Yuk Intip Perubahan Trend Fashion Era 1950 Hinggga Sekarang

15.25.00

Setelah sebelumnya GatsuOne  sudah membahas tentang sejarah fashion mulai dari pengaruh perang dunia, dll. Sekarang GatsuOne mau membahas tentang fashion dari masa ke masa. Pasti kamu ada yang pernah mengalami tren fashion jadul alias (jaman doeloe). Fashion memang selalu berkembang setiap jaman bahkan dunia fashion tidak mudah untuk diprediksi. Tiap generasi, tiap dekade, tiap tahun hingga tiap musim style fashion pasti berubah-ubah.
Padahal tren fashion sendiri hanya berputar saja. Jika dilihat dari model dasarnya, desain pakaian sebenarnya tidak banyak mengalami perubahan dari waktu ke waktu, hanya masalah modifikasi aja yang membedakan. Terbukti banyak tren fashion jadul yang kembali bangkit dimasa kini.

Nah, mungkin Oneesan & Oniisan ada yang belum tahu bagaimana fashion jaman dulu, GatsuOne punya liputannya. yuk simak!





Gaya fashion tahun 50an
Tahun 50an, Fashion Pria dihiasi dengan berkembangnya pakaian yang lebih urban namun tetap modis. Fashion saat itu dipengaruhi oleh lagu-lagu Elvis Presley yang bernuansa Rock n Roll. Fashion celana panjang ketat tapi cutbray dibagian bawah, kaos oblong plus jaket kulit, biasanya kerah bajunya dinaikkan ke atas menutup leher. Untuk aksesoris, kacamata besar berwarna hitam selalu jadi andalan. Pada era ini Rambut jambul dan Kerah lebar memang sedang –in sekali. Nah kalau untuk fashion Wanita, biasanya poodle skirt atau celana rok lebar menjadi khas,dipadukan dengan kemeja yang dimasukkan. Mode pada tahun 50an adalah dekade pakaian yang glamour dan feminim. Gaun kamisol juga jadi fashion kebanyakan perempuan pada masa itu, gaun yang dipotong lurus dan cukup ketat tanpa atau dengan ikat pinggang. Mode tahun 50an yang lain juga gaun tanpa lengan, bahkan ada yang menggunakan kain bludru, Organdies dan chiffon dalam warna putih dan pucat serta warna-warna sorbet manis sering dikenakan baik dalam siang atau malam hari. Mantel pun menjadi style yang terpopuler bersama topi dengan ukuran yang cukup kecil.




Gaya fashion tahun 60an
Mode fashion tahun 60an tidak seperti dekade lain. Berkat fashion tahun ini wanita bisa bebas mengenakan rok diatas lutut, sepatu boots serta stocking macan tutul. Fashion item yang ditemukan tahun 60an antara lain rok atau terusan dengan motif-motif polkadot dan geometris, rok dari bahan katun, celana ketat, legging, stocking, terusan dengan bahan wool. Style 60an masih banyak ditemukan dijaman sekarang, seperti legging yang masih jadi andalan ibu-ibu masa kini.
Tahun 60an untuk Pria  merupakan gaya berpakaian paling modis sepanjang jaman. Disebut dengan era  The Beatles, karena fashion ini sangat terpengaruh dengan band legenda tersebut. Rambut nyentrik ala jamur mereka inilah salah satu ciri khas The Beatles. Selain itu kalung manik-manik, celana yang ujungnya mengecil ngatung diatas mata kaki (terkadang model cutbray) juga tidak kalah populer. Kaftan juga dipopulerkan John Lennon pada era ini, Kaftan merupakan jubah longgar sebatas betis.



Gaya fashion tahun 70an
Tahun 70-an sangat identik dengan gaya hippies dan retro. Di era ini fashion bisa diekspresikan sebebas-besanya misalnya mengenakan pakaian yang berwarna cerah dan bercorak serta baju dan celana gombrong alias lebar (celana bell bottom). 70an memang banyak style fashion yang lebay, rombongan glam rock dan punk rock juga bermunculan pada era ini, Rambut mowhak berwarna-warni mulai dari pink,kuning, sampai hijau dangdut terang menghiasi kepala para punkers. (sekarang juga masih banyak yang style seperti ini, mungkin terpengaruh dari budaya korea, banyak Pria yang mencoba bereksperimen dengan rambut warna-warni ala-ala boyband korea)



Gaya fashion tahun 80an
Jaman ini fashion dan style rock lebih berkiblat kepada band-band hair metal seperti Motley Crue, Poison, Bon Jovi, dll. Style ala mereka yaitu skinny jeans atau celana panjang bahan kulit yang ketat yang di mix and match dengan kemeja panjang, ada juga jaket kulit,jaket jeans tangan buntung serta ikat pinggang penuh paku. Ikat kepala dan Kacamata Ray-Ban juga menjadi hits.
Untuk fashion Wanita era ini,  yang menjadi tren adalah shoulder pads (pakaian dengan bantalan bahu), Rok Mini (jaman ini makin pendek makin keren katanya), leg warmers (semacam kaos kaki tapi cuma untuk menghangatkan betis aja sih) , anting besar sebesar hiasan pohon natal, Fingerless Gloves (sarung tangan ala Madonna), Celana parasut, celana senam, dan baju kebesaran.



Gaya fashion tahun 90an
Fashion era ini biasa dikenal dengan sebutan Grunge fashion, berbeda dengan era 70 dan 80an ditahun 90an ini fashion terkesan lebih urakan, paduan kaos, kemeja kotak (flanel) dan tentu saja jeans belel. Ada juga style ala anak metal seangkatan Metalicca, Megadeth, Sepultura dan lain-lain yang suka pakai baju hitam-hitam.
Oneesan masih ingat dengan celana berlambang kepala alien yang sempat jadi kostum wajib tahun 90an? Makin keren jika dipadukan dengan kaos gombrong ala hip hop atau dengan kemeja yang diikat dipinggang.



 Gaya fashion tahun 2000an
Pada tahun 2000an gaya berpakaian masih terpengaruh gaya akhir 1990an, gaya hip hop dengan celana gombrong, jaket denim, bandana, trucker hat, semua itu muncul ditahun 2000an awal.
Pertengahan tahun 2000an juga diwarnai dengan gaya busana emo yang serba gothic, hitam, eye shadow hitam dengan ciri khas rambut kesamping hingga hampir menutupi mata, ada juga tampilan cute berponi-poni gemes gitu.


Skinny jeans pada 2005-2006 mulai terkenal dan banyak dipakai orang. Tahu kan yang ala-ala The Changcuters gitu? Model jeans ketat sampai membentuk kaki. Sebenarnya celana ini sudah pernah jadi trend di era 80an yang sering dipakai band-band rock. 


Ada lagi yang jadi tren dipertengahan 2008 sampai sekarang “high waist”, banyak Wanita yang suka memadukan high waist dengan kemeja putih longgar.
”Cardigan” bermotif argyle dan jaket biasa dipakai MuDA-ers Pria dan Wanita ngetre ditahun 2007-2008.  


Biker’s jacket juga menjadi tren pada awal 2009. Jaket yang dipakai oleh pengendara moge ini sudah ngetren di era 1960-1970. Pada 1990-an yang ngetren adalah jaket kulit. Bedanya sama jaket kulit biasa, biker’s jacket punya banyak kantong.
 Tahun 2010 semua berbau kulit jadi –in sekali. Mulai dari celana kulit, jaket kulit, rok kulit,dll. Pakaian rajut dan stocking robek juga tidak kalah populer.
Tahun 2011 fashion retro muncul kembali,disandingkan dengan gaya chic dan casual ala anak muda.
2012 s/d sekarang sih masih sama, fashion jadul bangkit dengan model yang lebih modis dan variasi. Fashion jaman sekarang lebih terlihat modis dan tidak aneh-aneh. Untung lah..sekarang banyak orang yang mengerti fashion dan banyak muncul juga desainer-desainer keren. Kalau untuk fashion di Indonesia kebanyakan terpengaruh dari budaya-budaya luar, dari musik atau selebriti, bahkan tokoh kartun. Misalnya kita pergi ke suatu pusat perbelanjaan banyak pedagang yang berteriak “ ayoo..baju muslim syahrini,, kaka...baju marshanya, atau muslim frozennya, dll...

Kalau ada yang pernah mengalami masa-masa fashion diatas pasti cengengesan sendiri kalau ingat gimana jadulnya kita dulu. Mungkin masih ada yang menyimpan pakaian-pakaian jadul, bisa dimix and match agar lebih modis, kalau kita percaya diri, pakai baju jaman apapun akan tetap keren.

“Fashion will look more beautiful and luxurious when you can be yourself”

Dan jangan lupa untuk mengikuti mode kamu bisa upgrade gaya kamu di www.gatsuone.com , kunjungi sekarang dan temukan koleksinya!

You Might Also Like

1 komentar

Like us on Facebook