Kimchi Korea dan Kimchi Jepang, Sama Nggak Sih?

12.09.00

Ketika kamu membuka Google hari ini, akan muncul halaman utama yang menampilkan doodle Kimchi. Apa itu Kimchi?? Kimchi adalah makanan tradisional khas Korea yang terdiri atas sayuran yang difermentasi dan diberi bumbu pedas. Buat para pencinta makanan Korea pasti udah nggak asing lagi dengan makanan yang satu ini.

Terbuat dari sayur yang difermentasi, kimchi menjadi hidangan yang disajikan sebagai menu pendamping. Namun, nggak hanya di Korea aja, kimchi juga ada versi Jepangnya lho! Bahkan ada yang mengatakan Kimchi sebenarnya berasal dari Jepang. Seperti kata Chef Sahasi Hideki, Excetuvie Chef Kintan Buffet, mengatakan bahwa aslinya kimchi adalah berasal dari Jepang. 

Sebagai makanan yang disajikan sebagai ritual persembahan untuk nenek moyang, kimchi merupakan salah satu bukti bahwa pertukaran budaya antara Jepang dan Korea terjadi sangat kental. Hanya saja saat ini memang Kimchi Korea lah yang populer dikenal masyarakat.

Kimchi yang paling banyak dikenal masyarakat adalah kimchi yang terbuat dari sawi putih, lobak, lalu dicampurkan dengan bawang putih, cabe merah, daun bawang, cumi-cumi, atau makanan laut lainnya. Bumbunya adalah jahe, garam, dan gula. Rasanya yang segar dan menyehatkan ini pas banget untuk menjadi makanan pendamping saat kamu sedang makan makanan Korea.

Selain rasanya segar, kimchi ternyata juga dikenal sebagai makanan diet dan dapat mencegah pertumbuhan sel-sel kanker! Menurut majalah Health Magazine, kimchi disebut sebagai salah satu dari lima makanan tersehat di dunia. Bahkan bakteri hidup yang ada di dalam kimchi jauh lebih banyak ketimbang yogurt.

Lalu, bagaimana dengan kimchi Jepang?
Kimchi Jepang biasa dikenal dengan nama kimuchi. Yang membedakan kimchi Jepang dan kimchi Korea adalah bahan-bahan yang digunakan. Menurut Ha Sun-Jung, seorang ahli masakan mengungkapkan bahan-bahan yang digunakan di dalam kimchi Korea dan Kimuchi Jepang berbeda. Di situlah yang bisa membedakan rasa di antara keduanya. Meskipun bahan-bahan yang digunakan seperti kubis Cina, lobak, cabai, dan saus ikan asin sama, tetap akan menghasilkan rasa yang berbeda.

Sayuran Korea tidak memiliki kandungan air yang terlalu banyak, berbeda dengan sayuran Jepang. Cabainya pun tidak sepedas cabai Jepang. Namun di antara semua perbedaan itu, hal yang paling membedakan keduanya adalah saus ikan asin yang digunakan. Dalam pembuatan kimchi Korea, proses fermentasi terjadi dengan menambahkan protein, kalsium, vitamin, dan asam amino. Namun dalam Kimuchi (Kimchi Jepang) tidak terjadi proses fermentasi yang demikian. Jadi, jelas bahwa kimchi dan kimuchi memiliki rasa dan kualitas yang berbeda meski secara tampilan hampir sama.


Itulah perbedaan antara kimchi Korea dan kimchi Jepang (kimuchi). Sebenarnya nggak ada perbedaan yang terlalu jauh di antara keduanya, yang membedakan adalah asal bahannya sehingga menghasilkan proses fermentasi yang berbeda. Jadi, kimchi Korea atau kimchi Jepang nih yang menjadi kesukaanmu, Oneesan? Selamat hari Kimchi! :)

You Might Also Like

1 komentar

  1. CV Bahagia Sukses Makmur adalah Perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa dan sewa Tenda Roder / Hanggar. Kami memproduksi tenda dengan ukuran standard ataupun custom untuk kebutuhan gudang, marketing, event, wedding (pernikahan), party, DLL.

    Tim dengan skill yang profesional sehingga hasil kerja efektif dan efesien.

    Tenda jenis ini sering digunakan untuk kegiatan dengan skala yang besar, karena mampu mangakomodasi kebutuhan dan kenyamanan didalamnya. Tenda ini juga memiliki ketahan dan kekuatan yang sama dengan bangunan permanen.

    Tenda Roder Putih dan Tenda Transparan

    Tenda Roder Putih
    Salah satu yang cukup sering digunakan adalah tenda roder dengan penutup PVC putih, Jenis tenda ini menjadi pilihan bagi anda yang ingin mengadakan acara yang bersifat komersil atau lebih provasi.
    Selain untuk event sendiri tenda ini juga sering digunakan sebagai tenda rumah sakit, tenda covid, tenda posko kemanan ataupun darurat.

    Tenda Transparan
    Tenda transparan ini dapat memberikan penerangan yang lebih maksimal dari pada tenda roder putih karena cahaya dapat masuk lebih banyak banyak ke dalam tenda ini. Tenda jenis ini memiliki kesan yang lebih arkistik dan elegan, sangat cocok untuk anda yang memimginkan tampilan cantik pada saat acara dilangsungkan.
    Pada umumnya tenda ini sering digunakan untuk acara event, wedding (pernikahan), party, bazar, pameran, DLL.

    Spesifikasi Dan Keunggulan Tenda Roder

    Beberapa keunggulan nya yaitu :
    - Fleksibel
    Fleksibel dalam desain dan mudah modifikasi struktur sesuai dengan kebutuhan anda.
    - Low Maintance
    Biaya perawatan yang kecil karena menggunakan rangka alumunium yang tahan terhadap karat.
    - Tidak Memerlukan IMB (ijin mendirikan bangunan)

    Spesifikasi Tenda Roder
    1. Menggunakan PVC 850 blackout untuk dinding dan atap nya
    Blackouk sendiri tahan terhadap sinar UV matahari, Sehingga saat berada didalam tenda anda akan merasa nyaman.
    2. Memiliki Ukuran yang besar
    Kami memiliki beberapa ukuran bentangan yaotu 10 m, 15m dan 20 m dengan panjang kebelakang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda.
    3. Cocok digunakan untuk segala jenis acara

    Tenda kerucut / sarnafil
    Tenda sarnafil adalah jenis tenda promosi, event ataupun bazar, dengan bentuk atap kerucut sisi dinding PVC 410 gr Blackout yang dapat ditutup dan dibuka.
    Tenda jenis ini dapat digunakan
    - Berbagai kegiatan promosi / event.
    - Bazar, Seminar dan Pameran.

    Desain tenda sarnafil dapat disesuaikan dengan keinginan anda dan tersedia berbagai ukuran yaitu 3m x 3m, 4m x 4m, 5m x 5m dengan tinggi tiang kaki 2m s/d 2,5 m.

    Perusahaan kami telah berpengalaman dalam Membuat berbagai macam tenda. Silahkan hubungi 0811 1252 0824 RAHMA
    Office: Ruko Cendana Raya No. 15A, Bencongan Indah, Karawaci Tangerang.
    SENIN - SABTU / 08.00 - 17.00

    Anda juga dapat menghubungi kami di :
    https://tendagudangjakarta.blogspot.com/
    https://tendagudangbogor.blogspot.com/
    Twitter : @TangerangRoder
    Instagram : @tendapameranjakarta
    Instagram : @tendagudangjakarta
    SHOPEE : @https:tendarodertangerang
    TOKOPEDIA :@partisipameran23

    BalasHapus

Like us on Facebook