Product terbaru:)
Orang bijak tentu selalu meninggalkan jejak,
yuk comment:) Dan jika kamu beruntung kamu bisa dapet voucher belanja lho.
0 komentar