5 Pilihan Batik untuk Office Look yang Kawaii

14.18.00


Batik memang udah menjadi satu warisan yang kental dengan ke-Indonesia-annya. Kain yang memiliki banyak motif dari seluruh Indonesia ini bahkan disorot pula oleh mata fashion dunia. Nggak tanggung-tanggung, batik sampai diakui sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO.

Sebagai pewaris batik, kita harus lebih bangga dengan keberadaan batik yang asalna dari negeri sendiri. Kita bisa kok memakai batik dalam berbagai acara dan kesempatan. Dalam acara-acara penting dan formal misalnya, atau juga dalam acara santai. Nggak cuma itu aja, beberapa kantor juga sudah banyak yang mewajibkan karyawannya untuk pakai batik di salah satu hari kerja.

Sayangnya kewajiban pakai batik kadang menjadi beban tersendiri bagi si karyawan. Pasalnya model baju yang itu-itu aja dan hanya boleh memakai model formal menjadi sesuatu yang ngebosenin. Padahal nggak gitu kok. Dengan tips berikut ini dijamin kamu nggak akan bosen lagi pakai batik.

Sesuaikan dengan lingkungan

Pertama, hal yang perlu kamu kenali adalah lingkungan tempat kamu bekerja. Kalau lingkungan dan kultur kerja kamu cukup santai dan cenderung semiformal, kamu bisa mengenakan kemeja batik motif geometris berlengan pendek atau blus batik dengan celana panjang. Sementara itu, jika lingkungan dan kultur kerja cukup formal dan profesional, lebih baik gunakan kemeja batik berlengan panjang atau blus yang dipadukan dengan rok panjang batik. Pokoknya, sesuaikan motif dan desain batik dengan lingkungan dan kultur kerja perusahaan agar nggak salah kostum.

Pilih warna batik yang cerah

Biasanya, batik formal yang ditawarkan cenderung berwarna elegan dan terkesan gelap. Seperti coklat dan maroon yang diberi sedikit sentuhan keemasan. Meski membuat penampilan kamu terkesan elegan dan mewah, sayangnya warna ini juga memberi kesan tua saat dipakai ke kantor. Nah supaya kamu bisa terlihat lebih muda dan modis, cobalah untuk memakai batik dengan warna cerah, seperti hijau tosca dan fuschia. Dengan warna batik yang cerah, penampilan kamu pun akan nampak lebih muda dan berseri.

Bosan dengan kemeja? Pakai batik sebagai kardigan

Kalau koleksi batik yang kamu punya hanya bermodel kemeja aja, kini saatnya kamu cari model batik yang lain. Udah banyak kok batik dengan model yang lebih kreatif, seperti model kardigan misalnya. Kamu bisa menggunakan tank top atau kaos dan melengkapinya dengan kardigan batik sebagai outernya. Jangan lupa pilih warna yang cerah ya, supaya penampilan kamu bisa semakin ceria.

Main pakai batik setelah pulang kantor, bisa kok

Kalau untuk urusan yang satu ini, mini skirt dan celana panjang batik akan lebih pas untuk digunakan. Dengan mini skirt atau celana panjang batik, kamu bisa memberi tampilan kawaii sehari-hari bahkan untuk kerja, kuliah dan hang out. Tipsnya, kamu perlu kaos polos dengan warna netral, seperti putih, coklat muda, dan hitam. Biar makin manis, pakai heels atau flat shoes dengan warna senada ya.

Biar nggak ribet, pakai dress batik bisa jadi pilihan terbaik

Kadang ada aja momen saat kamu harus buru-buru dan nggak cukup waktu lagi untuk mencari pelengkap batik yang pas. Daripada terlambat, lebih baik segera ambil dress batik kamu dari lemari. Meski simple, dress batik bisa banget bikin penampilan kamu tetap cantik dan nggak terlihat tua. Biar makin cantik, padukan dress batik kamu dengan heels dengan warna yang soft. And you’re ready for heading this day!


Itulah beberapa pilihan batik yang bisa kamu coba biar nggak bosen dipakai untuk office look. Biar makin kekinian, cek koleksi batik dari GatsuOne yuk. Klik di sini.

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook