5 Makanan Penjaga Kesehatan dan Stamina Saat Berpuasa

11.52.00


Puasa telah tiba, puasa telah tiba, hatiku gembira. Akhirnya waktu yang ditunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia tiba juga, bulan Ramadhan. Biasanya menjelang bulan puasa, tiap-tiap rumah sudah mempersiapkan banyak bahan untuk berbuka puasa. Namun saking excited-nya terkadang makanan yang dipersiapkan nggak diperhatikan efek sampingnya, yang penting enak dimakan. Padahal ketika berpuasa tentu kita harus lebih menjaga tubuh supaya tetap bugar dan lancar dalam melaksanakan puasa. Dan inilah 5 makanan yang bisa menjaga stamina dan kesehatan tubuhmu selama berpuasa.

Beras Merah
Apa kamu tahu ternyata beras merah baik dikonsumsi saat sahur? Ya benar sekali. Dibandingkan dengan beras putih biasa, beras merah memang dapat membantu menahan lapar saat berpuasa. Selain itu nasi merah pun mengandung zat gula yang lebih rendah sehingga dapat menjaga kestabilan gula darah selama menjalankan puasa. Bahkan salah satu situs ternama pernah menginformasikan bahwa beras merah dapat membantu mengontrol kadar kolesterol serta mengandung antioksidan yang berfungsi sebagai pencegah kanker. Hebatnya lagi, beras merah sangat baik untuk melancarkan pencernaaan manusia. Hal tersebut sangat baik, terlebih ketika berpuasa. Memang jika dilihat dari sisi ekonomi, beras merah lebih mahal dibandikan dengan beras putih, namun hal itu sebanding dengan khasiat yang terkandung di dalamnya bukan?

Oat
Oatmeal juga baik dikonsumsi saat melaksanakan puasa. Kenapa? Hampir sama dengan beras merah, oat juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Misalnya untuk menjaga kolesterol dalam darah, mengatur kadar gula darah, membentuk kekebalan tubuh dan menjadi sumber tenaga dan energi bagi tubuh. Manfaat tersebut dihasilkan dari serat larut yang terdiri atas beta glucans yang terkandung dalam gandum. Oat dapat dinikmati dengan buah, yogurt ataupun susu, yang bisa kamu makan sebagai pengganti nasi untuk santap sahurmu.

Sayuran Hijau
Sauran Hijau sangat baik untuk dimakan ketika berpuasa karena mengandung nutrisi penting bagi tubuh. Vitamin dan serat yang terdapat di dalamnya adalah senjata utama khasiat sayuran hijau. Selain itu, sayuran pun baik sebagai pencegah penyakit flu, karena flu akan sangat mengganggu ibadah puasa menjadi tidak khusyuk. Namun, ada hal yang harus diperhatikan saat memasak sayuran. Jangan memasak sayuran hijau terlalu lama sampai sangat layu, karena jika itu terjadi maka nutrisi yang terkandung di dalam sayuran tersebut akan hilang.

Buah
Sudah menjadi rahasia umum kalau buah-buahan mengandung vitamin yang sangat kaya sehingga dapat membuat tubuh menjadi segar dan bugar. Buah sangat penting untuk dikonsumsi agar stamina dan kesehatan tetap terjaga selama 14 jam berpuasa. Sebelum memakan makanan berat ketika berbuka, buah-buahaan berguna untuk menyesuaikan perut yang kosong agar tidak kaget. Selain itu, buah juga sangat baik untuk sistem pencernaan tubuh. Adapun buah-buahan yang baik dikonsumsi saat berpuasa adalah pisang, jeruk, melon dan semangka.

Kacang-Kacangan
Sebagai pemenuh protein dalam tubuh, kacang-kacangan sangat baik sebagai pilihan untuk dikonsumsi saat berbuka ataupun sahur. Selain buah, kacang-kacangan juga berguna untuk penetralisir tubuh sebelum makan makanan yang cukup berat. Memang tidak dianjurkan untuk langsung memakan makanan berat seperti nasi ketika berbuka. Kacang-kacangan ini dapat dikonsumsi dengan mengolahnya dalam sayuran yang dimasak atau dikukus sebagai makanan pendamping.

Itulah 5 makanan yang sangat dianjurkan untuk kamu konsumsi selama berpuasa. Makanan di atas dapat membantu kesehatan dan staminamu tetap terjaga. Sehingga kamu dapat menjalankan ibadah puasa dengan lancar tanpa gangguan yang berarti. Untuk menemanimu ketika berpuasa, yuk cari inspirasi outfit ramadhanmu hanya di www.gatsuone.com atau download aplikasinya di Playstore dan Appstore. Selamat berpuasa Oneesan!

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook