Gak semua perempuan itu manja kok, Justru banyak Perempuan hebat yang membuat bangga.

09.14.00


Jika kamu menghabiskan masa kecil di Indonesia, tanggal 21 april menjadi moment yang special ditiap tahunnya. Kamu tentunya pergi kesekolah dengan dandanan cantik lengkap dengan kebaya atau baju adat lainnya.
Tapi diusia kita saat ini, moment Kartini menjadi kurang menarik, bisanya uforia yang kita rasakan hanya melalui media sosial. Kita semua tahu bahwa R.A Kartini merupakan sosok yang banyak memberi inspirasi , terutama bagi kaum Perempuan.
Mendapatkan pendidikan yang tinggi adalah sebuah impian banyak orang nggak terkecuali seorang wanita, pendidikan adalah hak dari semua orang dan semua berhak mendapatkan pendidikan yang layak. Betul begitu? Bukan zamannya lagi wanita terikat oleh tradisi jadul, yaitu seorang wanita dengan pendidikan biasa dan harus tinggal di rumah, berdiam diri dan mengurus anak. Pada dasarnya wanita berpendidikan tinggi bukan untuk menyaingi lelaki tapi untuk membangun generasi yang lebih baik.
Banyak masyarakat yang beranggapan bahwa wanita nggak perlu sekolah tinggi karena ujung-ujungnya jadi ibu rumah tangga ngapain juga harus sekolah tinggi-tinggi. Memang nggak ada salahnya sih, tapi jika berbekal ilmu kita bisa menciptakan generasi yang cerdas. Tahu kan anak-anak kecil sekarang yang lebih pintar dan punya rasa ingin tahu yang tinggi? Orangtua nyatanya menjadi sekolah pertama bagi anak-anakmu kelak.
Nah, biasanya wanita itu identik dengan sapaan “si manja” padahal nggak semua wanita demikian lho. Ada beberapa wanita yang strong dan bisa membuat kita kagum. Dan wanita-wanita ini juga bisa memberikan kita inspirasi, layaknya RA Kartini. Siapa sajakah? Yuk cek daftarnya, Oneesan!



Dian Sastrowardoyo
“Cintaaaa….”
Siapa yang gak kenal dengan artis cantik satu ini? Primadona selebriti Indonesia sepanjang zaman. Kadang suka bepikir kayaknya Dian Satro nggak ada cacatnya, sempurna banget..ya walaupun manusia nggak ada yang sempurna. Wajahnya cantik natural, pintar, berbakat, karier cemerlang dan juga sukses menjadi Ibu rumah tangga. Awal kemunculannya sebagai sosok cinta di AADC tentu banyak membuat kaum adam tertarik. Tapi Dian Sastro nggak hanya fokus memikirkan karier, terbukti dia berhasil lulus sarjana dari Jurusan Filsafat Fakultas Ilmu dan Budaya Universitas Indonesia pada tahun 2007. Selang beberapa tahun, dia juga melanjutkan sekolah masternya di Jurusan Manajemen Keuangan, Fakultas Ekonomi, UI. dan mendapat predikat cumlaude.
Waaaaaw…
Gak hanya itu, Dian Sastro juga sangat keibuan. Ia banyak mempost foto-foto kebersamaannya bersama keluarga. Dian juga mendirikan yayasan yang dibangun bersama ibunya, Yayasan yang didirikannya bergerak di bidang pendidikan, perempuan, dan kesejahteraan bagi masyarakat nggak mampu.
“Entah akan berkarir atau menjadi ibu rumah tangga, seorang wanita wajib berpendidikan tinggi karena ia akan menjadi IBU. IBU-IBU CERDAS akan menghasilkan ANAK-ANAK CERDAS” – Dian Sastrowardoyo


Merry Riana
Wanita energik yang nggak kalah memberikan inspirasi. Merry Riana merupakan seorang motivator, penulis dan entrepreneur. Gimana nggak keren? Novelnya yang luar biasa adalah “Mimpi sejuta dollar” yang pernah difilmkan juga. Ada yang pernah nonton?
Kariernya melambung dengan baik, semua itu berkat semangat juangnya yang tinggi. Jatuh bangun dalam dunia bisnis membuat dirinya semakin kuat menghadapi kehidupan. Menjadi pengusaha di usia yang masih muda adalah contoh terbesar yang menginspiratif para wanita lainnya. Dia mengajarkan agar menjadi wanita yang kreatif dan inovatif. Baginya mimpi itu harus diperjuangkan dan jangan pernah meninggalkan Tuhan.
“I will fight until the end and never give up” – Merry Riana


Dewi Dee Lestari
Perempuan kelahiran Bandung ini adalah seorang penulis dan penyanyi asal Indonesia.Lagunya yang ngehits adalah ‘Malaikat juga tahu’. Selain bersuara emas, Dee juga berbakat dalam bidang menulis, salah satu novel karyanya adalah Perahu kertas, filosofi kopi dan Supernova. Kini namanya lebih populer dijajaran penulis-penulis terkenal dibandingkan kariernya sebagai penyanyi.
“Berputar menjadi sesuatu yang bukan kita, demi bisa menjadi diri kita lagi.”  - Dee Lestari


Najwa Shihab
Sosok satu ini sering kita lihat dilayar kaca kan tentunya? Fakta-fakta yang terkuak dalam acara Mata Najwa seringkali membuat mata terbelalak. Presenter berita cantik dan menarik. Najwa merupakan putri kedua dari Menteri Agama era kabinet Pembangunan VII yaitu Quraisy Shihab. Najwa sama sekali nggak menggunakan atau memanfaatkan kekuasaan yang dimiliki orangtuanya untuk kepentingan kariernya sendiri. Najwa sangat pintar dan berbakat dibidang presenter, liputannya selalu menarik  pemirsa dan selalu melontarkan pertanyaan-pertanyaan yang lugas dan menggelitik membuat yang diwawancari terkadang bergidik. Namanya semakin bersinar dengan gaya wawancaranya yang cerdas. Di tahun 2011, Nana mewakili MetroTV meraih penghargaan Young Global Leader (YGL) 2011 dari World Economic Forum (WEF) yang berkedudukan di Geneva, Swiss.
Satu hal yang bisa kita pelajari, meskipun terlahir dari keluarga terpandang tapi kita jangan berpangku tangan. Berasal dari keluarga terpandang gak sepantasnya membuat seseorang menjadi leha-leha  dalam kehidupan. Najwa berjuang dari nol untuk mencapai kesuksesannya. Gak hanya cantik, tapi juga membanggakan.


Alexandra Asmasoebrata
Ada yang gak asing dengan sosok satu ini? Alexandra Asmasoebrata yang biasa dipanggil Andra adalah pembalap pertama perempuan dari Indonesia. Waaah..
Dia berhasil menunjukan pada dunia bahwa pekerjaan yang biasa dikendalikan laki-laki bisa juga ditaklukan oleh wanita. Pergulatannya di aspal berawal di ajang balap gokart sebagai kadet 60 cc, pada usia 12 tahun. Beberapa prestasi yang pernah ia raih diantaranya adalah 2002 1st champion National Kart Championship, 2005 1st champion National Kart Championship, 2005 13th World Championship Junior rotax max dan 2005 1st China Formula Campus Asian Division.       


Medina Kamil
Wanita itu lembut, manja tapi gak berarti rapuh dan gak suka tantangan. Medina kamil membuktikannya! Medina Kamil adalah salah satu presenter Jejak Petualang yang disukai banyak kalangan. Meski wajahnya tanpa makeup tebal, dia mampu menghipnotis penonton untuk tetap mengikuti petualangannya ke berbagai tempat. Seenggaknya, dia pernah terombang-ambing di atas Laut Arafuru selama seharian. Hingga akhirnya dia terdampar di sebuah pulau yang gak dikenal orang dan hidup selama 4 hari tanpa bantuan. Alih-alih menyerah saat menghadapi musibah, dia justru berjuang hidup dalam segala keterbatasan. Strong bangeeeet!
Medina kamil mengajarkan kita, seberat dan semengerikan apapun masalah yang kita punya. Kenapa harus sesusah itu untuk mengumpulkan keberanian untuk meraih sukses?             


Susi Pudjiastuti
Wanita nyentrik yang seringkali menjadi sorotan media karena kepribadiannya yang tegas. Ibu susi merupakan Menteri Kelautan dan Perikanan dari Kabinet Kerja 2014-2019. Prestasinya dalam bidang bisnis sangatlah gemilang. Nah, kisahnya Ibu Susi sempat beberapa kali gagal dalam urusan percintaan. Tapi itu semua nggak membuatnya galau. Sebagai wanita, sekuat apapun Susi Pudjiastuti, pastilah beliau merasakan patah hati dari kegagalannya dalam asmara. Tapi beliau justru terus berkarya dan asyik mengatur kelautan Indonesia.



Sri Mulyani
Wanita yang sudah berumur 52 tahun ini bisa dibilang primadona untuk soal masalah ekonomi. Ia dinobatkan sebagai Menteri Keuangan terbaik Asia untuk tahun 2006 oleh Emerging Markets pada 18 September 2006 di sela Sidang Tahunan Bank Dunia dan IMF di Singapura. Selain itu Ia adalah satu-satu orang Indonesia sekaligus wanita pertama yang pernah mendapatkan jabatan tinggi di World Bank. Bukan berarti mudah untuk mencapai ke sana, Ibu Sri Mulyani perlu merangkak perlahan hingga prestasinya menjadi cemerlang. Salah satunya sempat tersandung kasus hingga Ia harus undur diri. Merasa terombang-ambing karena suasana politik yang nggak sehat di dalam negeri, membuatnya memilih pergi ke luar negeri dan mengabdikan diri melayani dunia dari ilmu yang dia miliki.



Jalan hidup tiap orang memang gak pernah sama, tapi gak ada salahnya mengambil inspirasi dari orang lain untuk mendapatkan kesuksesan yang sama. Perempuan hebat adalah perempuan yang paham jati dirinya, sadar akan kodratnya. Selain harus berjuang untuk kemajuan bangsa, ia juga sadar bahwa perempuan harus menjadi ibu yang baik bagi keluarga karena peran ibu sangat besar untuk menunjang kesuksesan suami atau anak-anaknya.Masa depan bangsa banyak ditentukan oleh peran perempuan. Maka perempuan harus pandai, harus kuat, dan harus berbudi. Jangan lupa juga bahwa Kartini nggak “hanya” memperjuangkan kesetaraan, namun juga kemajuan negeri.
Dibalik pria yang sukses akan selalu ada wanita yang hebat.

Selamat Hari Kartini, Oneesan!

Semoga menginspirasi!

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook