GatsuOne Tips : Merawat dan Membersihkan Sepatu Kulit

13.18.00

Bahan kulit seperti sepatu kulit,memang membutuhkan perawatan ekstra agar kondisinya tetap terjaga. Jika tidak, bahan-bahan kulit tersebut akan mudah berjamur, menjadi kering dan akhirnya mengelupas.
Sepatu kulit merupakan  salah satu jenis sepatu yang sangat digemari oleh para kalangan pekerja khususnya kalangan professional. Disamping karena kualitas dari sepatu jenis ini yang terbilang awet, sepatu kulit juga dapat memberikan kepercayaan diri dan kenyamanan bagi para pemakainya.
Nah perlu ada tips khusus untuk merawat sepatu kulit kesayanganmu, yuk simak tipsnya!

Tips pertama,
Hal yang perlu kamu ingat dalam merawat sepatu adalah jangan pernah membiarkan sepatu kulit kamu terkena air/air hujan/genangan air/ataupun kamu ceburkan ke air. Karena air bisa memberikan kerusakan yang perlahan tapi pasti pada sepatumu.

Tips kedua,
Jika sudah terlanjur terkena air, jangan langsung mengambil jalan pintas dengan menjemurnya langsung dibawah terik matahari. Hal tersebut sama aja seperti halnya kamu menyiram minyak ke dalam api. Kamu hanya cukup mengelap sepatu kulit kamu hingga benar-benar kering dengan menggunakan lap yang memiliki tingkat kehalusan dan kelembutan yang cukup baik serta daya serap yang tinggi.

Tips ketiga,
Nah setelah kamu yakin bahwa sepatu kulitmu sudah benar-benar kering, langkah selanjutnya kamu hanya perlu mengangin-anginkan saja hingga betul-betul kering. Ingat! Jangan dijemur diterik matahari yaaa…

Tips keempat,
Bagaimana jika sepatu kulit saya terkena kotoran atau lumpur?
Jangan menundanya terlalu lama untuk membersihkan sepatu kulit kamu tersebut. Segeralah untuk mengambil lap dan kemudian bersihkan sepatu kamu dengan lembut hingga benar-benar bersih. Ingat, lumpur yang mongering akan meninggalkan noda yang akan membuat sepatu kamu terlihat kusam dan susah untuk kembali ke kondisi semula.

Tips kelima,
Kamu bisa menggunakan sikat yang memiliki bulu yang lembut untuk menghilangkan kotoran/lumpur tersebut. Sikatlah sepatu kulit kamu dengan perasaan yang halus dan lembut dan kemudian lap kembali.

Tips keenam,
Untuk menghilangkan noda yang membandel yang menempel pada sepatu kulit kamu, kamu bisa menggunakan minyak goreng/ cairan pembersih khusus yang bisa kamu dapatkan ditoko. Dibagian ini sebaiknya menggunakan kapas. Dan jangan lupa lap kembali.

Tips ketujuh,
Untuk perawatan sehari-harinya, kamu bisa menggunakan semir sepatu yang memiliki kualitas yang baik. Yang perlu kamu ingat, pilihlah warna semir sepatu yang sesuai dengan warna sepatu kulit kamu.

Tips kedelapan,
Kamu juga bisa menggunakan lotion pelembab untuk menjaga kelembutan dari kulit sepatu kamu. Caranya oleskan lotion tersebut secukupnya dan kemudian biarkan selama 1 jam, lalu bersihkan lotion tersebut dengan menggunakan lap yang halus.

Tips kesembilan,
Jangan pernah menyemprotkan pewangi ke sepatu kulit kamu. Dan setelah kamu pakai, sebaiknya kamu mengelap bagian dalam dari sepatu kulit kamu. Sebab siapa tahu keringat-keringat dari kaki kamu masih banyak yang tertinggal disana, dan jika hal tersebut  kamu biarkan terjadi secara terus menerus, kamu bisa membayangkan bagaimana aroma yang keluar nantinya?

Tips kesepuluh,
Dalam penyimpanan, kamu diharuskan menyimpannya ditempat yang kering. Hal ini untuk mencegah kemungkinan tumbuhnya jamur atau parasit lainnya yang sangat senang sebuah “media” yang basah. Dan kamu juga bisa menggunakan silica gel untuk ditempatkan didalam kotak penyimpanan sepatu kamu.

Demikian tips untuk membersihkan dan merawat sepatu kulit kamu. Semoga bermanfaat!


You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook